Lakukan Hal Ini Jika Mendapat Resi Palsu atau Tidak Valid di Bukalapak

27 Agustus 2018 © Protected by COPYSCAPE

Melakukan transaksi online di marketplace memang tidak selalu dapat berjalan dengan lancar. Sesuai pengalaman saya di Bukalapak, terkadang ada saja permasalahan seperti pelapak nakal yang menginput resi palsu atau tidak valid ke dalam transaksi. Untungnya, setiap transaksi online yang saya buat selalu saya pantau, sehingga bisa mengambil tindakan seperti membuat laporan jika ada hal yang tidak wajar selama proses transaksi. Hal yang ditakutkan adalah bagi orang yang super sibuk dan tidak sempat memantau setiap proses transaksi yang berjalan. Risikonya adalah barang tidak sampai ke alamat tujuan tapi status transaksi di Bukalapak sudah selesai dan dana sudah diteruskan kepada pelapak, seperti pengalaman teman saya sebelumnya. Saya turut berduka cita.

Lakukan Hal Ini Jika Mendapat Resi Palsu atau Tidak Valid di Bukalapak

Ilustrasi Halaman Hubungi Bukalapak

Kembali ke pengalaman saya. Kasus pelapak menginput resi palsu dan tidak valid ini saya rasakan baru-baru ini ketika membeli laptop idaman di salah satu toko online di Bukalapak. Sesuai peraturan di Bukalapak, setelah proses pembayaran diverifikasi oleh Bukalapak, maka transaksi akan masuk tahap “Diproses pelapak”. Waktu yang diberikan oleh Bukalapak kepada pelapak untuk memproses barang jualan hingga dikirim (input nomor resi) adalah 2×24 jam. Jika pelapak tidak menginput resi pengiriman dalam waktu yang diberikan maka pelapak dianggap menolak pesanan dan dana akan dikembalikan ke pembeli melalui BukaDompet.

Nah, dengan adanya peraturan tersebut, terkadang ada saja pelapak yang sengaja menginput resi palsu atau tidak valid untuk mengulur waktu pengiriman barang. Syukur-syukur bagi pelapak nakal jika pembeli tidak melakukan tindakan apapun maka ujung-ujungnya status transaksi dapat selesai dan feedback positif secara otomatis jika status barang telah terkirim menurut resi pengiriman dan tidak ada konfirmasi dari pembeli dalam waktu 2×24 jam.

Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi kan? Jika ya, maka silakan lakukan hal berikut ini jika Anda mendapatkan resi palsu, tidak valid, atau resi tidak terlacak di Bukalapak.

Lakukan Hal Ini Jika Mendapat Resi Palsu atau Tidak Valid di Bukalapak

  1. Segera hubungi pelapak untuk mengkonfirmasi resi palsu atau tidak valid tersebut. Memang terkadang ada beberapa ekspedisi yang memerlukan waktu beberapa jam agar resi yang didapat bisa dicek melalui website pengecekan resi. Saya sarankan Anda memberi waktu 1×24 jam kepada pelapak untuk mengkonfirmasi permasalahan resi tidak terlacak tersebut.
  2. Jika tidak ada konfirmasi dari pelapak atau memang ada indikasi penipuan dari pelapak dengan memasukkan resi palsu, maka segera kunjungi halaman Hubungi Bukalapak.
  3. Pada bagian Komplain Berdasarkan Transaksi, pilih transaksi yang bermasalah dan klik Transaksi ini bermasalah?
  4. Pada bagian Apakah ini masalah yang kamu hadapi?, pilih Resi Tidak Valid atau Tidak Update. Tuliskan detail masalah pada kolom yang telah disediakan dan lampirkan berkas pendukung jika memungkinkan. Setelah itu klik tombol Kirim Pertanyaan.
  5. Pihak Bukalapak akan segera memberikan respon terhadap laporan Anda melalui email, jadi sering-seringlah membuka email yang didaftarkan di Bukalapak. Saya kurang tahu jika pelaporan dibuat melalui aplikasi Bukalapak, apakah respon diberikan melalui chat Bukalapak atau email juga, silakan Anda coba jika ingin tahu 😀

Sesuai pengalaman saya, pihak Bukalapak memberikan waktu 1×24 sejak pelaporan kepada pelapak untuk segera memasukkan resi yang valid atau jika tidak maka transaksi akan dibatalkan dan dana dikembalikan kepada pembeli.

Itulah hal yang saya lakukan ketika mendapat resi palsu atau tidak valid di Bukalapak. Jika Anda mengalami hal yang serupa, maka saran saya adalah tetap tenang dan sabar, karena semuanya masih bisa dikomunikasikan. Asal status transaksi belum berubah menjadi Selesai dan dana belum diteruskan kepada pelapak, insyaAllah dana Anda masih aman. Selamat berbelanja, semoga proses transaksi Anda dapat berjalan dengan lancar.

12 komentar pada artikel "Lakukan Hal Ini Jika Mendapat Resi Palsu atau Tidak Valid di Bukalapak"

  1. Agus berkata:

    nah ini ngeri banget
    kebanyakan resi palsu ini dimasukkan cuma buat biar pelapak bisa kirim barang lebih lambat karena ga sempat sih
    ngeri juga kalo ternyata dimanfaatkan buat penipuan

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Iya mas Agus. Pada beberapa kesempatan saat konfirmasi ke pelapak, memang mereka sengaja memasukkan resi palsu untuk memperlama waktu proses pengiriman barang. Tapi dari kasus teman saya ternyata hal ini bisa dijadikan celah untuk melakukan penipuan barang juga jika pembeli tidak terlalu mengikuti setiap proses transaksi yang ada di Bukalapak. Harapannya semoga saja ke depannya sistem Bukalapak bisa melakukan validasi terhadap nomor resi yang diinput oleh pelapak, biar belanja online bisa menjadi lebih nyaman dan aman 😀

  2. asrog berkata:

    saya juga ngalamin hal serupa mas .. saya membeli sebuah laptop hampir 2 hari tidak diproses pelapak setelah menajukan pembatan ditolak oleh pelapak dan di input resi palsu .. setelah hampir 4 jam eh tau tau status pengiriman sampai tujuan padahal tidak saya konfirmasi .. untuk perihal ini sudah saya laporkan di dukungan bukalapak .. apakah dana saya bisa kembali mas .. berapa lama dapat konfirmasi dari bukalapak

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Sesuai pengalaman saya, dana bisa kembali dengan catatan kita memang bisa membuktikan bahwa resi yang diinput oleh seller adalah resi palsu atau tidak valid mas. Berapa lama proses pengembaliannya mungkin bisa berbeda untuk setiap kasus mas. Doa saya, semoga uangnya bisa cepat kembali ya mas, aamiin 🙂

  3. aa berkata:

    kalau sudah dibayar,, tapi belum juga diproses, JANGAN DIBATALKAN, nanti malah jadi lama (nunggu 3 hari), kalau dibiarkan saja, 1×24 jam otomatis dibatalkan (katanya, prakteknya sih ternyata beda). programmer/admin/sistem bukalapak memang agak “aneh”.
    Bukadompet yang sudah convenient aja sekarang diganti makelar pihak ke-3 “DANA”, malah jadi ribet, harus registrasi lagi terus install app.nya.

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Iya mas, kalau kasus saya kemarin kebetulan pihak Bukalapak yang membatalkan karena adanya laporan terhadap resi palsu (menggunakan resi yang status barangnya sudah delivered) dan tidak adanya konfirmasi dari penjual setelah diberi waktu oleh pihak Bukalapak untuk memberikan resi yang valid.
      Dari pengalaman saya tahun lalu, memang sistem Bukalapak terkait input resi masih memiliki celah untuk tindak penipuan.
      Kalau sekarang saya kurang tahu dengan sistem mereka, karena kebetulan tidak pernah menggunakan Bukalapak lagi sejak kejadian resi palsu ini, hehe

  4. Kamshory berkata:

    Saya mendapat masalah yang sama. Namun sudah 2 minggu lebih belum ada solusi dari Bukalapak padahal saya sudah berkali-kali menghubungi customer service.

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Wah, ternyata permasalahan terkait input resi palsu di Bukalapak masih belum teratasi juga ya mas?
      Apakah sama sekali tidak ada respon dari CS Bukalapak? Saran saya, coba mas Kamshory laporkan permasalahan yang dialami melalui Twitter Bukalapak https://twitter.com/bukalapak/ juga.
      Semoga permasalahannya dapat segera terselesaikan dengan baik.

  5. David johan berkata:

    Saya mengalami baru saja kemarin, Dan bari Ini menunggu status perubahan resi, kalo ga dirubah resi bodongnya kata admin Dana akan langsung masuk kembali ke akin saya. Apakah seperti Itu? Atau nunggu kambali 4×24 jam seperti pengalaman yang sudah2?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Dari pengalaman saya, pihak Bukalapak memberikan waktu 1×24 jam kepada pelapak untuk melakukan update resi yang valid, jika tidak maka dana akan langsung dikembalikan ke akun saya (saat itu masih menggunakan BukaDompet).
      Menurut saya, jika sudah membuat laporan kepada Bukalapak dilengkapi keterangan yang valid, insyaAllah dana akan aman dan tidak akan diteruskan kepada pelapak nakal.

  6. mrintroversive berkata:

    kalo pengalaman saya baru2 ini seller menginput resi palsu, ya pertama buat ngulur waktu pengiriman, kedua seller melakukan perubahan jasa ekspedisi, ketiga seller menginput resi palsu kedua kali dan meminta untuk saya selesaikan transaksinya. barangnya memang sampai, tapi cara servicenya mengecewakan pembeli. pembayaran diverifikasi tgl 12 dan paket tiba tgl 17, jasa yg dipilih JNE yg datang ke rumah Lion Parsel. usut2 punya usut setelah dicek notanya ternyata barang dikirim dari penjual berbeda a.k.a seller pertama adalah dropshipper. kira2 kata2 apa yg cocok buat seller semacam ini sebelum saya selesaikan transaksinya? o iya, ini pengalaman saya di tokopedopil*

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Iya gan, cara seperti ini memang terkadang sering digunakan oleh seller nakal untuk menunda atau mengulur waktu pengiriman.
      Seharusnya hal seperti ini bisa menjadi perhatian oleh pihak marketplace karena bisa jadi celah oleh seller nakal untuk melakukan penipuan.
      Semoga pengalaman “resi palsu” ini bisa menjadi pengalaman pertama sekaligus terakhir bagi agan.
      Saya baru tahu kalau ternyata “tokopedopil” juga memiliki celah di bagian input resi palsu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.