5 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju Putih

16 November 2019 © Protected by COPYSCAPE

Kamu pasti akan merasa jengkel saat baju putih kesayanganmu terkena noda tinta yang membandel. Cara menghilangkan noda tinta di baju yang paling efektif ialah menggunakan pemutih. Bisa juga menggunakan bahan-bahan dapur yang tersedia di rumah, seperti garam, cuka, dan sitrun. Caranya hampir semua sama, yaitu merendam baju putih kamu beberapa jam sebelum dibilas menggunakan sabun cuci baju.

Cara Menghilangkan Noda Tinta pada Baju

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju Putih

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju Putih

Noda tinta yang menempel pada baju memang sulit dihilangkan karena sifatnya yang menyerap kain. Dampaknya kamu enggan mengenakan baju itu lagi meskipun baju kesayangan. Noda tinta yang menempel pada baju sebenarnya dapat mudah dihilangkan dengan memanfaatkan berbagai benda yang tersedia di rumah. Benda apa sajakah itu, yuk simak uraiannya di bawah ini.

1. Cuka

Bahan pertama yang dapat kamu manfaatkan ialah cuka. Bahan ini pasti selalu ada di dapur kamu sebagai tambahan bumbu masak. Di sisi lain, cuka dapat membantu kamu menghilangkan noda tinta yang membandel secara efektif. Caranya campurkan cuka dengan air, kemudian rendam baju yang terkena noda selama beberapa saat. Terakhir, bilas baju tersebut menggunakan mesin cuci atau tangan.

2. Soda Kue

Soda kue juga ternyata dapat menghilangkan noda tinta yang membandel pada baju kamu secara efektif. Cara mengaplikasikannya dengan mencampurkan soda dengan air, lalu oleskan pada baju yang terkena noda tinta dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan cuka dan baking soda yang kemudian dioleskan sekitar 20 menit sebelum dibilas mesin cuci.

3. Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring dapat digunakan menghilangkan noda tinta pada baju berwarna. Caranya simpel, oleskan sabun cuci piring pada baju yang terkena noda. Lalu biarkan beberapa menit, kemudian bilas dengan sabun cuci baju dan air bersih. Sabun cuci piring bisa membuat warna baju tetap awet, bebas kusam, bahkan menghilangkan noda licin dan berminyak.

4. Hidrogen Peroksida

Cara menghilangkan noda tinta pada baju dapat dilakukan juga dengan menggunakan hidrogen peroksida. Zat kimia ini dapat kamu temukan pada pembersih rumah tangga dan pasta gigi. Cairan hidrogen sebanyak tiga persen sudah mampu membantu menghilangkan noda tinta pada baju putih kamu.
Cairan ini diklaim ampuh menghilangkan noda tinta dalam hitungan 10 menit. Bahkan kamu bisa mencampurkan cairan tersebut ke dalam mesin cuci. Namun kamu mesti berhati-hati, karena cairan ini cukup keras dan berbahaya. Jangan sampai terkena mata.

5. Susu

Zat laktosa pada susu terbukti ampuh meluruhkan tinta yang menempel pada baju putih dan berwarna tanpa merusak serat kain. Cara menghilangkan noda tinta tersebut cukup dengan merendam baju selama beberapa menit. Kemudian menggosok tinta secara perlahan dan bilas baju menggunakan air dingin yang mengalir. Baju yang direndam susu upayakan bersihkan secara menyeluruh untuk menghilangkan kadar lemak yang menempel.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan noda tinta pada baju putih sekaligus berwarna menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Meski noda tinta mampu menyerap serat kain secara sempurna, namun tetap bisa luruh dengan mengoleskan bahan-bahan yang telah diuraikan di atas.

Jadi, sebelum menggunakan bahan pemutih baju, kamu bisa menggunakan alternatif lain untuk menghilangkan noda tinta tersebut demi hasil yang maksimal. Atau bisa juga mengkombinasikan keduanya agar baju kamu semakin bersih.

Semoga informasi di atas membantu kamu ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.