Cara Pasang GPS Mobil dengan Mudah dan Kelebihannya

3 Maret 2019 © Protected by COPYSCAPE

GPS yang dipasang pada mobil berguna untuk mengantisipasi pencurian. Jadi, ketika mobil dicuri maka akan lebih mudah menemukan keberadaannya. GPS juga akan mencatat riwayat perjalanan mobil yang bermanfaat sekali untuk mobil rental. Berikut ini saya bagikan cara pasang GPS mobil dengan mudah dan kelebihan yang didapatkan dengan adanya GPS.

Cara Pasang GPS Mobil dengan Mudah dan Kelebihannya

Cara Pasang GPS Mobil dengan Mudah dan Kelebihannya

Cara Pasang GPS Mobil dengan Mudah dan Kelebihannya

1. Pahami Listrik

Cara yang pertama ialah memahami tentang kelistrikan agar Anda bisa memahami cara pemasangannya pada mesin mobil. Cara ini bisa dipelajari lewat internet dengan melihat tutorial. Listrik yang dimaksud adalah memahami bagian arus yang ada di mobil.

2. Menyiapkan dan Merakit

Anda perlu menyiapkan komponen untuk pemasangan GPS. Perlu ada GPS, kabel, sekring, unit relay + socket, 1 set microphone dan 1 set tombol SOS untuk GT06/N dan buku petunjuk. Setelah tersedia bisa merakitnya dengan perlahan dan bertahap. Jangan sampai melakukan kesalahan yang dapat berisiko merusak GPS. Mengingat harganya yang tidaklah murah.

3. Langah Memasang GPS

Cara pasang GPS mobil dimulai dengan mengambil 2 buah kabel yaitu kabel plus yang berwarna merah dan kabel minus berwarna hitam. Kabel plus merah sering disebutnya dengan power dan kabel merah disebut dengan ground.

Selanjutnya Anda perlu memastikan bahwa kabel plus yang berwarna merah sudah tersambung dengan bagian sekring. Tujuannya untuk mencegah terjadinya arus pendek yang berisiko pada GPS saat dipasang nantinya. Saat membeli kabel pastikan Anda telah mengecek kualitasnya dengan hati-hati agar tidak berisiko terjadinya konslet.

4. Pengaktifan Sim Card

Anda bisa menghidupkan GPS dengan Sim card dengan memilih jenis kartu yang biasa dipakai. Bisa simpati, XL, atau pun mentari. Bisa juga memilih kartu halo yang prabayar dengan paket data 1 tahun dan Anda tidak dibuat repot untuk bayar setiap waktu.

Lakukan registrasi dan pengaktifkan kartu, setelah selesai langsung daftarkan untuk pemakaian paket data. Pilihlah kartu yang memang sudah biasa Anda pakai agar bisa menentukan bujet bulanannya dan bisa mengetahui berapa lama pemakaian kartu tersebut saat diaktifkan GPS-nya. Bisa juga dengan memilih kartu yang kondisi sinyalnya stabil untuk digunakan.

5. Gunakan GPS Tracker

Gunakan GPS tracker yang saat pemasangannya posisikan dengan tepat sesuai degan letak atenanya. Jika Anda tidak tepat meletakkannya bisa mempengaruhi akuratnya kerja GPS nanti. Kartu yang sudah disiapkan tadi masukkan ke dalam GPS tracker dengan posisi GPS yang sedang OFF. Setelah selesai baru tekan tombol on dan alat GPS akan mulai loading dan lampu indikator akan mulai menyala.

Anda akan mengetahui status sinyal yang terbaca oleh GPS adalah warna biru untuk konstan dan normal. Indikator baterai dengan warna led merah. Warna lampu akan menyala terus menerus ketika sedang dilakukan pengisian baterai. Jika ingin melakukan pengaturan dengan parameter yang diinginkan. Hati-hatilah saat mengaturnya saat sampai terjadi kesalahan.

6. Mengatur Parameter GPS

Anda bisa menerapkan cara mengatur parameter GPS dengan lebih mudah. Caranya mengirimkan SMS dari HP sebagai pengontrol ke nomor yang digunakan pada GPS. Pastikan format SMS yang dikirimkan sudah benar. Periksalah dengan pasti agar tidak terjadi kesalahan yang berisiko dengan alat GPS tersebut.

Terapkan cara pasang GPS mobil ini dengan perlahan-lahan agar tidak ada langkah yang ketinggalan. Anda bisa mencobanya di berbagai merek mobil yang digunakan. Jika membutuhkan mobil yang bisa dipasangkan GPS bisa mencari di mobil88.astra.co.id. Anda akan mendapatkan solusi yang tepat untuk jenis mobil terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.