Cara Cek Keaslian Layar iPhone

21 Juni 2020 © Protected by COPYSCAPE

Artikel cara cek keaslian layar iPhone ini saya buat sebagai rangkuman dari banyaknya pertanyaan tentang bagaimana cara memastikan dan mengecek apakah layar iPhone masih asli (bawaan pabrik) atau sudah diganti di kolom komentar artikel Cara Cek iPhone Refurbish (Rekondisi) atau Original dengan 3uTools.

Sejauh yang saya tahu saat ini, ada 2 cara untuk mengecek keaslian layar iPhone, yaitu mengecek keberadaan fitur True Tone pada pengaturan tampilan iPhone dan mengecek keaslian layar iPhone menggunakan aplikasi 3uTools. Mari kita bahas satu per satu.

Cek Keaslian Layar iPhone dengan Mengecek Fitur True Tone

Cara ini hanya bisa diterapkan pada iPhone seri 8 ke atas karena iPhone seri 7 ke bawah tidak memiliki fitur True Tone. Bagi pengguna iPhone seri 7 ke bawah, silakan lihat pembahasan cara cek keaslian layar iPhone menggunakan 3uTools.

Fitur True Tone pada iPhone berfungsi mengubah white balance di layar secara otomatis sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar perangkat iPhone. Saya pribadi sebenarnya jarang mengaktifkan fitur ini dengan alasan penghematan baterai.

Untuk mengecek keaslian layar iPhone dengan fitur True Tone ini sebenarnya sangat mudah. Anda bisa masuk ke aplikasi Settings, buka menu Display & Brightness, dan silakan lihat apakah ada fitur True Tone di dalam pengaturan tersebut. Jika fitur True Tone tidak ada di menu pengaturan tersebut, maka bisa dipastikan bahwa layar sudah tidak asli bawaan pabrik atau sudah pernah diganti, sebaliknya, jika fitur True Tone ada di pengaturan tersebut, maka kemungkinan besar layar iPhone yang Anda gunakan masih asli dan original bawaan pabrik.

Kenapa fitur True Tone bisa dijadikan sebagai indikator keaslian layar? Menurut catatan di iFixit, teknologi Ambient Light Sensor yang digunakan untuk fitur True Tone pada iPhone dapat mengenali kode khusus dari setiap mesin iPhone (Logicboard) dan harus cocok agar dapat berfungsi dengan baik. Artinya, jika layar iPhone diganti dengan layar dari perangkat iPhone lainnya (meskipun sama-sama original Apple), fitur True Tone dan Autobrightness tidak akan tampil.

Namun ada pengecualian, jika proses penggantian ini dilakukan oleh Apple, maka ada alat khusus yang digunakan untuk membuat layar baru dan mesin tersebut dapat diselaraskan, sehingga fitur True Tone dapat tampil dan digunakan dengan baik.

Mudah, bukan? Namun perlu diketahui bahwa cara pengecekan keaslian layar iPhone ini hanya bisa diterapkan pada iPhone seri 8 ke atas karena iPhone seri 7 ke bawah belum memiliki fitur True Tone. Bagi pengguna iPhone seri 7 ke bawah, Anda bisa mengecek keaslian layar iPhone dengan menggunakan aplikasi 3uTools.

Cek Keaslian Layar iPhone Menggunakan Aplikasi 3uTools

Cara cek keaslian layar iPhone menggunakan aplikasi 3uTools ini hanya bisa digunakan untuk pengguna Windows karena aplikasi 3uTools (sejauh ini) belum tersedia untuk macOS dan Linux.

Langkah-langkah untuk mengecek keaslian layar iPhone ini sama dengan langkah-langkah pada artikel Cara Cek iPhone Refurbish (Rekondisi) atau Original dengan 3uTools, hanya saja pada bagian ini saya akan lebih fokus untuk membahas tentang interpretasi keaslian layar iPhone.

  1. Download aplikasi iTunes melalui situs resminya (sesuaikan dengan versi Windows yang Anda gunakan), kemudian instal.
  2. Download aplikasi 3uTools melalui situs resminya, kemudian instal.
  3. Buka aplikasi 3uTools.
  4. Sambungkan iPhone ke laptop/PC menggunakan kabel lightning.
  5. Jika sudah terhubung, aplikasi 3uTools akan menampilkan informasi device iPhone Anda gambar di bawah ini.

    Informasi iDevice di 3uTools

    Informasi iDevice di 3uTools

  6. Klik View Verification Report. Jika muncul jendela Permission Reminder, maka pilih Authorize to View. Pastikan laptop/PC yang Anda gunakan terhubung ke internet karena fitur View Verification Report ini memerlukan koneksi internet agar bisa digunakan.
  7. Jika fitur berfungsi dengan normal, maka akan muncul pop up 3uTools iDevice Verification Report.
    3uTools iDevice Verification Report iPhone X

    3uTools iDevice Verification Report iPhone X

    Hasil 3uTools iDevice Verification Report untuk pengecekan perangkat iPhone 6 yang saya miliki.

    3uTools iDevice Verification Report iPhone 6

    3uTools iDevice Verification Report iPhone 6

    Nilai Normal menunjukkan bahwa komponen yang diuji merupakan komponen original dan belum pernah diganti.
    Nilai may be assembled atau may be changed menunjukkan bahwa komponen yang diuji merupakan komponen yang sudah pernah diganti atau bukan bawaan pabriknya lagi.

    Test Result pada hasil pengecekan iPhone X memberikan nilai Normal pada semua test item, sedangkan pengecekan iPhone 6 memberikan hasil may be assembled dan may be chaged pada test item baterai dan kamera depan.
    Hasil tersebut bisa dikatakan akurat karena memang benar adanya bahwa saya pernah melakukan penggantian baterai dan layar pada iPhone 6 yang saya miliki.

Selanjutnya kita fokus pada hasil pemeriksaan untuk test item screen serial number dan front camera pada pemeriksaan iPhone 6. Pada kasus ini saya sudah tahu bahwa layar iPhone 6 sudah pernah diganti, sehingga pada kesimpulan akhir nanti bisa kita jadikan sebagai penguat.

Pada kolom read value untuk test item serial screen number bertuliskan User decision needed karena 3uTools memang tidak bisa membaca nomor serial dari layar yang digunakan pada iPhone. Sebagai gantinya, untuk mengecek keaslian layar pada iPhone, kita bisa melihat pada hasil test item untuk front camera (kamera depan). Jika hasil pengecekan pada kamera depan menyebutkan bahwa komponen sudah diganti, maka kemungkinan besar layar iPhone sudah tidak original bawaan pabrik atau sudah pernah diganti.

Kenapa hasil pengecekan kamera depan bisa menjadi indikator apakah layar sudah pernah diganti atau tidak? Menurut artikel yang ditulis oleh pihak 3uTools pada Additional Explanations for 3uTools iDevice Verification Report, disebutkan bahwa:

The sole screen serial number can not be read, thus, 3uTools can not verify if the device screen is replaced or not. The display accessories assembly includes the LCD display, touch screen, front camera, earpiece, sensor and other accessories. Most repair men would not replace the camera from old assembly to the new assembly, because it may easily get damaged to dismantle the assembly. In short, if a repair man want to replace the display accessories assembly, he may need to replace the whole one.

Therefore, if the factory value of front camera does not match to the detected value, the screen display may be changed.

Yang artinya kurang lebih menyatakan bahwa 3uTools tidak bisa membaca serial number dari layar iPhone karena komponen layar terhubung dengan komponen-komponen lain seperti layar sentuh, kamera depan, earpiece, sensor, dan beberapa aksesoris lainnya. Pada kasus penggantian layar iPhone, memasang kamera depan bawaan yang lama ke dalam layar yang baru biasanya sangat berisiko dan tidak mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, biasanya pada saat mengganti layar iPhone, kamera depan juga akan diganti dan pada bagian ini lah kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kemungkinan besar layar sudah diganti jika hasil pembacaan pada kamera depan sudah diganti.

Pengambilan kesimpulan ini juga diperkuat dengan saya yang bisa memastikan bahwa layar iPhone 6 yang digunakan pada pengecekan sudah pernah diganti.

Sekian informasi yang bisa saya bagikan. Jika ada pertanyaan terkait cara cek keaslian layar iPhone atau komponen iPhone lainnya, silakan tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.