7 Kiat Belajar Online untuk Anak SMA agar Lebih Produktif

21 Maret 2022 , © Protected by COPYSCAPE

Pandemi yang berlangsung sejak awal tahun 2020 belum berakhir meskipun pemerintah menerapkan kebijakan PPKM. Era new normal memaksa orang-orang untuk beradaptasi dengan kebiasaan hidup berdampingan dengan corona. Meskipun demikian, belajar online masih menjadi solusi untuk daerah yang memiliki tingkat level 4 dalam penyebaran virus corona. Bila sekolah kamu masih belum menerapkan pembelajaran tatap muka, maka kamu harus belajar online dengan mengunduh aplikasi belajar online di sini.

Cara Mengatur Pola Belajar untuk Anak SMA di Rumah

Kiat Belajar Online agar Lebih Produktif

Ilustrasi belajar online di rumah

Meski belajar di rumah, bukan berarti kamu boleh main-main saja. Kamu harus tetap mengikuti pembelajaran yang dilakukan secara virtual, mengerjakan tugas dari guru, dan tetap meningkatkan potensi diri dengan belajar yang efektif. Lalu, bagaimana cara mengatur pola belajar yang efektif dan efisien untuk anak SMA selama berada di rumah saja? Yuk, simak ulasan singkat berikut ini!

1. Menyiapkan tempat khusus untuk belajar

Ada baiknya kamu memiliki ruangan khusus untuk belajar yang jauh dari gangguan atau hiruk pikuk anggota keluarga lain. Apalagi kamu punya adik yang masih kecil atau orang tua yang mengerjakan bisnis dari rumah selama pandemi, maka kamu harus memastikan punya ruangan kondusif untuk belajar, ya!

2. Memastikan perangkat belajar memadai

Selain ponsel atau PC yang bisa mendukung kegiatan belajar online lebih menyenangkan, maka pastikan jaringan internet kamu tetap stabil. Hal ini bisa mendukung kegiatan zoom atau virtual learning tanpa terkendala masalah sinyal. Pastikan paket kuota kamu memadai baik menggunakan bantuan paket kuota dari Kemendikbud atau memakai WiFi rumah.

3. Membuat jadwal belajar yang konsisten

Jika mengikuti pembelajaran online dari sekolah, kamu wajib hadir pada setiap sesi zoom tersebut. Jadwal belajar yang konsisten bisa membantu kamu tetap produktif, tapi ada baiknya kamu juga tetap belajar setelah sesi berakhir. Materi yang kamu dapat selama proses pembelajaran bisa diringkas, dibaca, dipelajari, dan evaluasi kembali.

4. Bergabung dengan aplikasi belajar online

Kamu bisa bergabung dengan aplikasi belajar yang bisa diunduh di Google Play Store, ya! Cek kembali kredibilitas ruang belajar tersebut dari testimoni pengguna lain, materi yang diberikan hingga harga paket belajar.

Salah satu platform yang bisa memfasilitasi kamu untuk belajar secara efektif adalah Ruangguru. Platform online learning yang satu ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Ruangguru telah menjadi salah satu pilihan platform belajar yang mudah digunakan dan sangat bermanfaat. Unduh di sini dan rasakan langsung apa saja fitur menarik yang ditawarkan.

5. Boleh makan camilan ringan

Belajar online di rumah memang lebih menyenangkan untuk kamu yang suka cara belajar fleksibel. Kamu tetap bisa pergi ke bagian rumah lain lebih leluasa, termasuk menyiapkan minuman atau camilan ringan selama proses pembelajaran berlangsung. Tentu kamu harus tetap fokus meskipun bisa menikmati camilan di rumah kapan saja.

6. Perbanyak membaca informasi dan buku

Belajar tidak harus dari apa yang dijelaskan guru semata, tetapi kamu harus lebih banyak membaca referensi yang ada. Perbanyak ilmu kamu dengan membaca informasi di media cetak, online atau membeli buku-buku terbaru.

7. Lakukan evaluasi belajar dengan baik

Bagaimana program belajar yang kamu rencanakan bisa berjalan lancar atau berakhir sebagai wacana saja? Kamu harus melakukan evaluasi kegiatan belajar yang kamu susun sudah efektif atau tidak. Bila nilai kamu masih dibawah standar, ada baiknya kamu segera mencari tutor untuk mendukung sistem belajar di rumah yang lebih baik.

Sekian kiat dan cara mengatur pola belajar yang bisa kamu terapkan. Semoga sukses dan bisa jadi lebih produktif.

Komentar pada artikel "7 Kiat Belajar Online untuk Anak SMA agar Lebih Produktif"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
Belum ada riwayat komentar pada postingan ini. Jadilah yang pertama memberikan komentar atau pertanyaan melalui form komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.