Ide Bisnis Kerajinan Tangan yang Bisa Jadi Cuan

16 November 2021 © Protected by COPYSCAPE

Kondisi pandemi seperti saat ini membuat ruang gerak menjadi terbatas, sehingga memaksa kita untuk lebih sering bertahan di rumah. Tentu saja, melakukan hobi adalah hal terbaik yang bisa dilakukan untuk melepas stres. Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan oleh sebagian besar orang untuk melepas penat dari rutinitas yang membuat stres. Hobi ini bentuknya bermacam-macam, bisa berupa kegiatan seperti olahraga atau bermain game. Selain itu, ada juga hobi yang dapat menghasilkan barang seperti melukis atau menjahit.

Namun, selain sekadar melepas penat dan stres, hobi juga bisa dijadikan lahan untuk mencari cuan. Berikut ini beberapa ide hobi dari kerajinan yang dapat kamu jadikan sebagai bisnis.

Beberapa Ide Kerajinan yang Berawal dari Hobi

Ide Bisnis Kerajinan Tangan yang Bisa Jadi Cuan

Ilustrasi bisnis kerajinan tangan

1. Membuat perhiasan

Dengan perkembangan sosial media yang semakin pesat ini, banyak masyarakat yang semakin meminati berbagai produk perhiasan, mulai dari cincin, kalung, gelang, hingga anting untuk menambah aksesoris tampilan di feed sosial media. Tidak hanya terbatas pada target pasar kaum hawa, saat ini perhiasan juga banyak dipakai oleh kaum laki-laki sebagai bahan pelengkap untuk keperluan fashion.

2. Jasa melukis

Bagi kamu yang memiliki skill menggambar atau melukis, tidak ada salahnya untuk membuka jasa melukis yang disesuaikan dari permintaan konsumen. Persaingan untuk usaha ini juga tidak terlalu ketat karena tentunya tidak semua orang memiliki skill menggambar atau melukis. Harga yang dipatok untuk satu lukisan pun cukup beragam, bisa disesuaikan dengan tingkat kesulitan, ongkos bahan-bahan yang digunakan, serta biaya jasa yang kamu berikan.

3. Bisnis camilan

Bisnis camilan merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan, terlebih ketika mendekati masa-masa perayaan hari besar seperti idul fitri atau natal. Kamu bisa menghasilkan berbagai jenis camilan, mulai dari nastar, putri salju, hingga stik keju.

Bagi kamu yang hobi memasak, maka bisnis jenis ini pasti sangat cocok karena kamu akan bisa melakukan apa yang disuka, ditambah bisa menghasilkan cuan dari sana.

4. Lilin aromaterapi

Peminat lilin aromaterapi semakin meningkat terus-menerus dan peningkatan ini merupakan peluang bagi kamu untuk terjun ke dalam bisnis lilin aromaterapi.

Dalam membuat lilin aromaterapi juga bisa dikatakan cukup mudah karena kamu hanya membutuhkan bahan-bahan seperti soy wax, palm wax, beeswax, dan mencampurkan essential oil ke dalam lilin untuk menambah aroma. Agar tampilan lilin lebih menarik, kamu juga dapat membuat lilin dengan bentuk yang unik agar produkmu semakin mudah dikenal di pasaran.

5. Jasa servis

Jika kamu adalah orang yang memiliki “tangan dingin” dalam urusan memperbaiki barang-barang di rumah, maka tidak ada salahnya untuk membuka jasa di bidang servis. Memperbaiki barang memiliki kepuasan sendiri bagi sebagian orang dan tentunya jika kamu adalah salah satu dari sebagian orang tersebut, maka bisnis ini akan menjadi bisnis yang tepat untuk kamu jalani.

Modal dan Bahan yang Harus Disiapkan

Berbicara tentang bisnis, tentu juga harus berbicara tentang modal, tidak terkecuali pada bisnis yang berawal dari hobi. Dalam membuat bisnis kerajinan tangan ada beberapa modal yang perlu dipersiapkan. Modal-modal tersebut meliputi:

1. Kreativitas

Modal pertama yang penting untuk dimiliki adalah kreativitas. Nilai jual dari bisnis ini adalah keunikan, maka hal paling esensial dari bisnis ini adalah kreativitas. Kamu dapat menggali kemampuan kreativitas dengan cara mencari referensi di media sosial seperti instagram, pinterest, hingga twitter.

2. Bahan untuk kebutuhan kerajinan

Modal ini adalah hal yang wajib kamu miliki karena tentu saja kamu membutuhkan bahan untuk membuat kerajinanmu. Sebagai contoh untuk membuka jasa lukis kamu tentu saja harus memiliki kanvas, cat, dan kuas.

3. Workspace

Selain dua hal yang sudah disebutkan di atas, kamu juga memerlukan workspace sebagai tempat kamu untuk menghasilkan kerajinan yang bisa membuatmu nyaman. Selain itu, workspace juga dapat berfungsi sebagai ruang steril untuk kamu menyimpan kerajinanmu.

4. Lemari dan rak

Hal yang terakhir yang kamu butuhkan adalah lemari dan rak untuk menyortir hasil kerajinamu agar tidak tercecer. Selain itu, lemari dan rak yang estetik dapat kamu manfaatkan juga sebagai latar belakang foto bila kamu ingin memasarkan karyamu di sosial media seperti instagram.

Tips Memulai Bisnis Kerajinan Tangan

Jika kamu sudah melengkapi bahan dan modal di atas, maka kamu sudah siap untuk memulai usaha baru di bidang kerajinan tangan. Namun, sebelum memulai bisnis baru ini, ada baiknya kamu melihat tips di bawah ini agar usahamu dapat berjalan lancar dan menghasilkan cuan.

1. Tentukan produk

Sebelum membuka usaha kerajinan tangan, kamu harus menentukan dahulu produk apa yang ingin kamu jual di pasaran. Ada baiknya kamu mencari tahu produk apa yang sedang laku di pasaran agar usaha dan modal yang kamu sudah keluarkan tidak sia-sia nantinya.

Selain melihat produk apa yang diinginkan pasar, kamu juga bisa menentukan produk berdasarkan spesialisasi kemampuan ditambah kreativitas yang kamu miliki.

Namun, perlu diketahui juga, meskipun produk yang kamu hasilkan tidak terlalu dicari oleh masyarakat, jika kualitas produk yang kamu hasilkan baik, maka bukan tidak mungkin kamu akan membuka pasar baru.

2. Tentukan target pasar

Semua model bisnis membutuhkan target pasar dan untuk menentukan target pasar kamu dapat melakukan analisa dan segmentasi masyarakat tersebut. Analisa ini meliputi daya beli, selera, umur hingga gender (jenis kelamin).

Jika kamu sudah menemukan target pasar yang cocok, maka kamu bisa fokus untuk mengejar target tersebut dan mengajak mereka untuk membeli produkmu.

3. Pelajari kompetitor

Mempelajari kompetitor dalam memulai usaha adalah hal yang penting karena berfungsi untuk membandingkan produk yang kamu buat dengan produk dari kompetitor.

Mempelajari kompetitor akan membuatmu lebih memahami selera pasar. Dalam usaha untuk mempelajari kompetitor, kamu bisa mulai dengan membandingkan beberapa hal seperti harga produk, kualitas produk, bahan, dan bentuk produk.

4. Promosi

Setelah kamu sudah melakukan tiga langkah di atas, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan promosi untuk mengenalkan produkmu kepada masyarakat.

Dalam melakukan promosi, kamu dapat menggunakan media sosial seperti twitter, instagram, atau facebook. Selain itu, kamu juga bisa bisa memanfaatkan platform marketplace seperti LaDaRa untuk menjual produkmu langsung kepada konsumen.

Nah, itulah tadi modal dan hal-hal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis di bidang kerajinan tangan yang bisa langsung kamu coba terapkan.

Semoga artikel ini membantu dan menginspirasi kamu untuk memulai bisnis baru di bidang kerajinan tangan. Semangat dan semoga sukses 🙂

Komentar pada artikel "Ide Bisnis Kerajinan Tangan yang Bisa Jadi Cuan"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
Belum ada riwayat komentar pada postingan ini. Jadilah yang pertama memberikan komentar atau pertanyaan melalui form komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.