Apa? BBM untuk Android dan iOS?

23 Oktober 2013 © Protected by COPYSCAPE

BBM untuk Android dan iOS? This is a big fenomena. Saat ini pengguna android dan iOS sedang asyik-asyiknya mendownload aplikasi BBM untuk android dan iOS mereka. Sedangkan saya, sebagai pengguna BlackBerry, entah kenapa merasa galau. Seharusnya saya senang karena sekarang “ruang lingkup” BBM menjadi lebih luas, sehingga bisa BBM-an dengan sanak keluarga saya yang mayoritas adalah pengguna android. Tapi juga tidak bisa dipungkiri, sebagai pengguna BlacBerry saya merasa bahwa sekarang smartphone BlackBerry tidak memiliki kelebihan lagi jika dibanding dengan gadget lain dengan sistem operasi android dan iOS yang teman-teman saya miliki. Apa sebenarnya yang dipikirkan oleh pihak Blackberry?

BBM untuk Android dan iOS

BBM untuk Android dan iOS

BBM untuk Android dan iOS?

Menanggapi fenomena ini, awalnya saya bingung kenapa bisa-bisanya pihak BlackBerry bersedia menyediakan aplikasi BBM untuk android dan iOS. Padahal sudah jelas bahwa satu-satunya kelebihan BlackBerry dibandingkan android dan iOS saat ini hanyalah pada aplikasi BBM-nya. Jika sekarang BBM juga tersedia di android dan iOS, maka apa lagi kelebihan BlackBerry? Aplikasinya yang sedikit? Proses restartnya yang lama? Paket BBM-nya yang mahal? Kelebihan pengeluaran IYA. Tapi terserahlah, karena itu memang haknya pihak BlackBerry.

Tapi, saya masih penasaran, kira-kira apa yang ada dipikiran pihak BlackBerry? Apakah ini strategi? Mungkin saja BlackBerry ingin lebih memperkenalkan fitur BBM-nya kepada pengguna android dan iOS. Selanjutnya ketika BBM sudah banyak didownload di perangkat android dan iOS, kemungkinan besar pihak BlackBerry akan melakukan monetize dengan menyelipkan iklan di dalam aplikasi BBM-nya. Dan, bisa saja ke depannya untuk menggunakan layanan BBM, pengguna android dan iOS harus berlangganan paket BBM juga. Kalaupun tidak, minimal, kemungkinan besar aplikasi BBM akan penuh iklan, karena kecil kemungkinan pihak BlackBerry akan menghadirkan BBM untuk Android dan iOS dengan status ‘gratis sepenuhnya’, pastinya pengguna BlackBerry akan iri.

Namun, apapun itu, bagi Anda pengguna android atau iOS yang ingin mendownload aplikasi BBM untuk android dan iOS, saya ucapkan selamat datang di dunia BBM dan selamat menikmati PING!!!, Test Contact, dan Broadcast Messenger 😀

1 komentar pada artikel "Apa? BBM untuk Android dan iOS?"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.