Cara Jailbreak iPhone 6 iOS 12.1.4

4 Maret 2019 © Protected by COPYSCAPE

Sebagai pengguna iPhone, ini adalah pertama kalinya saya tertarik untuk melakukan jailbreak pada iPhone 6 yang sudah saya gunakan 3 tahun terakhir ini. Keinginan ini bermula sejak saya merasa nyaman menggunakan home gesture ala iPhone X pada iPad yang baru saya beli beberapa minggu yang lalu. Experience menggunakan home gesture terasa sangat memudahkan bagi saya untuk mengoperasikan iPad tanpa harus menggunakan tombol home yang ada di bagian bawah layar. Saking terbiasanya menggunakan home gesture di iPad, kebiasaan ini terbawa ketika saya menggunakan iPhone 6, yang sayangnya tidak support home gesture. Oleh karena itu, saya coba melakukan riset dan akhirnya menemukan cara menggunakan home gesture ala iPhone X di iPhone 6. Caranya adalah dengan melakukan jailbreak. Dan, sejak saat itu saya memutuskan untuk melakukan jailbreak pada iPhone 6 yang saya gunakan sebagai daily driver ini.

Kendala yang saya alami adalah belum tersedianya tools jailbreak yang support untuk iPhone 6 dengan iOs 12.1.4. Setelah melempar pertanyaan di beberapa forum (Facebook dan Telegram), saya menemukan solusi untuk kendala yang pertama, yaitu melakukan downgrade ke iOS 12.1.1 beta 3. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan jailbreak, silakan segera downgrade ke iOS 12.1.1 beta 3 selagi proses downgrade masih di-sign (diziinkan) oleh pihak Apple.

Secara umum, cara untuk jailbreak iPhone 6 yang saya lakukan adalah:

  1. Downgrade iPhone 6 iOS 12.1.4 ke iOS 12.1.1 beta 3.
  2. Jailbreak menggunakan tools rootlessJB pada iPhone 6 iOS 12.1.1 beta 3.

Cara Downgrade iPhone 6 iOS 12.1.4 ke iOS 12.1.1 beta 3

Untuk melakukan downgrade ke iOS 12.1.1 beta 3, ada 2 cara yang saya ketahui, yaitu menggunakan software 3uTools atau iTunes.

Berdasarkan pengalaman, saya menggunakan iTunes untuk downgrade iPhone 6 yang saya miliki ke iOS 12.1.1 beta 3 karena kebetulan software 3uTools belum support untuk macOS (hanya support Windows). FYI, iTunes support untuk macOS dan Windows. Berikut langkah-langkah yang saya lakukan untuk downgrade iPhone 6 iOS 12.1.4 ke iOS 12.1.1 beta 3.

  1. Download file firmware iOS 12.1.1 beta 3 di website The iPhone Wiki. Pastikan Anda mendownload firwmare iOS 12.1.1 beta 3 untuk iPhone 6, ukurannya sekitar 3,1GB.
  2. Pastikan Anda menggunakan iTunes versi terbaru. Untuk macOS, Anda bisa melakukan pengecekan tab Updates di aplikasi App Store. Versi iTunes yang saya gunakan untuk downgrade pada tanggal 2 Maret 2019 yang lalu adalah iTunes versi 12.8.2.3.
  3. Matikan fitur Find My iPhone di perangkat iPhone dengan cara buka Settings – Menu pengaturan iCloud (yang paling atas) – iCloud – Find My iPhone – Matikan.
  4. Log out dari akun iCloud (optional).
  5. Hubungkan iPhone ke PC (entah di iMac, Macbook, laptop Windows, atau PC Windows).
  6. Buka iTunes, tunggu hingga iPhone dan iTunes terhubung. Jika muncul windows Verifikasi, maka silakan pilih Trust atau Allow (saya kurang ingat pilihannya).
  7. Klik ikon iPhone kecil yang ada di bagian kiri atas menu.

    Ikon iPhone Kecil - Cara Jailbreak iPhone 6 iOS 12.1.4

    Ikon iPhone Kecil – Cara Jailbreak iPhone 6 iOS 12.1.4

  8. Jika Anda menggunakan Windows, maka klik dan tahan tombol SHIFT dan klik Check for Update. Jika Anda menggunakan Mac, maka klik dan tahan tombol Option dan klik Check for Update. Cari file firmware yang telah didownload sebelumnya, kemudian klik Open.

    Check for Update Cara Jailbreak iPhone 6 iOS 12.1.4

    Check for Update – Cara Jailbreak iPhone 6 iOS 12.1.4

  9. Selanjutkan akan muncul beberapa pop up konfirmasi atau verifikasi (saya kurang ingat pop up apa saja), silakan ikuti saja alurnya.
  10. iPhone akan restart dan aktif dengan tampilan sama seperti saat pertama kali aktivasi iPhone. Silakan ikuti saja langkah-langkah yang ada.
  11. Jika aktivasi berhasil, silakan buka menu Settings – General – About, maka versi iPhone Anda sekarang akan menjadi 12.1.1 (16C5050a).

Oke, 1 tahap sudah selesai, sekarang waktunya untuk melakukan jailbreak pada iPhone 6 iOS 12.1.1. beta 3 menggunakan rootlessJB.

Cara Jailbreak iPhone 6 iOS 12.1.1 beta 3

Untuk melakukan jailbreak berdasarkan pengalaman saya, Anda memerlukan:

  1. PC (Mac atau perangkat Windows).
  2. Aplikasi Cydia Impactor (download dan sesuaikan dengan sistem operasi yang Anda gunakan).
  3. File ipa rootlessJB terbaru (saya menggunakan rootlessJB v3.2.8).

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Install aplikasi Cydia Impactor.
  2. Hubungkan iPhone dengan PC.
  3. Kunjungi link http://appleid.apple.com/ dan login menggunakan AppleID Anda. Scroll ke menu Security dan klik Generate Password pada bagian APP-SPESIFIC PASSWORDS. Tuliskan “ImpactorApp” pada kolom yang muncul, kemudian klik Create. Selanjutnya Anda akan mendapatkan password. Silakan simpan password tersebut untuk digunakan pada saat menginstall aplikasi menggunakan Cydia Impactor nantinya.
  4. Buka aplikasi Cydia Impactor. Jika iPhone dan Cydia Impactor sudah terhubung, maka akan muncul nama device iPhone Anda pada kolom pertama.

    Cydia Impactor Cara Jailbreak iPhone 6 iOS 12.1.4

    Cydia Impactor – Cara Jailbreak iPhone 6 iOS 12.1.4

  5. Drag dan drop file rootlessJB3.2.8.ipa yang sudah didownload ke jendela aplikasi Cydia Impactor, kemudian masukkan email AppleID dan kode yang sudah didapatkan pada langkah 3.
  6. Setelah aplikasi rootlessJB terinstal, buka iPhone Anda kemudian masuk ke Settings – General – Profile & Device Management. Masuk ke profile yang Anda buat dengan AppleID dan tekan tombol Trust. Sampai tahap ini, aplikasi rootlessJB sudah bisa dibuka.
  7. Buka aplikasi rootlessJB, biarkan menggunakan pengaturan default. Selanjutkan klik Jailbreak dan tunggu beberapa saat. Jika iPhone mengalami spring, maka proses jailbreak berhasil, namun jika iPhone Anda mengalami restart, maka proses jailbreak belum berhasil dan silakan ulangi langkah jailbreak.

Spring iPhone ditandai dengan layar hitam pada keseluruhan layar dan ada logo loading di tengah layar.

Pada beberapa kesempatan, iPhone saya mengalami restart (gagal jailbreak), langkah yang saya lakukan biasanya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat, kemudian mengulangi langkah 7 lagi hingga akhirnya mengalami spring (jailbreak sukses).

Jika sudah sampai pada tahap iPhone mengalami spring, maka iPhone Anda sudah ter-jailbreak dan Anda sudah bisa menginstal tweak Cydia yang sudah disupport oleh rootlessJB, seperti Neptune (home gesture ala iPhone X), AnimationBeFast (untuk mengatur kecepatan animasi di iPhone), dan masih banyak lagi.

Repository tweak bisa Anda akses melalui link berikut iOS 12 Cydia tweak compatibility list for rootlessJB.

Bagi para mastah yang punya kumpulan link repository tweak dan ingin membantu kami para newbie dalam hal jailbreak, sangat saya harapkan untuk menambahkan melalui kolom komentar 😀

Untuk meng-instal tweak, Anda hanya perlu mengunjungi link repository tweak, kemudian Open with Filza, buka file download, klik instal, lalu klik respring.

Saya rasa, itu saja artikel tentang Cara Jailbreak iPhone 6 iOS 12.1.4 yang bisa saya bagikan. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, ditambahkan, atau dikoreksi, silakan tuliskan di kolom komentar. Semoga bisa bermanfaat.

Oh ya, sekedar disclaimer, silakan ikuti cara yang saya bagikan di atas dengan risiko yang Anda tanggung sendiri. Saya tidak menjamin cara ini bisa berhasil di semua perangkat. Yang pasti, cara ini sudah berhasil saya terapkan pada iPhone 6 iOS 12.1.4 saya.

2 komentar pada artikel "Cara Jailbreak iPhone 6 iOS 12.1.4"

  1. anonymous berkata:

    ARTIKEL GAK GUNA, UDAH GAK BISA DIDOWNGRADE X , APPLE UDAH TUTUP JALUR AKSES DOWNGRADE NYA, JGN ASAL BKIN POSTINGAN BRO, CARI TAU DILU

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Saya membuat artikel ini saat Apple masih signed untuk downgrade ke iOS 12.1.1 beta 3 bro (4 Maret 2019, coba teliti lagi kapan artikelnya publish), kalau saat bro akses artikel ini dan Apple sudah menutup jalur downgrade-nya, santai, bukan salah saya 😀
      Lagian, untuk apa saya bikin postingan asal, lah niat saya untuk membantu dan berbagi, kalau asal ya buat apa saya capek-capek nulis 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.