Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

17 September 2018 © Protected by COPYSCAPE

Masa-masa kehamilan merupakan masa di mana banyak pantangan ataupun anjuran bagi seorang wanita untuk mengonsumsi suatu makanan tertentu. Buah pir merupakan salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi baik ibu hamil agar kesehatan ibu dan bayi selalu terjaga dengan baik. Berikut ini penjelasan tentang manfaat buah pir untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

1. Memperkecil Risiko Bayi Lahir Cacat

Dalam satu buah pir terdapat 12 mikrogram asam folat yang dapat mencegah gangguan syaraf agar bayi terhindar dari cacat lahir. Oleh karena itu, mengonsumsi buah pir sangat bermanfaat bagi ibu hamil, terutama bagi Anda yang sedang memasuki trimester pertama.

2. Mencegah Kuman dan Infeksi

Satu buah pir mengandung 7 miligram vitamin C yang sangat berguna bagi ibu hamil. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah pir ini dapat membantu menangkal berbagai kuman serta virus dan infeksi yang mungkin masuk ke dalam tubuh. Selain kandungan, cara pengolahan pun harus Anda perhatikan untuk mendapat manfaat yang maksimal.

3. Memperlancar Pencernaan

Kandungan serat sebanyak 4,5 gram serta1,8 pectin di dalam buah pir ini mudah larut dalam tubuh. Sehingga buah pir bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan Anda dan berguna untuk mencegah sembelit yang sering dilami oleh ibu hamil, terutama para ibu yang memasuki usia kandungan trimester ketiga.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Buah pir yang kaya akan glutathione dan antioksidan, menjadikanya buah yang sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal tersebut dikarenan kedua bahan tersebut sangat berperan dalam mengontrol tekanan darah. Selain itu, buah pir juga mengandung kalium yang dapat mencegah terjadinya detak jantung yang tidak beraturan pada ibu hamil.

5. Memaksimalkan Pertumbuhan Tulang

Maksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi buah hati Anda di dalam kandungan dengan mengonsumsi buah pir. Kandungan mineral seperti kalsium serta magnesium yang terkandung di dalam buah pir menjadikanya sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memaksimalkan pembentukan tulang. .

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Bayak ibu hamil yang mengalami masalah kulit seperti kulit kering dan kusam yang disebabkan oleh hormon kehamilan. Oleh karena itu, buah pir bisa menjadi alternatif bagi Anda agar keadaan tersebut tidak semakin parah. Kandungan humektan alaminya dapat membantu menyeimbangkan kadar air dalam tubuh sehingga kulit terjaga kelembapannya.

7. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat buah pir lainya adalah menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan di dalamnya berguna untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas ini sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin karena bisa memicu timbulnya kanker. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi buah pir ini.

8. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Ibu hamil yang baru memasuki trimester pertama sangat identik dengan morning sickness dan kurang darah atau anemia. Hal tersebut bisa diminimalisir dengan mengonsumsi buah pir. Kandungan zat besi di dalamnya berguna untuk mengaktifkan dan menumbuhkan kembali sel adrah merah dalam tubuh.

9. Menjaga Tubuh Tetap Ideal

Bertambahnya berat badan merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang terjadi pada ibu hamil. Sebagian wanita khawatir hal tersebut akan membuat penampilan mereka setelah melahirkan tidak ideal lagi. Untuk itu Anda bisa mengonsumsi buah pir sebagai sumber nutrisi bagi janin Anda sekaligus menjaga tubuh tetap ideal karena buah ini bersifat rendah kalori.

Demikian beberapa manfaat buah pir bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang bisa Anda dapatkan. Selain memperhatikan asupan nutrisi, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan cara pengolahan yang benar agar Anda terhindar dari virus dan kuman yang mungkin bersarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.