Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Praktis

23 Maret 2019 © Protected by COPYSCAPE

Ketika mengalami sakit di bagian tenggorokan Anda akan merasa tidak nyaman. Salah satunya saat mengalami radang tenggorokan. Rasanya ada yang menyendat dan bikin gatal. Berikut ini cara mengobati radang tenggorokan dengan praktis.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Praktis

Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Praktis

Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Praktis (Photo by ahchealthenews)

1. Kumur Air Garam

Cara mengobati penyakit radang tenggorokan dengan berkumur menggunakan air garam. Manfaatnya dapat meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman di bagian tenggorokan. Anda bisa berkumur dengan air garam secara rutin agar lendir di dalam tenggorokan dapat keluar dan mengurangi terjadinya pembengkakan karena radang.

Berkumur ini juga dapat menghilangkan bakteri penyebab terjadinya iritasi dan membuat Anda merasa lebih nyaman saat menelan. Lakukan secara rutin sampai terasa lega kembali. Anda bisa melakukannya di pagi dan malam hari.

2. Minum Cukup Air

Minum air putih dengan teratur agar cairan di dalam tubuh terpenuhi. Ini menjadi cara untuk mengobati radang tenggorokan agar tidak semakin parah. Minumlah air putih yang hangat delapan gelas sehari atau sesuai dengan kebutuhan.

Bisa juga membuat air hangat yang dicampur dengan jahe atau madu. Anda bisa meminumnya di pagi dan malam hari sebelum tidur. Ketika cairan tubuh terpenuhi ini menjadi cara untuk membuat lendir yang ada di dalam tenggorokan tetap menjaga kelembapannya dengan baik.

3. Pelega Tenggorokan

Anda bisa menggunakan cara mengobati radang tenggorokan dengan permen pelega tenggorokan. Bisa memilih dengan rasa ekstrak menthol, peppermint, atau pun eucalyptus. Kandungan dari permen pelega ini akan membuat tenggorokan terasa sejuk, sehingga tidak terjadi radang tenggorokan yang semakin parah.

Kandungan ini juga berfungsi sebagai antivirus, anti bakteri, dan anti peradangan. Anda juga bisa menggunakan permen untuk meningkatkan produksi air liur agar tenggorokan tidak kering. Permen ini bisa dikonsumsi dengan mudah dan kapan saja dibutuhkan.

4. Perasan Lemon

Lemon merupakan jenis buah yang sangat bermanfaat untuk membantu mengobati pembengkakan jaringan tenggorokan. Virus dan bakteri penyebab iritasi atau radang tenggorokan dapat diatasi dengan cepat.

Kandungan astringent akan bekerja mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan . Anda sebaiknya mengonsumsi perasan lemon ini dengan air hangat. Selain diminum juga bisa dikumur-kumurkan saja. Anda bisa mengonsumsi air perasan lemon ini secara rutin setiap harinya sampai masalah radang ini mengalami pengurangan.

5. Mandi Air Hangat

Cara lainnya untuk mengatasi masalah radang tenggorokan ini dengan mandi air hangat. Radang juga dapat terjadi karena terinfeksi kuman dan bakteri. Anda bisa menghilangkan penyebab ini dengan mandi menggunakan air hangat. Ini akan menghilangkan kuman dan bakteri serta meringankan pembengkakan yang terjadi karena peradangan.

Mandi air hangat tidak semata berendam, tetapi bisa dilakukan dengan menggunakan sabun seperti mandi biasanya. Pilihlah sabun yang tepat agar mampu membantu membasmi kuman dan penyakit yang membawa infeksi. Anda bisa menggosokkan sabun ke semua bagian tubuh tanpa terkecuali.

6. Menjaga Kebersihan Udara

Saat mengalami radang tenggorokan penting untuk memastikan udara di dalam ruangan rumah dalam keadaan yang bersih. Udara yang bersih akan membantu memberikan kesegaran pada tenggorokan dan dapat terasa lebih baik. Pastikan pertukaran udara di dalam ruangan berlangsung dengan optimal atau lancar.

Cara mengobati radang tenggorokan ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Anda dapat menjadikannya langkah rutin setiap akan terasa masalah terjadi pada tenggorokan seperti rasa tidak nyaman. Hindarilah untuk makan-makanan yang tidak sehat selama mengalami radang ini. Hindari juga untuk keluar rumah tanpa menggunakan masker karena dapat memperparah kondisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.