Perlu Anda Ketahui 6 Keunggulan Menggunakan Kompor Listrik

21 Juli 2021 © Protected by COPYSCAPE

Kini semakin banyak orang yang beralih menggunakan kompor menggunakan listrik dibanding yang konvensional. Alasannya tentu saja, karena kompor berdaya listrik ini memiliki banyak sekali keunggulan.

Kompor Listrik

Kompor Listrik [Gambar oleh Marcin Galusz dari Unsplash]

Salah satu hal yang bisa Anda rasakan saat menggunakan kompor listrik, mempermudah Anda di dapur. Tentu saja dalam hal masak-memasak, kegiatan ini jadi lebih cepat dengan adanya alat pemasak dari listrik ini. Agar tidak penasaran berikut beberapa, kelebihan memakai kompor dengan daya listrik.

Kompor Listrik Lebih Aman

Anda harus tahu bahwa menggunakan kompor listrik terbilang sangat aman. Beda Ketika Anda menggunakan gas yang dikhawatirkan akan mengalami kebocoran pada tabungnya. Ini tidak hanya berbahaya bagi Anda sendiri yang sedang masak tapi juga anggota keluarga lainnya di rumah.

Jika anda memiliki anak 8 tahun kebawah yang masih sangat aktif, penggunaan kompor jenis ini juga relatif sangat aman bagi si kecil. Di mana anak biasanya akan memegang semua benda yang ada di depannya. Ketika Anda sedang berada di dapur dan anak ikut andil, jangan khawatir kompor terpegang. Sebab kompornya tidak akan mengeluarkan panas.

Terlebih penggunaan kompor listrik dinilai lebih aman, karena panas hanya akan dihantarkan dengan arus listrik pada panci yang ada di atas kompor saja. Jadi Anda bisa memanaskan masakan tanpa munculnya nyala api. Tidak perlu juga khawatir adanya resiko luka bakar. Karena umumnya kompor listrik tidak mengeluarkan panas sepanas kompor dengan bahan bakar gas.

Mengatur Suhu Lebih Mudah

Memasak di Dapur

Ilustrasi memasak di dapur [Gambar oleh Edgar Castrejon dari Unsplash]

Anda juga bisa menemukan Kelebihan lainnya pada penggunaan kompor ini. Yaitu pada pengaturan suhunya yang lebih mudah dilakukan. Setiap orang yang menggunakan kompor listrik, maka bisa sangat mudah mengontrol suhu panas secara penuh.

Anda bahkan bisa memilih suhu paling rendah pada kompor ini sehingga tidak akan membahayakan. Memasak menggunakan kompor dengan daya listrik, Anda tidak perlu khawatir kompor akan padam akibat angin dari luar.

Suhu bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan memasak jadi tidak khawatir makanan akan gosong. Panasnya juga akan lebih merata jika menggunakan kompor daya listrik.

Memasak Lebih Cepat

Bagi Anda yang menyukai masak-masakan ribet maka kompor listrik adalah pilihan tepat. Jadi bagi Anda yang punya banyak lain, memasak menggunakan daya listrik ini jauh lebih hemat waktu.

Cara kerja kompor ini dengan memanaskan wajan secara langsung saat diletakkan diatas kompor. Membuat masakan jadi lebih cepat matang. Jika dihitung-hitung, kecepatan memasak dengan kompor listrik hampir 50% lebih cepat daripada kompor dengan daya gas.

Anda hanya membutuhkan waktu 4 menit saja ketika merebus untuk air satu panci. Ini sangat cocok untuk Anda yang bekerja pagi hari, namun tetap ingin menyiapkan masakan untuk suami dan bekal ke kantor. Anda bisa menyiapkan bahan mentah pada malam hari, lalu memasak beberapa menu sekaligus lebih cepat di pagi hari.

Mudah Dibersihkan

Agar kompor tetap awet, tentu Anda harus membersihkannya setiap selesai masak. Pada jenis alat pemasak dengan daya listrik ini, akan menemukan kemudahan dalam perawatannya terutama untuk membersihkan.

Bagian kompor listrik tidak akan mengeluarkan panas yang sama seperti pada kompor dengan gas. Jadi saat memasak makanan berkuah akan meminimalisir tumpahan yang bisa mengotori bagian-bagian kompor. Permukaan kompor ini juga sangat halus dan licin.

Membersihkan kompor ini, Anda hanya membutuhkan kain atau spon basah. Tidak perlu acara membongkar kompor agar kebersihannya terjaga sampai ke sela-sela kompor. Juga tidak perlu menggosok atau merendam bagian-bagian kompor supaya bersih. Jika dilihat, tak hanya proses memasak saja yang cepat menggunakan kompor ini. Proses pembersihannya juga terbilang sangat cepat.

Dapur Tidak Panas

Memasak di Dapur dengan Kompor Listrik

Ilustrasi memasak di dapur dengan kompor listrik [Gambar oleh Jason Briscoe dari Unsplash]

Saat memasak dengan kompor daya gas, tentu Anda merasa bahwa suhu ruangan menjadi lebih panas. Tetapi ini tidak akan terjadi ketika Anda menggunakan daya listrik pada alat pemasak. Sebab panas yang dihasilkan kompor hanya terpusat pada alat memasak yang ada di atasnya saja.

Suhu pada ruangan dapur cenderung lebih normal ketika menggunakan kompor listrik. Sebab suhunya tidak akan tercemar oleh panas yang dihasilkan lewat kompor, seperti pada penggunaan kompor dengan bahan bakar gas.

Efisien Energi

Tentu di zaman sekarang orang-orang membutuhkan sesuatu yang lebih hemat energi. Penggunaan kompor listrik membuat Anda jauh lebih efisien terhadap energi yang dihasilkan. Ini membantu Anda untuk lebih menghemat pengeluaran dan juga biaya listrik bulanan.

Jadi tidak perlu takut, apakah penggunaan kompor dengan daya listrik, membuat pengeluaran listrik justru membengkak. Karena justru kompor ini tetap menghemat biaya listrik. Kompor ini juga tidak akan menghabiskan daya listrik saat tidak sengaja Anda nyalakan, padahal sedang tidak dipakai. Ini tidak seperti penggunaan kompor gas, yang bahan bakar gasnya akan habis ketika kompor tetap menyala.

Jadi itu tadi beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan kompor dengan daya listrik. Terlebih untuk pemasangan awal pada kompor ini juga lebih terjangkau biayanya. Bahkan jika teliti, bisa mendapatkan kompor daya listrik berkualitas dengan harga yang sama dengan pembelian kompor gas.

Jika sedang mencari kompor listrik dengan harga yang terjangkau, Anda bisa menemukannya di Ladara.id. Marketplace ini menjual kompor daya listrik dengan kualitas terbaik. Harga kompornya juga sangat terjangkau yaitu mulai dari 100 ribuan saja untuk kompor listrik mini hot plate. Anda juga tidak perlu khawatir karena kompor yang dijual pada toko online ini memiliki garansi dan sudah dipastikan semua produknya original.

Komentar pada artikel "Perlu Anda Ketahui 6 Keunggulan Menggunakan Kompor Listrik"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
Belum ada riwayat komentar pada postingan ini. Jadilah yang pertama memberikan komentar atau pertanyaan melalui form komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.