Trik Jitu Menjadi Freelancer yang Berkualitas

4 Februari 2019 © Protected by COPYSCAPE

Bekerja memang menjadi sebuah kewajiban bagi setiap orang yang hidup di dunia ini? Mengapa? Pasalnya di dunia ini tak ada yang gratis. Untuk itu, jangan pernah meremahkan segala jenis perkerjaan apapun. Kini freelance merupakan pekerjaan yang mulai banyak diminati. Nah berikut merupakan beberapa tips jitu menjadi freelance berkualitas.

Trik Jitu Menjadi Freelancer yang Berkualitas

Trik Jitu Menjadi Freelancer yang Berkualitas

Ilustrasi Freelancer. Photo by Fancycrave.com from Pexels

1. Motivasi Diri Sendiri

Pekerjaan freelance memang bukanlah suatu hal yang bisa diremehkan atau bahkan dianggap tidak penting. Jika Anda termasuk pekerja freelance, maka ada baiknya Anda sering belajar dan memotivasi diri sendiri agar bisa menghasilkan pekerjaan yang lebih berkualitas.

Jangan pernah menganggap freelance sebagai perkerjaan sampingan yang selalu dinomor duakan. Jika Anda sudah memilih dan memutuskan untuk menjadi freelancer, maka ada baiknya Anda berkomitmen akan hal tersebut. Gunakan waktu sebaik mungkin dan pastikan kedisiplinan selalu melekat pada diri Anda selama menjalankan pekerjaan tersebut.

2. Pilih Bidang yang Dikuasai untuk Mengambil Proyek Freelance

Ternyata jadi pekerja freelance bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya, Anda juga harus menyesuaikan diri dengan minat dan bakat yang Anda kuasai. Jangan pernah anggap freelance sebagai pekerjaan remeh yang dapat ditunda. Untuk mengatasi penundaan tersebut, maka sebaiknya Anda bekerja sesuai dengan passion yang Anda miliki.

Ada banyak sekali bidang yang bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan lepas. Contoh pekerjaan yang bisa Anda pilih antara lain adalah fashion designer, content writer, fotografer, dan masih banyak lagi pekerjaan freelance yang bisa Anda pilih sesuai dengan bakat yang dimiliki.

3. Mengatur Waktu

Selama menjalankan pekerjaan freelance mengatur waktu merupakan hal terpenting yang perlu Anda perhatikan. Time is Money, ya itulah pepatah yang paling sering didengar dan dikeluarkan oleh kebanyakan pebisnis atau klien. Untuk itu pastikan Anda dapat mengatur dan memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk bisa mengerjakan sesuatu yang bermanfaat.

Pasalnya ketika Anda menjalani pekerjaan freelance, pastikan untuk melakukannya dengan sungguh-sungguh. Setelah selesai dengan pekerjaan utama, Anda bisa menggunakan sisa waktu tersebut untuk mengerjakan pekerjaan sampingan ini. Hal ini tentunya akan membuat Anda mendapatkan banyak hal lebih termasuk uang dan keterampilan.

4. Jalin Relasi Secara Baik dengan Klien

Cara terbaik agar dapat bekerja secara tenang dan nyaman adalah dengan menjalin relasi dan hubungan baik dengan banyak klien. Relasi dan hubungan baik dengan klien tersebut dapat membuat Anda semakin lancar dan bersemangat ketika menyelesaikan tigas dari klien.

Untuk itu, pastikan Anda menciptakan relasi dan hubungan baik dengan para klien. Bahkan Anda juga perlu menunjukkan attitude yang baik pula. Pastikan pula bahwa Anda menggunakan bahasa yang baik dan benar. Selain itu jangan pernah lupa untuk mengucapkan salam dan jangan terlalu berlebihan ketika berbicara.

5. Agreement

Salah satu hal terpenting lainnya yang perlu Anda perhatikan ketika menjadi pekerja freelance adalah ketika melakukan agreement dengan klien. Gunakan kata-kata dengan baik dan tidak menimbulkan kesalahpahaman. Inti dari poin yang satu ini adalah membuat perjanjian terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjalankan pekerjaan atau tugas dari klien.

Perjanjian yang Anda buat bisa berisi batas waktu yang diberikan, jenis pekerjaannya, fee yang akan diterima, dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut. Jika perjanjian sudah dibuat, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah memenuhi segala isi dalam perjanjian tersebut dan menyelesaikan tepat waktu agar klien tidak merasa kecewa.

Nah itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar menjadi freelancer yang berkualitas. Namun tahukan Anda bahwa ternyata ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi pekerja freelance. Bahkan menjadi pekerja freelance juga bisa membuat Anda memiliki nilai plus di mata banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.