Rasakan 7 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

27 September 2018 © Protected by COPYSCAPE

Pisang menjadi buah segala musim. Anda bisa mendapatkan buah ini kapan saja. Buah yang terkenal enak ini memiliki banyak manfaat, mulai dari untuk kecantikan hingga kesehatan. Berikut manfaat buah pisang yang harus Anda tahu.

Rasakan 7 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Rasakan 7 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Rasakan 7 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sudah menjadi rahasia umum jika pisang sering kali digunakan sebagai menu diet. Buah yang memiliki 100 kalori ini juga tinggi serat. Anda akan merasa kenyang untuk jangka waktu lebih lama dibandingkan makanan yang memiliki kandungan serat lebih rendah. Hal ini membuat pisang menjadi buah yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Pisang hijau juga dikenal dapat menjadi sumber energi terbaik dari lagi resisten. Fungsi pati resisten ini untuk melarutkan serat dan memberi makan bakteri baik di usus. Sehingga Anda bisa merasakan sistem pencernaan akan lebih baik jika makan pisang. Sama halnya dengan pisang kuning, pisang hijau juga mendorong perasaan kenyang sehingga nafsu makan menurun.

2. Baik untuk Ibu Hamil

Buah pisang menjadi salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil. Alasannya, karena pisang banyak mengandung serat dan asam folat. Asam folat membantu sirkulasi darah selama masa kehamilan. Selain itu, kandungan zat besi dalam pisang bisa mencegah anemia serta menjamin ketersediaan darah untuk perkembangan janin.

Pisang bisa meringankan beberapa efek samping selama kehamilan. Kandungan yang terkandung dalam pisang juga bisa mencegah sembelit. Wanita hamil bisa mengurangi efek samping garam dengan buah ini.

3. Meningkatkan Energi dan Stamina

Dalam buah pisang terdapat tiga jenis gula, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Glukosa dan fruktosa cepat diserap dalam darah dan memberikan dorongan energi dengan segera. Sukrosa, bisa diserap perlahan sehingga bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil. Buah pisang juga dapat mendorong energi yang besar untuk kecerdasan Anda. Kalium dalam pisang bisa menjadi bahan bakar untuk otak dan membuat Anda lebih waspada. Kandungan lain seperti magnesium bisa meningkatkan kemampuan untuk lebih fokus.

4. Menjaga Kekuatan Tulang

Nutrisi dalam pisang dapat mendukung kepadatan tulang. Kandungan kalium, magnesium, vitamin B, dan vitamin C sangat berperan untuk kesehata tulang Anda. Dalam pisang terdapat kandungan fructoiligosaccharide yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi.

5. Memperbaiki Pencernaan

Ini manfaat buah pisang yang sangat dikenal masyarakat. Pisang mendorong agar pencernaan lebih sehat. Kedua jenis serat dalam pisang, pektin dan pati resisten mampu meningkatkan bakteri baik dalam usus.
Hal ini juga sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pektin dapat membantu melindungi tubuh dari kanker usus besar. Pisang yang mengandung banyak pektin yaitu saat masih hijau. Sebagai makanan yang mudah dicerna untuk segala usia, pisang bisa menjadi solusi saat Anda diare, mual dan sakit perut.

6. Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat lain dari pisang yaitu membantu meningkatkan mood dan kesehatan mental. Buah pisang banyak memiliki kandungan yang mempu membantu dalam mendorong pola tidur yang sehat. Jika Anda menderita insomnia, buah pisang harus dikonsumsi secara rutin. Selain itu, buah ini mampu menenangkan pikiran serta membuat Anda merasa lebih santai.

7. Kesehatan Kulit dan Rambut

Karena banyak mengandung antioksidan, pisang dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut. Ternyata tidak hanya itu, pisang ini bisa membantu memudarkan bintik gelap dan bekas luka di kulit. Anda juga bisa mengaplikasikan kulit pisang di area wajah.

Fungsinya sebagai masker wajah dengan tambahan kunyit, yougurt, atau bahan lainnya. Vitamin B dalam pisang juga membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Kadar air yang cukup dalam pisang sangat baik dalam memberi nutrisi rambut.

Manfaat buah pisang sangat banyak dan bisa Anda dapatkan dengan cara sederhana yaitu, mengonsumsi pisang secara rutin. Selain menawarkan manfaat yang kaya, pisang memiliki harga terjangkau. Anda bisa menemukannya di semua pasar dan swalayan. Sebaiknya jika mengolah pisang, usahakan jangan terlalu ekstrem agar kandungan nutrisinya tidak terbuang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.