Tips Memilih Mainan Anak yang Tepat

4 Januari 2017 © Protected by COPYSCAPE

Halo sobat MUHRID. Bagi kalian para orang tua yang mempunyai anak usia balita tentu sering gemas dengan tingkah lucu para balitanya. Rasanya pasti ingin memberikan mainan-mainan lucu agar buah hati semakin aktif dan pintar. Namun ternyata membelikan mainan juga tidak boleh sembarangan lho. Kita wajib lebih teliti memilih mainan anak, karena tidak semua jenis mainan dapat memberikan manfaat untuk anak.

Tips Memilih Mainan Anak yang Tepat

Tips Memilih Mainan Anak yang Tepat. Foto: pixabay.com – DariuszSankowski

Masih bingung tentang cara memilih mainan anak?

Kalau begitu, yuk simak dulu informasi tentang cara memilih mainan anak berikut ini. Nanti kita pasti jadi lebih terampil memilihkan mainan lucu yang edukatif untuk si kecil:

Jangan Terus Menerus Mengandalkan Gadget

Pengenalan gadget sedini mungkin kepada anak memang baik. Supaya anak-anak terbiasa mengenal teknologi sejak kecil. Namun bukan berarti hal ini boleh membuat anak-anak jadi kecanduan bermain gadget. Kita wajib menyeimbangkan penggunaan gadget dan jenis permainan edukatif lainnya. Agar anak memiliki banyak pilihan mainan yang menarik dan merangsang tumbuh kembangnya semaksimal mungkin.

Memilih Mainan Sesuai Usia Anak

Sekarang mainan berkualitas untuk anak biasanya dibanderol dengan banyak informasi penting. Salah satunya adalah informasi tentang usia anak yang tepat untuk memainkan mainan tersebut. Jika anak memainkan mainan sesuai dengan usianya, maka kreativitas dan pola pikir anak akan berkembang secara maksimal. Sebagai orang tua, kita pun tidak perlu khawatir dengan kemampuan anak dalam memainkan mainannya.

Material Mainan yang Aman dan Berkualitas

Ada banyak alasan yang membuat kita harus memilihkan mainan berkualitas untuk anak. Karena mainan berkualitas pasti terdiri dari material yang aman. Penggunaan material yang kuat dan bebas pewarna buatan berbahaya sangat penting untuk mendukung aktivitas bermain balita. Karena balita gemar memasukkan sesuatu ke mulutnya, jangan sampai mainan yang kurang berkualitas malah tertelan atau mengganggu kesehatan anak.

Menghindari Mainan yang Bentuknya Berbahaya

Mainan yang teksturnya sangat keras atau tajam di bagian ujungnya adalah jenis mainan yang patut dihindari. Jangan sampai anak-anak terluka atau tidak sengaja melukai orang lain akibat bentuk mainan yang tajam atau terlalu keras. Biarkan anak-anak memainkan mainan yang membuat mereka nyaman dan tidak melukai diri sendiri maupun orang lain.

Mainan Edukatif Agar Anak Berbagi

Tak hanya mainan yang bisa dimainkan sendiri, ada pula jenis mainan yang bisa dimainkan oleh dua orang atau lebih. Kita bisa memilihkan jenis mainan ini untuk si kecil. Agar si kecil bisa memainkannya dengan kakak, adik, atau teman sebayanya. Dengan demikian, kemampuan anak untuk bersosialisasi pun akan semakin baik bila anak-anak sering berinteraksi dengan orang lain.

Warna-Warni yang Menarik Perhatian Anak

Pada umumnya mainan anak memang terdiri dari warna-warna cerah yang kelihatan lucu dan menarik. Di samping kelihatan menarik bagi anak-anak, memilih mainan yang berwarna-warni juga sangat baik bagi perkembangan otak anak. Jadi, anak-anak akan lebih cepat mengenal perbedaan warna kalau kita menyiapkan mainan yang merangsang rasa ingin tahunya. Kalau sudah mahir mengenal warna, anak-anak pun bisa diperkenalkan dengan jenis mainan lainnya yang lebih kompleks lagi.

Kini sejak ada promo Lazada yang bekerja sama dengan Hadiah.me, memilih mainan untuk anak jadi semakin mudah dan menyenangkan. Info promo Lazada di Hadiah.me sangat menarik karena terdiri dari diskon berbagai jenis produk. Belanja online hemat dan praktis di Lazada membuat kita bisa memenuhi kebutuhan anak dengan mudah. Yuk segera mengakses Hadiah.me dan dapatkan informasi diskon istimewa di Lazada. Selamat berbelanja!

2 komentar pada artikel "Tips Memilih Mainan Anak yang Tepat"

  1. WWW.WINMAHDI.COM berkata:

    Sangat cocok diterapkan pada adik saya 🙂

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Pas sekali, hehe, semoga tipsnya bermanfaat mas 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.