8 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

16 September 2018 , © Protected by COPYSCAPE

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat, setidaknya ada 14 mineral dan 11 vitamin di dalamnya. Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan kecantikan, berikut kami paparkan penjelasanya.

8 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

8 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

8 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mencegah Sakit Jantung

Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi banyak asam folat mempunyai risiko penyakit jantung yang lebih rendah daripada orang yang tidak. Dalam satu cangkir alpukat terdapat 23% dari total asam folat yang dianjurkan. Selain itu vitamin E, glutathione, dan lemak tidak jenuh yang terdapat di dalam buah alpukat sangat bagus untuk kesehatan jantung Anda.

2. Mengurangi Kolesterol Jahat

Kandungan lemak baik yang melimpah dalam buah alpukat menjadikanya buah yang dianjurkan untuk Anda konsumsi. Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi alpukat disertai dengan pola makan yang sehat dapat membantu Anda mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal tersebut berfungsi menjaga kesehatan jantung.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat buah alpukat yang lain adalah mampu mengurangi risiko kanker. Buah yang tinggi antioksidan ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh Anda. Bagi Anda yang rajin mengonsumsi buah ini maka kemungkinan terkena kanker akan semakin kecil, terlebih kanker prostat dan kanker mulut.

4. Mencegah Cacat Lahir

Kandungan alpukat yang kaya akan asam folat berperan penting dalam mencegah gangguan syaraf yang dapat menyebabkan cacat pada bayi, seperti cacat tabung syaraf dan spina bifida. Dalam satu buah cangkir buah alpukat terdapat 23% dari jumlah asam folat yang dianjurkan. Sehingga buah alpukat sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

5. Menutrisi Kulit dan Rambut

Alpukat sering kali digunakan sebagai campuran dalam pembuatan kosmetik wajah maupun produk perawatan rambut. Buah ini kaya akan vitamin E yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari sekaligus menjaga kelembapannya. Ditambah beberapa kandungan bahan yang mampu menjaga kesehatan rambut serta membuatnya tetap indah.

6. Melembapkan Kulit

Selain digunakan dalam pembuatan kosmetik yang sudah bercampur dengan bahan kimia, sebagian orang lebih senang memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi masalah kulit mereka. Nah bagi Anda yang bermasalah dengan kulit kering, Anda bisa memanfaatkan buah alpukat ini sebagai masker.

7. Mencegah Penuaan

Dengan produksi kolagen yang dihasilkan oleh vitamin C yang terkenal sebagai zat pencegah penuaan dini, buah alpukat yang kaya akan Vitamin C dapat membuat kulit Anda tetap kencang. Selain itu, kadar lutein dan zeaxanthin yang tinggi dapat membantu Anda dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini.

8. Menghilangkan Bekas Jerawat

Kandungan sterolis yang tinggi menjadikan buah alpukat terkenal sebagai buah yang mempu mencegah serta memperlambat munculnya kerutan dan flek hitam pada wajah. Sebagian orang lebih suka memanfaatkan bahan-bahan alami untuk megatasi masalah pada wajah. Masker buah alpukat merupakan salah satu media yang sering digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Sekian uraian manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda dapatkan. Pastikan untuk memilih buah dengan kualitas yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa perhatikan pula cara pengolahanya agar vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya tidak hilang akibat proses pengolahan yang salah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.