Tips Persiapan Perlengkapan dan Cara Packing Perlengkapan Umrah

19 Desember 2018 © Protected by COPYSCAPE

Sebagai seorang muslim dan muslimah, tentunya kita sudah sangat familiar dengan istilah Umrah. Ya, umrah ini merupakan salah satu bentuk ibadah yang hukumnya ada yang wajib dan ada juga umrah yang hukumnya sunnah. Terlepas dari semua hal itu, tentu saja ada beberapa hal yang harus kita persiapkan sebelum berangkat umrah.

Tips Persiapan Perlengkapan dan Cara Packing Perlengkapan Umrah

Kaaba. Photo by Konevi on Pixabay (CC0)

Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perlengkapan ibadah umrah adalah merupakan sesuatu yang sangat penting supaya Anda tidak direpotkan dengan barang-barang bawaan Anda ketika akan berangkat umrah maupun selama dalam perjalanan. Oleh sebab itu, pastikan perlengkapan yang akan Anda bawa nanti itu dimasukkan sendiri ke dalam tas atau koper. Dalam hal ini sebaiknya Anda membawa koper bagasi dengan kapasitas maksimum 20 kg. Dalam koper bagasi ini Anda bisa membawa pakaian sehari-hari, perlengkapan ihram serta peralatan yang lain seperti alat kosmetik (untuk kaum wanita). Namun jangan lupa untuk tidak digunakan secara berlebihan karena hal tersebut selain bisa mengurangi nilai ibadah, juga kalau masuk ke dalam masjid bisa diusir secara paksa oleh askar. Selain alat kosmetik, bawalah pisau cukur, gunting, parfum, sandal, dan lain sebagainya.

Di samping itu, kita juga jangan sampai tergiur oleh biro jasa yang menawarkan biaya umroh murah. Pasalnya, sudah banyak terjadi kasus-kasus penipuan dengan latar belakang biro jasa umrah yang menawarkan harga miring. Perlu juga Anda ketahui bahwa benda-benda tajam seperti gunting untuk tahalul, gunting kuku, pisau cukur, serta benda-benda tajam lainnya ataupun cairan dalam kemasan yang melebihi 100 mL tidak diperbolehkan dibawa ke dalam tas kabin. Oleh sebab itu, masukkan saja benda-benda tersebut ke dalam tas bagasi. Pada saat mau berangkat ibadah umrah, sebaiknya Anda tidak membawa tas terlalu berat, karena oleh-oleh belanjaan Anda biasanya akan bertambah banyak dari bawaan sebelumnya.

Apakah pada saat ibadah umrah itu perlu untuk membawa tas kabin? Tentu saja perlu. Karena dengan tas kabin Anda bisa membawa 1 helai pakaian dan makanan ringan untuk jaga-jaga takutnya kalau pesawat delay, maka Anda memiliki pakaian ganti dan bisa makan. Sebagaimana diketahui bahwa tas kabin ini adalah tas yang bisa dimasukkan ke dalam pesawat, baik itu ransel maupun tas yang ditenteng yang ukurannya tidak terlalu besar. Selain tas kabin, Anda juga bisa membawa tas passport. Tas passport ini berguna untuk menyimpan passport serta peralatan penting lainnya yang Anda miliki. Dan hal penting lainnnya lagi yang harus Anda perhatikan adalah uang saku. Dalam hal ini Anda sebaiknya tidak membawa uang saku yang berlebihan dan bawalah secukupnya sekedar untuk keperluan Anda di sana.

Cara Packing Perlengkapan Umrah

  • Pastikan oleh Anda untuk selalu mencantumkan nama serta alamat di bagian luar semua tas sehingga tidak tertukar dengan orang lain.
  • Semua benda logam dan tajam dimasukkan dalam tas koper.
  • Berbagai bahan cairan yang isinya melebihi 100 mL harus dimasukkan dalam tas koper yang nantinya masuk dalam bagasi pesawat.
  • Perlu Anda ketahui bahwa beban koper atau troli maksimal 20 kg per orang sehingga jika Anda membawa lebih dari itu maka akan dikenakan biaya tambahan. Biasanya hal ini terjadi saat pulang umrah karena kebanyakan jamaah sering membawa oleh-oleh yang cukup banyak.

Nah, itulah beberapa tips dan perlengkapan yang harus Anda ketahui sebelum berangkat ibadah umrah. Silakan dipersiapkan dengan matang dan semoga ibadah umrah Anda lancar dan menyenangkan, aamiin yaa Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.