7 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

23 September 2019 © Protected by COPYSCAPE

Permasalahan anak susah makan adalah permasalahan yang tidak pernah ada habisnya. Tentu saja, sebagai orang tua, ada banyak cara mengatasi masalah anak susah makan yang sudah dilakukan. Untuk mengatasi permasalahan ini, satu hal yang perlu dilakukan sebagai ibu adalah menjadi lebih kreatif.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

7 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

7 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Berikut ini cara mengatasi masalah anak susah makan yang bisa Anda terapkan. Termasuk di antaranya untuk beberapa anak yang suka pilih-pilih makanan atau istilahnya picky eater.

1. Selalu memperbaharui variasi makanan

Anak kadang tidak mau makan dikarenakan bosan dengan variasi makanan yang itu-itu saja. Mungkin salah satu cara yang efektif membuat anak mudah makan adalah membuat variasi makanan baru untuk mereka.

Anda juga bisa menawarkan beberapa pilihan menu makanan, lalu biarkan anak-anak Anda memilih variasi makanan sesuai keinginan mereka, karena anak biasanya akan makan dengan lahap jika makanannya sesuai dengan keinginan mereka.

2. Makanan disajikan dalam bentuk kecil-kecil

Ingat, lambung si kecil belum mampu menampung makanan terlalu banyak, berikan ia makanan sedikit demi sedikit. Kadang, karena melihat makanan dalam porsi banyak, secara psikologis anak-anak sudah merasa kenyang duluan. Maka, lebih baik berikan porsi kecil. Kalau porsi itu dia lahap dan kurang, baru ditambah lagi.

3. Buatlah saat makan anak lebih menyenangkan

Jika anak susah makan, seringkali kita sebagai orang tua memarahinya, menakutinya, mengancamnya, bahkan menghukum agar anak mau menuruti perintah kita untuk makan. Padahal hal tersebut memberikan dampak buruk untuk psikologinya ke depan, bahkan anak bisa merasa ketakutan jika sudah memasuki waktu makan. Maka hindari hal-hal yang membuat anak menjadi trauma makan seperti beberapa yang dicontohkan diatas.

Lebih baik Anda mulai membuat anak merasa waktu makan adalah waktu yang menyenangkan. Bisa dengan mengajak makan anak dengan lembut dan memberikan penjelasan mengenai kandungan-kandungan gizi yang didapatkan dari menu yang ia makan.

4. Menyajikan makanan dengan karakter-karakter tertentu

Ini dia satu hal yang rupanya bisa membuat nafsu makan anak bertambah. Menyajikan makanan dengan karakter-karakter tertentu. Misalnya, mencetak nasi dengan cetakan Hello Kitty atau Teddy Bear,membuat karakter bunga, pohon, atau benda tertentu dengan wortel atau sayuran lainnya.

5. Biasakan melibatkan anak menyiapkan menu mereka sendiri

Anak juga seorang manusia yang rupanya akan merasa senang ketika keputusannya dihargai dan dirinya dilibatkan dalam kegiatan di rumah. Anda bisa mencobanya dengan melibatkan buah hati Anda menyiapkan makanannya sendiri.

Bisa dengan meminta tolong ia menyucikan makanan, mengambilkan, dan mencuci buah dari kulkas, atau menyiapkan dan merapikan peralatan makan. Hal tersebut akan membuat anak merasa dihargai kemudian bersemangat menambah nafsu makan.

6. Buatlah makan anak terjadwal

Nah, agar buah hati Anda terbiasa dengan waktu makan yang sama setiap harinya, jadwalkan waktu makan anak Anda namun sesuaikan jadwal dengan keinginan mereka agar anak tidak merasa terpaksa dengan waktu makan yang sama setiap hari.

Menjadwalkan makan pada si kecil akan membuat anak mudah makan karena terbiasa dengan waktu makan yang sama sekaligus mengajarkan konsep disiplin pada anak.

7. Jangan banyak memberikan minum di sela-sela makan

Satu hal yang penting untuk anak adalah memberikan minum air putih yang cukup. Namun ternyata hal ini jangan sering dilakukan ketika anak sedang makan. Mengapa? Karena air putih cenderung membuat perut menjadi lebih cepat merasa kenyang sehingga anak menjadi tidak tertarik untuk melanjutkan makan. Maka, sebagai ibu, mulai sekarang cobalah membiasakan anak menghabiskan makanannya terlebih dahulu, kemudian baru minum.

Bagaimana, Moms? Setelah ini, yuk terapkan cara mengatasi anak susah makan di atas agar kepala tidak pusing lagi mengatasi anak susah makan. Semoga berhasil moms 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.