Yuk Simak 5 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Anak

28 September 2018 © Protected by COPYSCAPE

Buah dengan warna kuning khas serta rasa manis asam ini memang disukai banyak kalangan. Mudah diolah menjadi berbagai hidangan membuat anak-anak pun senang mengonsumsi buah jeruk. Nah, berikut ini beberapa manfaat buah jeruk bagi kesehatan anak yang harus Anda ketahui.

Yuk Simak 5 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Anak

5 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Anak

5 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Anak

1. Mencegah dan Mengobati Anemia

Penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah umum terjadi pada anak-anak. Kegiatan yang terlalu padat dan tidak diimbangi dengan gizi yang seimbang membuat tubuh kekurangan zat besi dan memproduksi hemoglobin lebih sedikit. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jeruk dan membantu tubuh menyerap zat besi.

Selain itu, vitamin C juga efektif meningkatkan kadar hemoglobin pada darah serta mengatasi berbagai gejala anemia. Mulai dari pusing hingga mudah lelah bisa diatasi dengan mengonsumsi jus buah jeruk secara teratur. Konsumsi buah jeruk secara rutin akan membuat kadar hemoglobin pada tubuh anak berangsur normal kembali.

2. Mengobati Gejala Flu dan Batuk

Kandungan vitamin C pada buah jeruk juga terbukti dapat meningkatkan sistem imun anak dan mencegah terjadinya flu yang sering menyerang anak-anak. Vitamin C pada jeruk dapat menghambat perkembangan virus influenza dan menyembuhkan infeksi yang terjadi karena virus tersebut.

Jika ingin mendapatkan manfaat buah jeruk secara maksimal, Anda bisa menyajikan segelas jus jeruk hangat dengan tambahan satu sendok makan madu juga sedikit garam sebagai pengobatan flu dan batuk pada anak. Cara ini efektif meredakan gejala flu dan batuk.

3. Mempercepat Pemulihan Penyakit Thypus

Penyakit yang menyerang sistem pencernaan ini memang sedikit menyulitkan karena sering menyerang tiba-tiba dan berulang. Selain menjaga makanan setelah terjangkit dan pulih, Anda dapat memberikan segelas jus jeruk pada anak saat masa pemulihan. Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat mengatasi infeksi pada sistem pencernaan.

Buah jeruk juga dibutuhkan agar anak mendapatkan supply cairan yang cukup selama masa pemulihan. Tak hanya itu, antioksidan dalam buah jeruk juga dapat menghentikan pernyebaran virus Salmonella Tyohi yang menyebabkan penyakit tipus. Konsumsi buah jeruk secara teratur juga dapat mencegah anak mengalami penyakit ini.

4. Mencegah Dispepsia atau Maag pada Anak

Anak-anak umumnya sering bermasalah pada sistem pencernaan terutama lambung. Hal ini karena sistem pencernaan anak masih rentan mengalami beragam penyakit lambung. Salah satunya adalah dispepsia. Hampir mirip dengan gejala maag pada orang dewasa, dispepsia disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan iritasi pada lambung.

Mengonsumsi jus jeruk atau potongan buah jeruk secara teratur dapat melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi risiko terjadinya infeksi dan iritasi pada lambung si kecil. Buah jeruk juga dapat membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh sehingga lambung tidak bekerja terlalu keras dalam mencerna makanan.

5. Mencegah Penyakit Rakhitis

Kekurangan zat besi dan kalsium dapat menyebabkan terjadinya penyakit rakhitis pada bayi dan anak-anak. Penyakit ini akan menyebabkan tulang si kecil melemah dan melunak akibat kekurangan fosfat dan kalsium. Kekurangan vitamin D juga menjadi penyebab penyakit ini menyerang anak-anak.
Buah jeruk sendiri kaya akan sumber mineral baik seperti kalsium, besi dan magnesium yang dapat menyehatkan tulang dan mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan tulang. Mengonsumsi buah jeruk secara teratur dapat mencegah perkembangan rakhitis dan mengatasi berbagai gejala dari penyakit tersebut.

Itulah beberapa manfaat buah jeruk bagi kesehatan si kecil. Buah yang kaya akan vitamin ini ternyata tidak hanya mencegah terjadinya sariawan dan radang pada mulut. Namun juga bisa mengatasi berbagai penyakit juga melancarkan sistem pencernaan karena kaya akan serat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.