Bayar Tagihan PLN yang Terlanjur Terkena Denda dengan Prosedur Berikut!

15 Agustus 2017 © Protected by COPYSCAPE

Listrik menjadi salah satu kebutuhan yang penting sekali bagi banyak orang dan tidak ternilai harganya. Dapat dibayangkan jika tidak ada listrik pasti akan susah sekali beraktivitas. Bayar tagihan PLN kini sudah dapat dilakukan dengan banyak cara dan semakin mudah. Namun apa jadinya jika Anda memiliki tagihan yang denda? Tentu saja Anda dapat membayarkan langsung ke kantor PLN ini. Biasanya kita denda karena telat dalam pembayaran dan juga karena pembayaran kita tidak sesuai.

Bayar Tagihan PLN yang Terlanjur Terkena Denda

Bayar Tagihan PLN yang Terlanjur Terkena Denda

Prosedur Melakukan Pembayaran Denda PLN

Jika terlanjur terkena denda ini kita tidak perlu takut, karena aliran listrik jarang diputuskan. Namun kita bisa melakukan beberapa prosedur berikut untuk melakukan pembayarannya antara lain:

  1. Pastikan kita membaca laporan tagihan listrik kita untuk mengetahui berapa jumlah denda yang harus kita bayarkan. Jika sudah ada maka biasanya akan diberitahu bagaimana prosedur dari pembayaran akibat adanya denda ini. Masalah denda ini sendiri biasanya kita akan ketahui pada saat akan membayar.
  2. Kita bisa datang ke kantor cabang PLN terdekat untuk membayarkan tagihan listrik kita. Nantinya kita bisa menyebutkan berapa nomor pelanggan kita dan pihak dari PLN akan melihat jika ada denda. Masalah denda ini akan muncul nantinya berapa jumlahnya.
  3. Jika sudah ada berapa denda-nya maka akan dijumlahkan dengan tagihan listrik kita. Inilah yang harus kita bayarkan sebagai tagihan listrik pada bulan lalu yang sudah kita gunakan.
  4. Jika sudah kembali normal maka kita sudah bisa membayarkan listrik kita dengan normal kembali di ATM ataupun dapat membayarkan secara online.

Denda yang dihasilkan dari telat membayar ini memang bermacam-macam bergantung pada berapa banyak telat yang kita bayarkan. Selain itu juga besaran tegangan listrik di rumah kita juga akan sangat mempengaruhi berapa denda yang harus dibayarkan. Inilah yang membuat banyak orang pada akhirnya selalu mengingat tanggal pembayaran listrik, hal ini dilakukan untuk mencegah adanya denda kembali pada saat akan membayarkan listrik.

Macam Pemutusan PLN

Jika kita sudah menggunakan pembayaran dengan baik ini maka bayar tagihan PLN secara online di toko online atau pun offline pun akan berjalan lancar. Inilah yang membuat listrik kita juga akan tetap jauh dari pemutusan listrik. Berikut ini adalah beberapa hal yang disebabkan juga akibat adanya denda antara lain:

  • Pemutusan sementara, ini dapat dilakukan jika dalam kurun waktu yang sudah ada kita tidak menyelesaikan pembayaran terutama yang denda ini. Tentu saja ini tidak akan membuat kita nyaman pada saat melakukan pembayaran ini.
  • Pemutusan permanen, ini dilakukan jika dalam waktu 60 hari kita juga tidak membayarkan tagihan listrik yang ada dan sudah diberikan sanksi pemutusan sementara juga.

Beberapa penyebab dari masalah pembayaran listrik ini memang harus kita pahami karena sudah ada banyak orang yang mengalami masalah pemutusan ini. Tentu saja dengan dilakukan pemutusan ini akan sangat menghambat sekali aktivitas kita. Perlu adanya kesadaran dari diri kita untuk melakukan pembayaran yang tepat waktu.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang sudah pernah mengalami pembayaran yang telat pastinya tidak akan nyaman. Bayar tagihan PLN yang denda akan lebih mahal dan denda ini menjadi salah satu yang akan kita sesali juga. Jadi alangkah baiknya kita tidak terkena denda yang jumlahnya bisa terbilang cukup besar juga. Selalu lihat tanggal jatuh tempo dari pembayaran listrik pada tiap bulannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.