Cellular Update Failed pada iPhone X

6 Februari 2021 © Protected by COPYSCAPE

iPhone X yang baru saya pakai sekitar 1 tahun lebih akhirnya bermasalah untuk pertama kalinya. Di saat sedang asyik-asyik mengetik chat di aplikasi WhatsApp, si iPhone tiba-tiba restart dan setelah itu muncul notifikasi bertuliskan “Celluler Update Failed. Your iPhone cannot make and receive calls or access cellular data until it has been updated”. Efeknya, iPhone tidak bisa menerima jaringan seluler dengan hanya tulisan “No Service” pada informasi kartu SIM yang biasanya ada di bagian pojok kiri atas layar.

Saya sempat terpikir apa mungkin karena diblokir oleh pemerintah Indonesia, tapi pikiran tersebut langsung terbantahkan karena iPhone yang saya miliki adalah ex garansi iBox (resmi) yang tentunya sudah bayar pajak dan bukan ex garansi internasional. Pada saat sedang ramai perbincangan tentang blokir IMEI pun, saya juga sempat melakukan pengecekan di website Kemenperin, hasilnya IMEI telah terdaftar di database. Jadi, kemungkinan iPhone saya diblokir oleh pemerintah sudah sangat terbantahkan.

Beberapa artikel yang saya temukan di internet menyebutkan bahwa kebanyakan penyebab dari masalah Cellular Update Failed adalah (1) kerusakan sistem operasi karena adanya kesalahan pada saat update iOS atau (2) kerusakan hardware pada bagian ic baseband.

Kemungkinan penyebab nomor 2 tentunya sangat tidak saya harapkan.

Cara yang Saya Lakukan untuk Mengatasi Cellular Update Failed pada iPhone X

Cellular Update Failed pada iPhone X

Cellular Update Failed pada iPhone X

Dengan notifikasi seperti di atas, hal utama yang perlu saya lakukan tentunya adalah dengan mengklik tombol Learn More untuk mengetahui lebih lanjut apa permasalahan yang saya alami dan bagaimana cara mengatasinya berdasarkan tutorial resmi yang disediakan oleh Apple di halaman https://support.apple.com/en-us/HT208733 (If you see an Update Failed or Apple Pay Not Available alert after iOS update or restart).

Inti dari artikel tersebut adalah memberikan tutorial pembaruan sistem operasi iOS menggunakan iTunes untuk memperbaiki adanya kemungkinan kerusakan sistem operasi dari versi iOS yang digunakan pada saat error terjadi. Semua langkah di tutorial itu sudah saya lakukan, bahkan hingga beberapa kali. Namun, hasilnya nihil. Notifikasi error masih muncul dan si iPhone X masih belum bisa menerima jaringan dari beberapa kartu SIM yang saya coba pasang.

Tidak hanya sampai di sana, tentunya saya riset ke beberapa artikel dan melakukan segala hal yang bisa saya lakukan terkait cara mengatasi masalah Cellular Update Failed atau Pembaruan Seluler Gagal ini. Beberapa cara yang sudah saya coba lakukan:

  • Menonaktifkan data seluler selama beberapa menit, kemudian mengaktifkannya kembali.
  • Mengaktifkan Airplane Mode selama beberapa menit, kemudian menonaktifkannya kembali.
  • Mengecek Update Carrier Settings pada menu About, tetapi pembaruan tidak tersedia.
  • Melakukan restart iDevice.
  • Mencabut, kemudian memasang kembali kartu SIM.
  • Mencoba beberapa kartu SIM dari operator yang berbeda (Telkomsel, Three, dan Smartfren).
  • Melakukan reset pengaturan jaringan (Reset Network Setting).
  • Melakukan update iOS dari iOS versi 14.2 ke iOS versi 14.3.

Yep, semua cara yang saya temukan di internet terkait cara mengatasi masalah Cellular Update Failed tersebut sudah saya lakukan, tetapi masalah masih belum teratasi. Alhasil, diagnosa terkuat sementara untuk permasalahan yang saya hadapi adalah karena kerusakan hardware, lebih tepatnya ic baseband.

Bagi Anda yang mengalami masalah serupa dengan saya, silakan coba lakukan 8 cara yang sudah saya sebutkan di atas. Semoga cara tersebut bisa bekerja dengan baik untuk mengatasi permasalahan di iPhone yang Anda miliki.

Pun setelah saya coba tanyakan permasalahan ini di forum pengguna iPhone yang ada di media sosial, mayoritas responden menyebutkan iPhone X saya mengalami kerusakan pada ic baseband, sehingga tidak bisa menangkap sinyal atau jaringan selular.

Masih berharap agar penyebab masalah yang saya hadapi bukan disebabkan oleh kerusakan ic baseband. Saya pun mencoba mencari kepastian lain dengan menghubungi Dukungan Resmi Apple di https://getsupport.apple.com. Sebenarnya saya tidak berharap banyak untuk mendapatkan respon atau bantuan dari pihak Apple karena iPhone X saya yang bermasalah ini sudah habis masa garansinya. Namun, di luar ekspektasi, ternyata pelayanan dukungan resmi dari Apple ini sangat responsif dan informatif. Setelah sedikit berbincang-bincang dan mendapatkan bantuan analisis permasalahan secara remote dan seizin saya, akhirnya saya mendapatkan kepastian dari pihak Apple bahwa penyebab masalah Celluler Update Failed pada iPhone X yang saya miliki adalah memang karena adanya kerusakan pada cellular module -atau yang sering disebut ic baseband oleh pengguna di Indonesia- sehingga perlu perbaikan atau pergantian cellular module-nya.

Hasil pengecekan secara remote oleh Tim Apple

Hasil pengecekan secara remote oleh Tim Apple

Ya, tidak ada cara lain lagi. Mau tidak mau saya harus membawa iPhone yang bermasalah ini ke tempat servis, karena jika tidak, iPhone X saya hanya akan menjadi iPhone X wifi only (yang identik dengan iPad).

Setelah riset ke beberapa akun media sosial tempat servis iPhone di sekitaran Banjarbaru, biaya servis ic baseband untuk iPhone X berkisar antara Rp1.500.000,- sampai Rp2.500.000,-. Harga yang bisa dikatakan lumayan mahal, tapi itu adalah risiko. Jika berani mengeluarkan uang untuk membeli perangkat elektronik yang bisa dikatakan mahal, tentu juga harus siap dengan biaya servisnya yang mahal.

Dengan pertimbangan harga, garansi, cara pelayanan, dan testimoni dari orang yang pernah menggunakan jasa servisnya, ahirnya saya memilih iColor Borneo yang selanjutnya akan saya ceritakan di dalam artikel pengalaman servis hp di iColor Borneo Banjarmasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.