Cara Cek iPhone Refurbish (Rekondisi) atau Original dengan 3uTools

3 Agustus 2019 © Protected by COPYSCAPE

Smartphone dengan merk apel digigit, iPhone hingga saat ini memang masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari masih ramainya grup dan akun jual beli iPhone yang saya ikuti di media sosial, mayoritas diantaranya melakukan jual beli iPhone second atau bekas. Selain itu, saat ini semakin marak juga toko online atau offline yang menyediakan iPhone, baik baru maupun bekas. Dari sekian banyak penjual iPhone second yang saya tahu, semuanya mengklaim bahwa barang yang mereka jual anti rekondisi (semua komponen di dalamnya masih original), namun tanpa adanya pembuktian. Oleh karena itu, di dalam artikel ini, saya akan bagikan bagaimana cara melakukan pengecekan apakah iPhone yang akan kita cek ini merupakan iPhone refurbish (rekondisi) atau masih original menggunakan aplikasi 3uTools.

Cara Cek iPhone Refurbish (Rekondisi) atau Original dengan 3uTools

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan pengecekan apakah iPhone yang ingin Anda beli atau yang sudah Anda miliki saat ini original atau refurbish:

  1. Download software 3uTools di situs resminya 3uTools, kemudian install seperti biasa di laptop/PC yang menggunakan OS Windows (hingga artikel ini ditulis, aplikasi 3uTools belum support untuk Mac dan Linux).
  2. Buka aplikasi 3uTools.
  3. Sambungkan iPhone ke laptop/PC menggunakan kabel lightning.
  4. Jika sudah terhubung, aplikasi 3uTools akan menampilkan informasi device iPhone Anda gambar di bawah ini.

    Informasi iDevice di 3uTools

    Informasi iDevice di 3uTools

  5. Klik View Verification Report. Jika muncul jendela Permission Reminder, maka pilih Authorize to View. Pastikan laptop/PC yang Anda gunakan terhubung ke internet karena fitur View Verification Report ini memerlukan koneksi internet agar bisa digunakan.
  6. Jika fitur berfungsi dengan normal, maka akan muncul pop up 3uTools iDevice Verification Report. Berikut hasil verifikasi untuk iPhone 6 dan iPhone X yang saya miliki.
    3uTools iDevice Verification Report iPhone 6

    3uTools iDevice Verification Report iPhone 6

    3uTools iDevice Verification Report iPhone X

    3uTools iDevice Verification Report iPhone X

    Nilai Normal menunjukkan bahwa komponen yang diuji merupakan komponen original dan belum pernah diganti.
    Nilai may be assembled atau may be changed menunjukkan bahwa komponen yang diuji merupakan komponen yang sudah pernah diganti atau bukan bawaan pabriknya lagi.

    Test Result pada hasil pengecekan iPhone X memberikan nilai Normal pada semua test item, sedangkan pengecekan iPhone 6 memberikan hasil may be assembled dan may be chaged pada test item baterai dan kamera depan.
    Hasil tersebut bisa saya katakan akurat memang benar adanya saya pernah melakukan penggantian baterai dan layar pada iPhone 6 yang saya miliki.

    Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari grup pengguna iPhone, hasil tidak normal atau may be changed pada test item kamera depan menunjukkan bahwa layar sudah pernah diganti.

Nah, seperti itulah kiranya cara melakukan pengecekan iPhone refurbish (rekondisi) atau original dengan menggunakan bantuan aplikasi 3uTools. Saya harap, bagi Anda yang berencana untuk membeli iPhone second, Anda bisa lebih berhati-hati dan bisa meminta penjual untuk memperlihatkan hasil screenshot pengecekan menggunakan aplikasi 3uTools agar tidak sampai salah beli iPhone refurbish atau iPhone rekondisi.

Semoga bermanfaat 🙂

9 komentar pada artikel "Cara Cek iPhone Refurbish (Rekondisi) atau Original dengan 3uTools"

  1. Ali berkata:

    Mas mau tanya. Itu kok hasil screen serial numbernya N/A ? Need user decision needed. Apa itu normal ? Punya saya juga gitu soalnya

    1. Muhammad Riduan berkata:

      iPhone seri X ke atas ya mas? Dari info yang pernah saya baca, 3uTools memang tidak bisa membaca data serial screen number untuk iPhone seri X ke atas, jadi kalau hasil verifikasi N/A, normal saja.
      Sekedar info saja untuk pengecekan LCD, 3uTools memang tidak bisa menentukan apakah LCD yang digunakan masih original atau sudah diganti mas.

      1. Ali berkata:

        Iya mas bener , ini saya pake iphone xs. Kok hasilnya N/A sempet kaget. Eh ternyata emang ga bisa detect lcd ip x ke atas. terimakasih mas jawaban nya sangat membantu sekali.. Sukses teruss
        Oiya mas kalo true tone dan face id buat iphone x ke atas apakah bisa dijadikan tolak ukur? Misal jika ipx trutrone dan face id normal maka layar masih ori. Jika sebaliknya truetone off dan faceid off brarti layar sudah pernah diganti ?

        1. Muhammad Riduan berkata:

          Iya mas, sejauh yang saya tahu 3uTools memang tidak bisa membaca serial screen number untuk iPhone seri X ke atas. Jadi, iPhone Xs mas Ali normal kok, hehe
          Terkait apakah ada hubungan antara layar masih ori dengan fitur true tone, setahu saya ada mas. Menurut info yang pernah saya baca, jika pada dasarnya iPhone memiliki fitur true tone, namun ketika dicek hasilnya tidak ada fitur true tone, maka bisa dikatakan kalau layarnya sudah bukan layar bawaan lagi. Namun, kalau hubungan antara layar dengan faceID, saya belum pernah menemukan informasi terkait mas.

  2. Ahzanas Syafaat berkata:

    Kalau untuk Iphone seri 6s plus atau dibawah yg Seri X apa bisa di jadikan tolak ukur yg dpt di percaya abang2 yg baik Hati…?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Kalau menurut saya, bisa bang Ahzanas Syafaat yang baik hati, kebetulan saya pernah mencoba 3uTools untuk pengecekan device iPhone 6 dan hasilnya akurat 👍

  3. Teuku Sy berkata:

    Terimakasih bang Muhammad Riduan, artikel ini sangat bermanfaat.
    Smoga berkah buat antum bang.. Aamiin

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Alhamdulillah, terima kasih bang Teuku Sy, semoga keberkahan juga selalu untuk antum, Aamiin yaa Allah.

  4. Nur berkata:

    Gan, saya test iphone 6splus saya di 3utools dan di verification report nya kenapa N/A ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.