7 Kiat Lolos Seleksi CPNS di Tingkat Kabupaten/Kota

24 Juli 2021 © Protected by COPYSCAPE

PNS merupakan salah satu pekerjaan yang banyak didambakan lulusan-lulusan baru demi masa depan yang lebih cerah. Potensi bekerja di lembaga negara dengan jaminan gaji pokok, tunjangan, dan dana pensiun menjadi pertimbangan tersendiri. Anda yang baru lulus atau sudah bekerja di sektor swasta, mungkin punya minat pada seleksi CPNS 2021 ini. Pastikan cek formasi CPNS 2021 sebelum mendaftar tes CPNS di setiap kabupaten atau kota domisili masing-masing.

Kiat lolos seleksi CPNS 2021

7 Kiat Lolos Seleksi CPNS di Tingkat Kabupaten Kota

Ilustrasi persiapan tes CPNS [Gambar oleh Startup Stock Photos dari Pexels]

CPNS Kemenkumham menerima calon pegawai dengan syarat pendidikan yang bervariasi mulai SMA/sederajat. Anda yang ingin menjadi PNS di kementerian ini, pastikan mengetahui segala persyaratan yang ditetapkan jauh-jauh hari. Berikut 7 kiat lolos seleksi CPNS 2021 yang bisa Anda coba sebelum mengikuti tes.

1. Mencari informasi lebih lengkap

Selain mengetahui jadwal pendaftaran rekrutmen CPNS Kemenkumham, pastikan Anda mengetahui jadwal pendaftaran dari jauh hari. Mengikuti akun yang memberikan informasi terkait pendaftaran CPNS di media sosial atau portal berita lain sangat direkomendasikan.

2. Banyak berlatih soal

Tes CPNS 2021 masih berkaitan dengan materi tes SKD dan SKB sehingga Anda harus lebih banyak berlatih dari buku latihan, tryout, atau mengikuti kelas tes CPNS. Sering berlatih soal-soal akan membantu Anda lolos seleksi penerimaan di lembaga terkait.

3. Belajar dari pengalaman

Anda bisa juga bertanya pada senior yang berhasil mengikuti tes CPNS tahun-tahun sebelumnya. Selalu belajar dari pengalaman orang lain merupakan kunci agar Anda bisa mengerjakan tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, tes kepribadian, dan tes lainnya. Cobalah dengarkan apa yang dikatakan oleh orang lain yang telah membuktikan keberhasilan mengikuti tes CPNS sebelumnya.

4. Memilih instansi yang sesuai dengan potensi dalam diri

Meskipun Anda bisa memilih instansi yang membuka lowongan CPNS yang memiliki kans tinggi dengan alasan sepi peminat, tetapi Anda tetap harus menyesuaikan dengan bakat dan minat masing-masing. Jangan sampai Anda diterima menjadi CPNS di instansi terkait, tapi tidak bekerja sepenuhnya alias kurang punya passion di bidang tersebut. Gali potensi dalam diri agar Anda bisa memilih lembaga penerimaan CPNS yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Manajemen waktu

Anda yang sudah bekerja dan ingin lolos tes CPNS 2021 harus memiliki manajemen waktu yang baik. Hal serupa berlaku untuk Anda yang masih duduk di bangku SMA atau kuliah sebelum persiapan daftar CPNS. Pastikan diri Anda bisa mengoptimalkan waktu untuk belajar atau bekerja dan berlatih soal-soal CPNS.

6. Persiapan maksimal

Jelang hari H, Anda harus menekan stress dengan menerapkan pola hidup yang sehat mulai rajin olahraga, minum vitamin atau suplemen, istirahat cukup, dan konsumsi makanan bernutrisi. Jangan sampai diri sakit sebelum mengerjakan soal-soal CPNS pada hari yang ditentukan.

Jika tes berlangsung di kota lain, sebaiknya Anda melakukan persiapan H-1 guna menekan risiko terlambat datang ke tempat tes dan sebagainya. Persiapan fisik dan mental merupakan kunci sukses agar Anda bisa lolos seleksi pegawa negeri sipil.

7. Fokus dan doa

Kerjakan soal-soal dengan pikiran yang fokus, lewati soal yang dianggap sulit dan percaya diri. Anda harus percaya dengan kemampuan diri sendiri yang sudah berlatih keras selama ini. Bila sudah selesai tes, ucapkan syukur dan senantiasa berdoa menunggu pengumuman penerimaan PNS pada hari yang sudah ditetapkan.

Dari beberapa kiat lolos tes CPNS 2021 di atas, pastikan Anda melakukan persiapan mulai sekarang. Cek formasi CPNS 2021 agar bisa menentukan lowongan yang tepat sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan instansi tersebut. Lolos CPNS dengan mudah bukan hal yang mustahil, kok 🙂

Komentar pada artikel "7 Kiat Lolos Seleksi CPNS di Tingkat Kabupaten/Kota"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
Belum ada riwayat komentar pada postingan ini. Jadilah yang pertama memberikan komentar atau pertanyaan melalui form komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.