Komitmen RAPP Riau untuk Merawat Lingkungan Saat Memproduksi PaperOne

28 Februari 2018 © Protected by COPYSCAPE

PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) merupakan sebuah perusahaan atau industri besar Indonesia yang memproduksi pulp (bubur kertas) dan kertas. Selain itu juga, RAPP merupakan perusahaan terbesar di Asia Pasifik dan merupakan anak perusahaan APRIL. Pabrik yang berlokasi di Provinsi Riau ini berdiri pada tahun 1993.

RAPP bersama APRIL Grup mengelola sebuah produk yang terkenal dan terpopuler hampir di seluruh dunia, yaitu produk PaperOneTM. PaperOneTM merupakan sebuah produk unggulan dan asli Indonesia dan terkenal di seluruh dunia. Produk yang sudah diekspor hingga ke 75 negara diantaranya adalah negara Singapura, China, India, Jepang, Korea, Australia, beberapa benua Eropa seperti Rusia, Turki, dan beberapa kawasan di Amerika, yaitu USA, Meksiko, Brazil, dan beberapa negara lainnya, termasuk kawasan Asia Pasifik dan Asia Timur. Di samping itu, produk tersebut merupakan 100 persen produk dari bahan baku hingga produksinya dilakukan di Indonesia.

Komitmen RAPP Riau untuk Merawat Lingkungan Saat Memproduksi PaperOne

Komitmen RAPP Riau untuk Merawat Lingkungan Saat Memproduksi PaperOne

Setiap perusahaan pasti akan memiliki sebuah komitmen dalam mendirikannya, pun begitu dengan RAPP, yaitu dalam perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut. Heru Widodo selaku kuasa hukum RAPP mengatakan bahwa praktik bisnis yang berkelanjutan milik PT RAPP senantiasa menjalankan usahanya berdasarkan izin yang sah dan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Dia juga menambahkan bahwa perusahaan juga senantiasa berkonsultasi dengan pemerintah dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk memastikan kegiatan operasional tetap berjalan dengan baik. Selama ini perusahaan secara penuh bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat setempat untuk meningkatkan kualitas tata kelola Hutan Tanaman Industri (HTI) yang baik di lahan gambut secara berkelanjutan. Dengan begitu dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Mereka juga mengatakan bahwa telah melakukan investigasi sesuai dengan perizinan yang telah diberikan oleh pemerintah berdasarkan peraturan dan perundangan yang berlaku.

Di sisi lain pendekatan yang dilakukan oleh APRIL Grup terhadap pengelolaan lahan yang berkelanjutan dan efektif didasarkan prinsip penggunaan lahan yang ‘seimbang’ dan merupakan bagian dari pendekatan pengelolaan lanskap menyeluruh. Perkebunan (hutan tanaman) APRIL Grup terletak di lanskap terdegradasi yang telah dikembangkan untuk kegiatan hutan tanaman yang produktif. Alokasi penggunaan lahan didasarkan pada kajian Nilai Konservasi Tinggi atau High Conservation Value (HCV) baik di tingkat lanskap dan tingkat unit manajemen maupun pendekatan konsultasi publik dan ilmu pengetahuan yang ada. Lanskap tersebut mendukung pertanian pohon produktif yang menciptakan keunggulan kompetitif bagi kehutanan Indonesia. Ketika dikelola dengan bijaksana dan hati-hati, risiko terhadap lingkungan dapat berkurang jika dibandingkan dengan area hutan yang tidak dikelola. Dan dari sanalah terjadi komitmen RAPP Riau untuk merawat lingkungan saat memproduksi PaperOneTM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.