Tips Memotret Produk Online Shop dengan Background Putih

26 Januari 2019 © Protected by COPYSCAPE

Bagi Anda yang bergelut di dunia online shop, foto produk yang menarik merupakan strategi pemasaran yang harus Anda kuasai. Tidak harus di studio foto mahal atau menyewa fotografer handal, Anda juga dapat memotret produk dengan peralatan seadanya. Berikut ini beberapa tips fotografi produk untuk online shop dengan background putih.

Tips Memotret Produk Online Shop dengan Background Putih

Tips Memotret Produk Online Shop dengan Background Putih

Tips Memotret Produk Online Shop dengan Background Putih

Gunakan Kamera yang Berkualitas

Tidak harus menggunakan kamera profesional seperti DSLR atau mirrorless, Anda juga dapat menggunakan kamera smartphone untuk memotret produk. Cukup pastikan kamera yang Anda gunakan memiliki kemampuan lensa minimal 50 mm agar dapat memotret detail produk sehingga menghasilkan foto yang berkualitas.

Selain itu, Anda perlu menguasai teknik pencahayaan dalam fotografi. Pencahayaan alami terbaik adalah cahaya matahari. Meski begitu, Anda juga dapat mengalokasikan dana untuk membeli peralatan seperti tripod, diffuser box dan lampu untuk mendapatkan pencahayaan yang pas sebagai komposisi foto.

Pilih Lokasi dan Background Foto

Selanjutnya, Anda bisa menentukan lokasi pemotretan produk. Bagi Anda yang menjual berbagai jenis pakaian, menggunakan model dan mencari lokasi pemotretan bagus akan membuat produk Anda menjadi lebih menarik. Menggunakan beberapa teknik fotografi seperti bokeh dan flatfay dapat menonjolkan penampakan produk.

Anda juga bisa menggunakan background putih untuk memperlihatkan detail dan memusatkan perhatian pada produk. Penggunaan background berwarna netral ini akan memudahkan Anda mencari angle dan komposisi foto yang tepat untuk produk.

Gunakan Properti Tambahan

Setelah menemukan lokasi atau latar yang tepat, Anda bisa menambahkan beberapa properti untuk mendukung komposisi foto agar terlihat lebih artistik. Properti tambahan ini bisa Anda temukan di sekitar, misalnya saja aneka bunga dan daun yang ditata sedemikian rupa sehingga membuat produk tampak lebih menarik.

Anda juga perlu menentukan konsep atau tema dari set fotografi produk yang akan diambil. Misalnya saja saat memotret produk kecantikan, Anda bisa menambahkan beberapa aksesoris dan perhiasan untuk melengkapi foto tersebut. Meski begitu, Anda harus bisa menentukan komposisi properti dengan produk. Jangan terlalu banyak sehingga produk kurang terlihat.

Sortir dan Edit Foto

Setelah sesi pemotretan selesai, Anda bisa mulai memilah-milih beberapa foto yang telah diambil. Komposisi dan penataan produk yang sesuai dapat meningkatkan nilai jual produk. Meski terlihat bagus, Anda juga perlu melakukan pengeditan baik pemotretan menggunakan kamera profesional atau kamera smartphone.

Bagi Anda yang menggunakan kamera smartphone aplikasi pengeditan foto seperti snapseed dan vsco akan sangat membantu. Apalagi bagi para pemula. Sedangkan bagi yang mengedit foto lewat laptop atau PC bisa menggunakan photoshop atau corel draw untuk memberikan sentuhan akhir dari foto tersebut.

Jangan Takut Mencoba

Menemukan konsep, tema dan komposisi pemotretan produk yang tepat memerlukan pengalaman dan kesabaran. Menata produk dengan pas sesuai komposisi juga tidak bisa dibilang mudah. Solusinya, Anda harus terus mencoba baik mengeksplor kemampuan fotografi lebih jauh atau menemukan konsep yang tepat untuk fotografi produk Anda.

Anda dapat menemukan inspirasi memotret produk dari online shop lain yang menjual produk sejenis. Gunakan prinsip amati, tiru dan modifikasi untuk menemukan komposisi yang tepat dalam fotografi produk Anda. Hal yang paling penting adalah membuat produk terlihat menonjol dan menarik dalam foto.

Bagaimana apa Anda sudah siap untuk memotret produk sendiri? Bagi Anda yang sedang mencari background putih untuk latar fotografi produk, jakmall.com menyediakan background dengan berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan Anda. Dapatkan juga berbagai penawaran menarik lainnya khusus untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.