7 Makanan Kaya Kandungan Asam Folat yang Wajib Dikonsumsi Bumil

19 Maret 2019 © Protected by COPYSCAPE

Memang pada dasarnya resiko bayi lahir cacat memang begitu tinggi, entah itu cacat yang berhubungan dengan fisik maupun mental. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, salah satu diantaranya adalah karena wanita yang sedang hamil kekurangan sumber nutrisi yaitu asam folat dalam tahap pembentukan janin tersebut, atau pada trimester pertama. Padahal tentu tak asing lagi dengan pentingnya asam folat untuk ibu hamil dan mau hamil bukan?

Bahkan beberapa diantara pasangan yang sudah mulai mempersiapkan kehamilan tak jarang yang sudah mengkonsumsi multivitamin yang kaya asam folat secara rutin, dengan tujuan sudah mulai mempersiapkan rahim dan asupan nutrisi untuk persiapan pembuahan.

7 Makanan Kaya Kandungan Asam Folat yang Wajib Dikonsumsi Bumil

7 Makanan Kaya Kandungan Asam Folat yang Wajib Dikonsumsi Bumil

7 Makanan Kaya Kandungan Asam Folat yang Wajib Dikonsumsi Bumil

Asam folat atau yang dikenal sebagai vitamin B9 tersebut sebenarnya banyak terkandung dalam beberapa sumber makanan, diantaranya adalah:

  1. Hati ayam dan juga sapi, bahan makanan yang satu ini kaya akan kandungan asam folat, namun jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya, karena juga kaya akan zat purin.
  2. Sayuran hijau, seperti bayam, asparagus, buncis dan juga lobak, pastikan untuk mengolahnya secara tepat, karena vitamin B9 atau yang dikenal sebagai asam folat ini mudah sekali hilang ketika cara mengolahnya kurang tepat.
  3. Buah-buahan, diantaranya adalah buah alpukat, jeruk, tomat, pisang hingga buah bit, perbanyak konsumsinya untuk mencukupi kebutuhan asam folat. Sebaiknya dikonsumsi secara langsung atau tidak dicampur dengan bahan lain.
  4. Biji-bijian, sumber lain dari biji-bijian yang mengandung banyak vitamin B9 adalah biji bunga matahari, gandum dan juga jagung.
  5. Kacang-kacangan, sumber makanan ini juga tak hanya dikenal kaya akan vitamin E saja, melainkan juga B9 khususnya adalah kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah hingga kacang polong.
  6. Telur, khususnya di bagian kuningnya.
  7. Sereal, bisa dijadikan sebagai pilihan menu sarapan yang kaya asam folat dan juga bagus untuk kesehatan jantung.

Kebutuhannya juga dapat dipenuhi dari multivitamin ibu hamil paling lengkap, temukan di Go Apotik. Ini adalah pilihan terbaik bagi wanita hamil, apalagi pada masa kehamilan trimester pertama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.