Cara Cek iPhone Refurbish (Rekondisi) atau Original dengan 3uTools

3 Agustus 2019 © Protected by COPYSCAPE

Smartphone dengan merk apel digigit (iPhone) hingga saat ini memang masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari masih ramainya grup dan akun jual beli iPhone yang saya ikuti di media sosial, mayoritas diantaranya melakukan jual beli iPhone second atau bekas. Selain itu, saat ini semakin marak juga toko online atau offline yang menyediakan iPhone, baik produk baru maupun bekas. Dari sekian banyak penjual iPhone second yang saya tahu, semuanya mengklaim bahwa barang yang mereka jual anti rekondisi (semua komponen di dalamnya masih original), tetapi tanpa adanya pembuktian. Oleh karena itu, di dalam artikel ini, saya akan bagikan bagaimana cara melakukan pengecekan apakah iPhone yang akan kita cek ini merupakan iPhone refurbish (rekondisi) atau masih original menggunakan aplikasi 3uTools.

Sekadar informasi bagi yang bertanya apa itu 3uTools dan apa fungsi 3uTools pada iPhone. 3uTools adalah aplikasi all-in-one tool untuk perangkat iPhone (iOS) sejenis iTunes, tetapi dengan fitur yang lebih lengkap. Aplikasi 3uTools bisa digunakan untuk pembaruan iOS (termasuk jailbreak iOS), backup/restore data, import/export foto, dan masih banyak lagi. Salah satu fitur andalan -bagi saya- dari 3uTools adalah fitur pembaca kode pabrik dari setiap komponen iPhone, sehingga bisa digunakan untuk mengecek originalitas komponen iPhone yang digunakan.

Cara Cek iPhone Refurbish (Rekondisi) atau Original dengan 3uTools

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan pengecekan apakah iPhone yang ingin Anda beli atau yang sudah Anda miliki saat ini original atau refurbish:

  1. Download software 3uTools di situs resminya 3uTools, kemudian install seperti biasa di laptop/PC yang menggunakan OS Windows (hingga artikel ini ditulis, aplikasi 3uTools belum tersedia untuk sistem operasi Mac dan Linux).
  2. Buka aplikasi 3uTools.
  3. Sambungkan iPhone ke laptop/PC menggunakan kabel lightning.
  4. Jika sudah terhubung, aplikasi 3uTools akan menampilkan informasi device iPhone Anda gambar di bawah ini.

    Informasi iDevice di 3uTools

    Informasi iDevice di 3uTools

  5. Klik View Verification Report. Jika muncul jendela Permission Reminder, maka pilih Authorize to View. Pastikan laptop/PC yang Anda gunakan terhubung ke internet karena fitur View Verification Report ini memerlukan koneksi internet agar bisa digunakan.
  6. Jika fitur berfungsi dengan normal, maka akan muncul pop up 3uTools iDevice Verification Report. Berikut hasil verifikasi untuk iPhone 6 dan iPhone X yang saya miliki.
    3uTools iDevice Verification Report iPhone 6

    3uTools iDevice Verification Report iPhone 6

    3uTools iDevice Verification Report iPhone X

    3uTools iDevice Verification Report iPhone X

    Nilai Normal menunjukkan bahwa komponen yang diuji merupakan komponen original dan belum pernah diganti.
    Nilai may be assembled atau may be changed menunjukkan bahwa komponen yang diuji merupakan komponen yang sudah pernah diganti atau bukan bawaan pabriknya lagi.

    Test Result pada hasil pengecekan iPhone X memberikan nilai Normal pada semua test item, sedangkan pengecekan iPhone 6 memberikan hasil may be assembled dan may be chaged pada test item baterai dan kamera depan.
    Hasil tersebut bisa dikatakan akurat karena memang benar adanya bahwa saya pernah melakukan penggantian baterai dan layar pada iPhone 6 yang saya miliki.

    Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari grup pengguna iPhone, hasil tidak normal atau may be changed pada test item kamera depan menunjukkan bahwa layar sudah pernah diganti.

Nah, seperti itulah kiranya cara melakukan pengecekan iPhone refurbish (rekondisi) atau original dengan menggunakan bantuan aplikasi 3uTools. Saya harapkan kepada Anda yang berencana untuk membeli iPhone second agar bisa lebih berhati-hati dengan cara meminta penjual untuk memperlihatkan hasil screenshot pengecekan menggunakan aplikasi 3uTools untuk meminimalkan kemungkinan risiko salah beli iPhone refurbish atau iPhone rekondisi.

Semoga bermanfaat 🙂

116 komentar pada artikel "Cara Cek iPhone Refurbish (Rekondisi) atau Original dengan 3uTools"

  1. Ali berkata:

    Mas mau tanya. Itu kok hasil screen serial numbernya N/A ? Need user decision needed. Apa itu normal ? Punya saya juga gitu soalnya

    1. Muhammad Riduan berkata:

      iPhone seri X ke atas ya mas? Dari info yang pernah saya baca, 3uTools memang tidak bisa membaca data serial screen number untuk iPhone seri X ke atas, jadi kalau hasil verifikasi N/A, normal saja.
      Sekadar info saja untuk pengecekan LCD, 3uTools memang tidak bisa menentukan apakah LCD yang digunakan masih original atau sudah diganti mas.

      1. Ali berkata:

        Iya mas bener , ini saya pake iphone xs. Kok hasilnya N/A sempet kaget. Eh ternyata emang ga bisa detect lcd ip x ke atas. terimakasih mas jawaban nya sangat membantu sekali.. Sukses teruss
        Oiya mas kalo true tone dan face id buat iphone x ke atas apakah bisa dijadikan tolak ukur? Misal jika ipx trutrone dan face id normal maka layar masih ori. Jika sebaliknya truetone off dan faceid off brarti layar sudah pernah diganti ?

        1. Muhammad Riduan berkata:

          Iya mas, sejauh yang saya tahu 3uTools memang tidak bisa membaca serial screen number untuk iPhone seri X ke atas. Jadi, iPhone Xs mas Ali normal kok, hehe
          Terkait apakah ada hubungan antara layar masih ori dengan fitur true tone, setahu saya ada mas. Menurut info yang pernah saya baca, jika pada dasarnya iPhone memiliki fitur true tone, tetapi ketika dicek hasilnya tidak ada fitur true tone, maka bisa dikatakan kalau layarnya sudah bukan layar bawaan lagi. Namun, kalau hubungan antara layar dengan faceID, saya belum pernah menemukan informasi terkait mas.

      2. Irvin Nofrianto Pabane berkata:

        Saya punya iPhone 5S (iOS 12) tampilannya juga gitu gan. Ex Factori value ada tapi read valuenya “Need user decision needed”.

        1. Muhammad Riduan berkata:

          Kemungkinan besar 3uTools juga tidak bisa membaca dan memastikan serial number dari perangkat agan Irvin, sehingga untuk menilai apakah komponen yang digunakan asli atau tidak, perlu pengamatan dan penilaian langsung dari user.
          Menurut informasi yang pernah saya baca, pencahayaan pada layar ori sedikit lebih kuning dibandingkan layar kualitas non original.

          1. irul berkata:

            oh iya nambahin pertanyaan saya tadi, setelah saya cek di 3utools ternyta iphone 5 saya warnanya hitam, padahal aslinya putih dan dus nya jga putih, gmna itu ya? setelah di cek imei emang sama antara dus, iphone dan 3utools

      3. irul berkata:

        saya mau tanya mas terkait LCD ni, kalau emang LCD pernah diganti apakah dia nnti ga hijua lagi?? soalnya saya pernah nemuin warna antara LCD dengan home button nya itu beda, tapi pas di cek di 3utools hijau semua, gmna itu solusinya? apa emang ada iphone yg sperti itu, beda warna antara home button dan LCD, terimaksih

  2. Ahzanas Syafaat berkata:

    Kalau untuk Iphone seri 6s plus atau dibawah yg Seri X apa bisa di jadikan tolak ukur yg dpt di percaya abang2 yg baik Hati…?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Kalau menurut saya, bisa bang Ahzanas Syafaat yang baik hati, kebetulan saya pernah mencoba 3uTools untuk pengecekan device iPhone 6 dan hasilnya akurat 👍

  3. Teuku Sy berkata:

    Terimakasih bang Muhammad Riduan, artikel ini sangat bermanfaat.
    Smoga berkah buat antum bang.. Aamiin

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Alhamdulillah, terima kasih bang Teuku Sy, semoga keberkahan juga selalu untuk antum, Aamiin yaa Allah.

  4. Nur berkata:

    Gan, saya test iphone 6splus saya di 3utools dan di verification report nya kenapa N/A ya?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Value N/A-nya ada di test item yang mana gan?

      1. Cintia berkata:

        gan saya beli iphone 11 pro max non aktif malaysia. di batterynya tertulis N/A. Lalu mainboardnya tahun 2010. apakah ini perlu dicurigai ?

        1. Muhammad Riduan berkata:

          Dari pengalaman saya, hasil N/A pada Read Value untuk Test Item Baterry Serial Number bisa menunjukkan bahwa baterai yang digunakan sudah tidak original.
          Untuk kasus mainboard-nya 2010, angka 2010-nya ada di bagian Mainboard Serial Number atau pada format yyyy-mm-dd gan? Jika angka 2010 ada pada serial number, saya rasa tidak masalah. Namun, jika angka 2010-nya ada pada format 2010-mm-yy, saya rasa ada yang tidak wajar mengingat iPhone 11 Pro Max dirilis tahun 2019, tapi jujur saja saya tidak bisa membayangkan apa yang menjadi penyebab dan bagian mana yang harus dicurigai.
          Kalau memang hasilnya agak membingungkan, mungkin bisa dicoba melakukan pengecekan ulang gan.

          1. Cintia berkata:

            Tapi ku belinya non aktivasi apakah. Bisa iphone refurbished non aktifasi ?

            1. Muhammad Riduan berkata:

              Agan beli iDevice-nya kemarin dimana?
              Coba cek di website ini https://checkcoverage.apple.com/id/in/, apakah hasil pengecekan tanggal pembelian, dukungan teknis, dan perlindungan perbaikan valid?

              1. Cintia berkata:

                Valid gan. Masih sampe 2021. Saya beli dari reseller deket malaysia. Angka 2010 juga ada pada format dd-mm-yy. Lalu touch idnya juga ga terdeteksi. Lalu benar N/A pada battery pasti menunjukkan batt tidak ori ?

                1. Muhammad Riduan berkata:

                  Apakah agan belinya di reseller iPhone resmi untuk Malaysia?
                  Maksudnya TouchID gan? Bukan kah iPhone seri X ke atas sudah tidak menggunakan TouchID?
                  Sejauh pengalaman saya, hasil N/A pada battery serial number pada kolom read value menunjukkan bahwa baterai sudah tidak original. Bagaimana dengan hasil pembacaan battery serial number pada kolom Ex-Factory Value gan?

                  1. Cintia berkata:

                    Ada serial numbernya. Manufacturernya DESAY. Actual Capacity 4059mAh, Design Capacity 3943mAh. Ku ga tau dia reseller resmi atau ngga soalnya beli di online shop.

                    1. Muhammad Riduan berkata:

                      Wah, untuk kasus ini sebenarnya sudah di luar dari pengetahuannya saya gan.
                      Saya kurang tahu, informasi 3uTools sekarang sudah lebih lengkap dengan bisa menunjukkan manufacturer dan kapasitas baterai ya gan?

          2. Tiffany berkata:

            Hp saya juga regional ZP/A di pengecekan 3utools semua normal. Hanya saja dibagian Battery Serial Number yang Ex-Factory Value nya punya saya tertera N/A, namun di Read Value nya ada kode nya kak, tapi tahunnya di 2019 sedangkan Mainboard, Serial Number dll tahun 2020. jadi itu bagaimana ya? Apa masih dikatakan wajar?

        2. Anonim berkata:

          perlu itu

  5. Kris berkata:

    Saya melakukan test terhadap Iphone6s plus second. Dengan gejala pengisian bathere (proses charge) tidak normal dan bathere cepat habis dan kadang ngedrop.
    Ternyata setelah saya lakukan pengecekan menggunakan aplikasi ini ketahuan bahwa Bathere memang sudah pernah diganti.
    Mantab agan Muhamad …. saya salut dengan anda.
    Semoga bermanfaat buat yang lain..

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Senang jika bisa bermanfaat untuk agan Kris, di sisi lain saya juga turut bersedih karena agan menadapat iPhone 6S Plus yang baterainya sudah pernah diganti. Semoga informasi ini bisa dimanfaatkan jika suatu hari nanti agan ingin update iPhone keluaran terbaru 🙂

  6. Anonim berkata:

    klo cek lcd ori bawaan pabrik ato pernah diganti ato tidak bisanya sy cek TRUE TONE aja di setting camera displaynya klo tidak ada true tone pasti lcd nya sudah diganti tuh…..

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Betul sekali kak.
      Salah satu cara sederhana yang efektif untuk mengecek apakah LCD sudah pernah diganti atau belum adalah dengan melakukan pengecekan ketersediaan fitur True Tone, tetapi cara ini hanya bisa diterapkan pada iPhone 8 ke atas karena fitur True Tone hanya tersedia pada iPhone 8 ke atas.
      Selain itu, meskipun cara ini efektif untuk mengecek apakah LCD sudah pernah diganti atau belum, perlu diketahui juga bahwa cara ini tidak bisa digunakan untuk mengecek keaslian LCD setelah diganti. Pada beberapa kasus, meskipun penggantian LCD sudah menggunakan LCD original, fitur True Tone tidak bisa langsung aktif karena harus melalui tahap copy dan read True Tone di LCD original yang baru.

  7. Anonim berkata:

    Kalau baterai iphone nya diganti ke baterai baru (original), keterangan di 3utools nya gimana, bang?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Kebetulan saya belum pernah melakukan pergantian baterai iPhone menggunakan baterai original (betul-betul original). Berdasarkan informasi yang saya dapat, pihak Apple tidak menjual komponen original mereka secara sembarang ke para konsumen. Hingga saat ini, baterai original iPhone hanya bisa didapatkan di Apple Authorized Service Provide yang ada di US dan diganti langsung oleh teknisi Apple.
      Namun, jika harus berspekulasi, menurut saya, meskipun kita mengganti baterai iPhone dengan baterai original lain, hasil tersebut akan tetap terbaca bahwa baterai iPhone pernah diganti karena baterai yang baru memiliki serial number yang berbeda dengan serial number baterai bawaan pabrik saat iPhone dikeluarkan.

      1. Fauzi berkata:

        Iphone 6s plus saya entah kenapa setelah upgrade ke IOS 13 kameranya untuk foto dan video jadi bergetar-getar sendiri,itu kenapa ya mas,apakah bisa di cek menggunakan aplikasi 3uTools

        1. Muhammad Riduan berkata:

          Sejauh yang saya tahu, 3uTools belum memiliki fitur spesifik untuk pengecekan error seperti kamera untuk foto dan video yang bergetar mas Fauzi.
          Jika pun ingin melakukan pengecekan menggunakan 3uTools, coba mas Fauzi cek hasil pada test item Rear camera, apakah komponen kamera belakang yang digunakan masih merupakan komponen original dari pabrik atau tidak? Jika masih original, kemungkinan besar komponen kamera yang digunakan mengalami hardware failure yang memang merupakan kesalahan pembuatan bawaan dari pabrik (isu error jenis ini memang sering ditemukan pada perangkatan iphone 6s plus).

  8. Rizky berkata:

    mau nanya gan, ip 7plus saya di batre health statusnya service 69%, tapi kalo di 3utools 90% statusnya, itu kejadian kemarin2 waktu saya lagi ngecas ketiduran (baru pertama kali charge ditinggal tidur)
    jadi patokan saya kemana ya ? sampe sekarang sih hp masih normal gak boros, cuman parno ajah liat statusnya service

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Apakah perbandingannya dilakukan di waktu yang bersamaan gan? Kalau dari pengalaman pribadi sebenarnya saya belum pernah mengalami adanya perbedaan data antara status di hp dengan di 3uTools gan. Sekadar saran (jika memang ada perbedaan data di waktu yang bersamaan), mungkin agan bisa coba restart iPhone-nya, kemudian cek ulang battery health di iPhone dan 3uToolsnya gan.
      Kalau dari saya pribadi, selama baterai hp masih normal dan tidak boros, tidak perlu diambil pusing gan, hehe

    2. Kris berkata:

      Kalau sales area nya berbeda, itu apakah berpengaruh?

      1. Muhammad Riduan berkata:

        Maksudnya berbeda sales area antara apa dan apa mas Kris?

  9. made widi berkata:

    mau tanya min kalau iphone x saya tiba2 mati begitu saja dan keluar lambang apple saja itu kenapa ya? padahal di 3utool semua normal. dan hp saya sempet bisa digunakan lagi sehari namun saya tinggal tidur hpnya saya nyalain keluar tanda apple saja.

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Kalau menurut saya kemungkinan ada masalah di bagian iOS-nya gan.
      Kalau boleh minta informasinya detilnya, apakah logo Apple yang muncul hanya stuck atau terjadi berulang (bootloop) gan?

  10. salva berkata:

    min mau tanya. saya pakai iphone 6 dan cek 3 u tools. lalu pada screen serial number nya ada tulisan “how to judge” maksudnya apa ya? sebelumnya saya jg pernah melakukan ganti lcd. apa itu tandanya sudah tidak bawaan original lcd nya?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Berdasarkan pengalaman, pada beberapa device memang terkadang 3uTools tidak bisa membaca serial number dari layar, sehingga harus dinilai sendiri secara langsung oleh user gan. Untuk mengetahui bagaimana cara menilai originalitas layarnya, silakan klik “how to judge”.
      Yep, jika memang sudah pernah diganti, berarti layar sudah tidak original gan.

  11. Abdillah berkata:

    Mau nanya gan, brati kalau di 3utools kamera depannya udah merah itu lcd nya juga udah pernah diganti gitu ya ?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Berdasarkan informasi yang pernah saya baca dan cocokologi pengalaman pribadi, adanya keterangan merah pada hasil pembacaan kamera depan di 3uTools bisa menjadi indikator bahwa lcd sudah pernah diganti gan.

  12. Cintia Aulia Ramadanti berkata:

    gan say beli iphone 11 pro max, nbon aktif malaysia. batterynya tertulis N/A lalu Mainboardnya 2010. apakah perlu dicurigai ?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Dari pengalaman saya, hasil N/A pada Read Value untuk Test Item Baterry Serial Number bisa menunjukkan bahwa baterai yang digunakan sudah tidak original.
      Untuk kasus mainboard-nya 2010, angka 2010-nya ada di bagian Mainboard Serial Number atau pada format yyyy-mm-dd gan? Jika angka 2010 ada pada serial number, saya rasa tidak masalah. Namun, jika angka 2010-nya ada pada format 2010-mm-yy, saya rasa ada yang tidak wajar mengingat iPhone 11 Pro Max dirilis tahun 2019, tapi jujur saja saya tidak bisa membayangkan apa yang menjadi penyebab dan bagian mana yang harus dicurigai.
      Kalau memang hasilnya agak membingungkan, mungkin bisa dicoba melakukan pengecekan ulang gan.

  13. adite berkata:

    mau tanya, saya baru beli iphone 8+ second lalu setelah dirumah saya cek 3utoolsnya, disitu hasilnya ada dua yg ga normal
    1. dibagian test item “sales model” read valuenya apple replace device
    2. dibagian test item “screen serial number” read valuenya how to judje

    nah itu gimana ya? apa hape saya refurbish?
    trs performanya sih masih 100, thn dibuatnya pun juni 2019.
    kira2 utk case saya gini, masih bisa di tolerir dan dipake engga hapenya atau saya baiknya minta refund ke tokonya?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Untuk poin 1, berdasarkan informasi yang saya ketahui, read value apple replace device menunjukkan bahwa device tersebut merupakan produk replacement device atau perangkat tersebut pernah rusak lalu diganti dengan perangkat yang baru oleh Apple. Model tersebut mengacu pada perangkat yang telah diservis secara resmi, biasanya nomor model untuk device tersebut diawali oleh huruf N.

      Untuk poin 2, mas Adite perlu melakukan penilaian sendiri apakah layarnya masih original atau tidak karena 3uTools tidak bisa membaca screen serial number yang ada pada device.

      Jika memang hasil yang lain normal dan hasil penilaian pada layar LCD juga normal, saya rasa device yang agan gunakan tidak termasuk kategori refurbished karena masih menggunakan komponen bawaannya. Namun juga perlu diketahui bahwa device yang mas gunakan merupakan produk replacement seperti yang sudah saya paparkan di atas.

      Apakah masih bisa ditolerir atau tidak, menurut saya bisa dikembalikan ke masnya, apakah dengan harga yang ditawarkan sesuai dengan produk yang didapatkan atau tidak, coba bandingkan dengan harga produk second resmi Indonesia.

  14. Asep Sudarmadi berkata:

    bro saya beli iphone 7 plus 128 Gb, saya blank tentang ori, refurbished dan replacement. Barang tidak dibuka ditoko (masih bungkus plastik) tapi dirumah. Saat ditest baterai 0% setelah dicarger 60% saya setting hasilnya BH 92 % dan sudah bahasa indonesia di3utools : kamera depan dan belakang pernah ganti baterai juga pernah ganti. Imei tidak terdaftar didatabase kemenperin. Yang menjadi pertanyaan Kode di box dan sofware sama tertulis MN522LL/A.
    1. Apa arti dari kode tersebut? sementara iphone 7 plus yang lain (saya punya dua) kode dua huruf depan MP.
    2. Kalau baterai drop bagusnya ganti baterai atau pakai Powercase khusus iphone 7 plus ?
    Demikian bro mohon pencerahan!

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Secara umum, nomor model biasanya digunakan oleh user untuk mengetahui sumber device untuk 1 digit pertama (ada kode M untuk unit penjualan ritel, kode F untuk unit refurbish, kode N untuk unit pengganti atau replacement, dan kode P untuk unit khusus yang sudah dimodifikasi untuk personal) dan regional produk tersebut dipasarkan untuk 4 digit terakhir (contohnya LL/A untuk region USA).

      Untuk pertanyaan nomor 1, hal tersebut tidak menjadi masalah karena menurut The iPhone Wiki memang ada 2 seri untuk 2 digit pertama iPhone 7 plus, yaitu MP dan MN.

      Untuk pertanyaan nomor 2, menurut saya pribadi akan lebih baik jika langsung melakukan pergantian baterai dibandingkan menggunakan powercase karena -setahu saya- cara kerja dari powercase hanya sebagai “powerbank” yang akan mengisi jika baterai utama tidak sedang penuh. Sumber daya utama dari iPhone tetap menggunakan baterai utama, sehingga ditakutkan komponen baterai utama yang drop dapat berefek buruk pada komponen lain dari iPhone.

      Semoga bisa membantu bro Asep 🙂

    2. Akbar berkata:

      Mau nnya klo rear dan front camera may be change, itu artinya apa ya? Yang diganti cuman lcd nya apa camera ya jga udah diganti?

      1. Muhammad Riduan berkata:

        Berdasarkan info dan pengalaman yang ada, penggantian LCD akan menghasilkan status may be change pada pengecekan kamera depan di 3uTools. Namun, untuk kamera belakang, saya kurang tahu dan belum ada cukup bukti yang mengatakan bahwa penggantian LCD juga akan berefek pada hasil pengecekan kamera belakang di 3uTools.

  15. Anonim berkata:

    gan iphone saya XR dinomor modelnya 3, harusnya kan di awali huruf M,N,F dan P. dan waktu saya periksa di 3utools di sales model keluar keterangan demo device, itu makusdny gimana ya gan? terima kasih

  16. imam budi berkata:

    gan iphone saya XR dinomor modelnya 3D, harusnya kan di awali huruf M,N,F dan P. dan waktu saya periksa di 3utools di sales model keluar keterangan demo device, itu makusdny gimana ya gan? terima kasih

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Jika keterangan pada sales mode tertulis demo device atau demo unit, maksudnya adalah device tersebut merupakan bekas display (ex-display) di toko atau reseller resmi Apple gan.
      Selama komponen dalamnya masih ori bawaan pabrik, menurut saya aman saja gan Imam 🙂

  17. atoy berkata:

    khasus iphone 6s plus mirip keterangan di atas.cuman khasus saya hanya mengganti batrey…ketika mau dijual lg di counter hp dan di cek pakai 3 tool alangkah kagetnya ternyata ada tulisan red “front camera may be change”..padahal cuman ganti batrey..apakah pihak service counter mau mengakui gan?untuk agan2 yang mau di servicekan hp iphone nya harap hati2

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Jika saya coba simpulkan dari komentar di atas, agan Atoy memiliki iPhone 6s plus yang sepengetahuan dan selama pemakaian hanya pernah melakukan pergantian baterai di suatu tempat servis hp, tetapi ketika ingin menjual hp tersebut ke tempat jual beli hp dan dilakukan pengecekan menggunakan 3uTools, ternyata hasilnya menunjukkan bahwa baterai dan kamera depan (biasanya merujuk ke layar LCD) telah diganti.
      Yang jadi pertanyaan dari agan, apakah jasa tempat servis hp sebelumnya mau mengakui bahwa mereka juga melakukan pergantian pada layar LCD hp agan. Betul, gan?
      Jika betul, maka untuk pertanyaan tersebut saya tidak bisa menjawabnya. Tentunya hal tersebut tergantung dari tempat servis hp yang bersangkutan.
      Saran saya, coba agan diskusikan langsung hal tersebut kepada jasa tempat servis hp yang bersangkutan. Namun sebelumnya, pastikan bahwa agan memiliki data hasil cek 3uTools sebelum dan sesudah hp tersebut diservis sebagai bukti bahwa hp agan memiliki komponen yang 100% original sebelum di tempat servis hp tersebut.

  18. Samsurrijal berkata:

    Gan cara cek keaslian layar iphone 8 kebawah bagaimana selain teue tone

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Sejauh pengetahuan saya, agan bisa melakukan pengecekan menggunakan 3uTools. Jika hasil test item kamera depan menunjukkan hasil yang normal, kemungkinan besar layar iPhone yang agan miliki masih original.
      Selain itu, untuk lebih memastikan, agan juga bisa membandingkan kecerahan dan kerapatan warna dari layar iPhone yang agan miliki dengan layar iPhone lain yang keasliannya sudah diketahui dengan pasti. Saran saya, agan bisa coba bandingkan langsung dengan iPhone display yang ada di Apple Store atau toko handphone resmi lainnya 😀

      1. Mohamad samsurrijal berkata:

        Disini 3d utols smua hijau 98% tapi saya canggung dengan kondisi layar

        1. Muhammad Riduan berkata:

          Apakah agan sudah pernah mencoba membandingkan kondisi layar iPhone yang agan miliki dengan iPhone lain?
          Layar LCD yang original biasanya terlihat sedikit lebih kuning (hangat), sedangkan layar LCD non-original biasanya terlihat lebih kebiru-biruan.
          Sejauh ini memang tidak ada tool yang bisa memberikan penilaian terkait keaslian layar LCD iPhone. Cara yang terbaik adalah dengan membandingkan layar iPhone yang dimiliki dengan layar iPhone yang orisinalitasnya sudah diketahui dengan pasti (coba bandingkan dengan iPhone baru yang dibeli dari distributor resmi atau bandingkan dengan iPhone display yang ada di Apple Store).

          1. Anonim berkata:

            Oke makasih abang

            1. Muhammad Riduan berkata:

              Oke siap, sama-sama bro. Semoga layar iPhone-nya masih original dan awet dipakai ya 🙂

  19. zany berkata:

    bang di iPhone 6s saya kok klo video call suara saya gak ada ya?
    klo make headset Bisa topi panggilan lain normal normal Aja kecuali klo video call Suara Saya gak sampe di penerima

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Suara mas Zany tidak muncul saat video call di satu aplikasi tertentu atau di semua aplikasi mas?

      1. hamdy berkata:

        mau menambahkan mas, saya pernah mengalami hal seperti ini, itu disebabkan kerusakan mic pada area depan (untuk video call) disarankan untuk mengganti komponen pada service center yang terpercaya.

        1. Muhammad Riduan berkata:

          Nah, terima kasih atas informasinya mas Hamdy 🙂

  20. Fite JR berkata:

    Aplikasi 3utools tidak ada untuk macbook ya?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Betul mas. Untuk saat ini 3uTools belum tersedia untuk macOS. Jika tidak ada perangkat Windows, mungkin Anda bisa coba install Windows di Macbook-nya (seperti yang pernah saya lakukan).

  21. Amel berkata:

    kak saya baru beli Ip X second, baru 2 hari presentase batrey saya berkurang 2 % apakah itu normal?
    saya cek di 3utools, semua masih bagus dan normal cuma hasil akhirnya 98%, padahal hasil normal semua dan masih Ori.
    saya juga melakukan pengecekan Lcd di True tone hasilnya setelah saya ON warna layar berubah menajadi kuning ke merahan, itu kenapa ya kak.
    Mohon Infonya

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Maksudnya persentase kesehatan baterai, kan kak?
      Berkurangnya persentase kesehatan baterai biasanya tergantung dari pola pengecasan dan pemakaian hp. Saya tidak bisa mengatakan apakah kasus di atas itu normal atau tidak. Jika hp yang dicek menggunakan baterai baru dan dalam 2 hari terjadi pengurangan kesehatan baterai hingga 2%, bisa dikatakan hal tersebut tidak normal. Namun, jika hp yang dicek adalah hp second dan terjadi pengurangan kesehatan baterai dalam 2 hari pemakaian, bisa jadi normal dan bisa jadi tidak normal. Hal tersebut tergantung dari bagaimana pola pengecasan dan pemakaian sejak hp tersebut kakak beli dan pola pengecasan dan pemakaian dari pengguna sebelumnya.

      Selama semua hasil pengecekan normal dan terdapat fitur True Tone, saya rasa masih aman kak, di luar dari berapapun persentase hasil pengecekan 3uTools. Kebetulan saya juga pernah mendapatkan hasil di bawah 100% untuk pengecekan kedua, meskipun semua komponen masih original dan normal.

      Fitur True Tone merupakan fitur sensor untuk mengatur warna dan intensitas layar agar sesuai dengan cahaya sekitar. Jadi, menurut saya wajar saja jika kakak mengalami hal tersebut (tergantung kondisi cahaya di sekitar).

      1. Amel berkata:

        wahhh makasih ya kak atas informasiny :””””) ,semoga hp nya awet di saya hehe

        1. Muhammad Riduan berkata:

          Iya kak, semoga hp-nya awet, aamiin 🙂

  22. Ardy berkata:

    Mas kenapa hp iphone 5s saya tidak bisa membaca kartu SIM( Tiada Layanan), apakah bisa di cek dari 3utools?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Sejauh yang pernah saya coba dan saya tahu belum ada fitur untuk melakukan pengecekan tersebut mas Ardy.
      Jika permasalahan “tidak ada layanan” untuk semua jenis kartu SIM (di saat yang sama kartu SIM tersebut bisa dan berfungsi digunakan di hp lain), ada kemungkinan terdapat masalah pada hardware (IC Baseband) chipset iPhone-nya mas.

  23. Teguh Siregar berkata:

    untuk assiv touch,jika kita geser secara cepat ada beberapa kali delay itu apakah LCD nya normal mas?namun true tone dan face ID normal
    sebenarnya saya tidak ragu,namun kontras layarnya jika saya compare dengan IP7+ dan IP8+ kenapa kecerahannya beda ya,untuk ukuran putih,masih lebih putih IP8+
    mohon masukannya

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Mas Teguh, untuk pertanyaannya kemarin sudah saya balas via email ya.
      Buat teman-teman lain yang memiliki permasalahan yang serupa, mungkin bisa coba untuk refresh iPhone-nya (karena permasalahan ini ada pada iPhone second, jadi ada kemungkinan iPhone-nya sedang “kepenuhan” saat dibeli dari pengguna sebelumnya).

  24. Yoga berkata:

    Mas, mau tanya. Aplikasi sejenis 3uTools utk di Mac ada ga ya ? Trims

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Sejauh yang saya tahu belum ada aplikasi alternatif dari 3uTools (untuk pengecekan orisinalitas hardware) yang bisa digunakan untuk macOS mas.
      Jadi, alternatif lainnya, mas Yoga bisa coba install Windows pada perangkat Mac-nya untuk menggunakan 3uTools.

  25. Anonim berkata:

    Mas mau tanya, ini lcd masih original tapi habis jatuh .
    Nah setelahnya true tone & face id nya gak bisa .
    Apa itu dari lcd nya yg jatuh /komponen nya yaa ?

  26. Anonim berkata:

    Mas mau tanya , ini true tone dan face id saya jadi gak aktif setelah hp terjatuh
    Ini perkiraan yang rusak apanya yaa ?

  27. Melon berkata:

    Gan izin nanya, kalo kamera belakang goyang , kumat2an gabisa fokus atau ada masalah fokus jauh pada rear camera iphone x itu bisa di check spesifik pake 3utools?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Sejauh yang saya tahu, 3uTools hanya bisa untuk melakukan pengecekan serial number dari masing-masing komponennya (keluaran pabrik dan saat pengecekan) gan. Kalau pengecekan kerusakan, belum bisa.

  28. brian berkata:

    bang mau tanya out of topic nih. saya punya 6s+ kondisi wifi,bluetooth,airdrop dan signal gabisa nyala, tapi baca kartu sim masih bisa, cuma signal aja ada tulisan “an update is required to use cellular data on this iphone.” kemudian back camera pun gabisa di buka. speaker bawah juga ganyala. lalu saya beli 6s+ lagi yg lock iCloud buat kanibalan, tetap ga bisa semua. udh sy cek semua komponen hardware dari connector sampai wire nya pun baik baik aja.
    apa kira kira masalahnya ada di ic motherboard ya? atau perihal pemblokiran imei handphone BM kemarin? krn saya pun kurang jelas ini iphone verified atau BM. kalau di check imei kemenperin hasilnya sih sudah terdaftar. mohon bantuan nya senior senior.

    1. brian berkata:

      ralat, baca kartu sim gabisa. dari semua jaringan, icon pada control center yg nyala cuma wifi, itu pun gabisa nangkap sinyal sama sekali.

      1. Muhammad Riduan berkata:

        Wah, untuk kasus ini saya masih belum terlalu paham bang.
        Untuk perihal pemblokiran imei handphone BM, sejauh yang saya tahu tidak sampai bermasalah ke back camera.
        Mungkin bang Brian bisa coba update software terlebih dahulu, jika masih bermasalah, mungkin bisa coba analisis kerusakan hardware.

  29. andromeda berkata:

    mas, barusan banget ni ngecek di3utools, dan ipx saya kamera belakang dan batre dah diganti, saran apakah sebaiknya di retur apa dipakai saja? berarti kalau dah diganti termasuk refurbished?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Andai saya dalam posisi mas Andromeda, jika memang seller sebelumnya mengklaim bahwa semua komponen iPhone X yang dijualnya original dan bersedia retur jika ada komponen yang tidak original, maka tentu saja saya akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk retur dan membeli iPhone yang semua komponennya original.
      Namun, sebelumnya, mas Andromeda juga perlu mempertimbangkan apakah ada kerugian uang dan waktu yang harus diterima jika melakukan retur?

  30. richierich berkata:

    gan sy mau beli iphone tipe RU/A di olx, hasil 3utools nya sih masih bagus 100 persen, dan blm ada penggantian apapun. Mengingat sy pertama kali membeli iphone di olx (first beli di ibox) ada hal apa lagi yg harus sy perhatikan sebelum deal gan ?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      iPhone-nya dari Rusia ya gan.
      Jika saya dalam posisi agan, mungkin saya akan memastikan apakah ada garansi dari seller, apakah iPhone-nya bisa menerima jaringan seluler (mengingat isu yang sedang berkembang saat ini), dan pastikan agan membelinya langsung (COD) karena sejauh yang saya tahu OLX hanya sebagai marketplace yang tidak menyediakan jasa rekber di dalamnya.

  31. Nino berkata:

    Halo mas saya mau nanya sepertinya out of topic, waktu saya nge charge hp pada jam Subuh jam-jam 4an gitu lampunya nyala hidup. Lalu, ketika saya bangun di siang hari tiba-tiba malah tidak nambah mas hp saya, jadi sengaja saya charge lagi supaya nambah. Dan ternyata tidak nambah samsek, saya kira kabel saya yang rusak ternyata ada yang ga beres didalamnya. Kira-kira kalo hp saya dalam keadaan mati begini apakah ke detect sama 3utoolsnya ya mas? sebelumnya Terima kasih Mas

  32. Desy berkata:

    Gan mau tanya. Iphone saya 6s plus. nah di system di Iphone Storage tu banyak banget sampai memenuhi kapasitas penyimpanan. Sementara storage apk saya totalnya tidak sebanyak yang ada di kapasitas System Storage. Untuk menguranginya caranya gimana ya gan. Padahal saya instal apk cuman 1 dan yang lain apk bawaan dari Iphone sananya

  33. kevin berkata:

    gan apa bedanya ‘low temp wi-fi’ dan ‘high temp wi-fi’ yang ada di bagian wi-fi module yang ada di pojok bawah kanan 3utools itu?
    karna saya lihat ada beberapa yg low temp dan ada juga yg high temp

  34. Rotala Alfarisyi berkata:

    ass, gan mau tanya… kale testing score 85, pd test 3utools itu massiv normal gak yah iPhone saya? disini keterangannya; rear camera : (may be changed), dan screen serial : (N/A). makasih moon tanggapannya gan semua

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Jika pengertian dari normal adalah orisinalitas produk masih sama dengan kondisi saat produk pertama kali dikeluarkan dari pabrik, maka hasil tes pada iPhone agan Rotala Alfarisyi menunjukkan bahwa device dalam kondisi yang sudah tidak normal karena ada kemungkinan kamera depan atau layar yang digunakan bukan merupakan layar original bawaan pabrik untuk iPhone yang agan miliki.

  35. Kiki berkata:

    Mas mau tanya, jika baterainya “bettery may be changed” itu aman gak? Untuk lihat baterainya original atau tidak gimana?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Apakah nilai Ex-factory value dan Read value-nya berbeda? Jika berbeda, maka kemungkinan besar baterainya sudah diganti kak.
      Aman atau tidaknya tergantung dari kualitas baterai pengganti yang digunakan.

  36. Arya berkata:

    Bang kok hasil nya merah gk keluar score gak keluar juga bagian2 device nya ,hasil score nya NaN kenapa ya

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Apakah sebelumnya iPhone sudah terdeteksi sebelum klik menu View Verification Report bang?

  37. rangga berkata:

    mas itu yang di ip x apple id lock nya on, apakah tidak apa2?
    ip 7+ saya jg demikian..terimaksih mas..

  38. rangga berkata:

    mas itu yang di iphone x apple id nya on apakah tidak apa2, soalnya abis cari2 di youtube katanya harus off, soalnya iphone 7+ saya jg demikian..terimakasih

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Sejauh yang saya tahu, Apple ID lock akan on jika fitur Find my iPhone diaktifkan mas. Kalau mau off, mas Rangga bisa coba nonaktifkan fitur Find my iPhone di pengaturan.

      1. Ifan firdaus berkata:

        Mas punya saya ex factory valuenya keterangan baterai seriesnya N/A
        Sedangkan red valuenya ada nomor seriesnya
        Dan baterai nya masih 100% baru 10 kali charger.
        Apakah itu sudah di ganti yah mas?

  39. Ifan firdaus berkata:

    Bang punya saya baterai seriesnya ex factory valuenya N/A
    Nah terus red valuenya ada nomor seriesnya.
    Itu kemungkinan sudah di ganti atau belum ya baterainya?
    Dan BH nya masih 100% baru 10 kali charging.

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Apakah sudah pernah mencoba melakukan pemeriksaan ulang bang?
      Baru 10 kali charging? iPhone baru ya bang?

      1. Resta berkata:

        Pemeriksaan ulangnya bagaimana ya kak? Kebetulan saya juga dengan kasus yang sama. Ditambah battery di read value nya tahun 2019 sedangkan mainboard, serial number semua keluaran tahun 2020. Apakah masih dikatakan wajar kak?

    2. Dela berkata:

      Mas ifan firdaus, bagaimana kondisi hp nya saat ini ya? Kebetulan saya mengalami hal serupa mas juga. Apakah bermasalah dengan battery serial di ex factory value nya N/A?

  40. Edoy berkata:

    Mas maaf mau nanya seputar 3utools, sebenarnya sdh banyak trit diatas yg membahas ini tapi sy msh blm ploong. Hasil device ip 7 plus sy 98%, pada screen serial number read valuenya ada ket “user decission needed”. Kalo baca jawaban2 diatas 3utools tidak bisa mendeteksi serial number screen, dan kalo front cam nya masih ijo berarti kemungkinan LCD blm pernah ganti. Solusi mengecek keaslian LCD compare dg idevice lain, sy bandingkan dg iphone 5 SE temen sy kok beda ya, punya dia redup gitu agak kebiruan, padahal hasil 3utools 5SE nya 100%. Jadi ini kira2 LCD punya sy msh ori apa gak ya…? Galau nih soalnya mau dijual lg takut crewet pembelinya gara2 gak 100% hasil 3utoolsnya…

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Iya mas Edoy, sejauh ini memang agak sulit untuk mengklaim terkait keaslian layar dari iPhone, terlebih untuk iPhone seri 7 ke bawah karena belum ada fitur true tone yang juga bisa dijadikan sebagai indikator tambahan. Sejauh ini, yang bisa saya simpulkan terkait hasil pengecekan layar iPhone di 3uTools adalah jika kamera depan terdeteksi masih original, maka kemungkinan besar layarnya juga masih original.

  41. mustofa berkata:

    kok punya saya ip8 gak bisa ya bang, selalu conecting time out melulu, di pc maupun di laptop toshiba

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Apakah koneksi internetnya berfungsi dengan baik bro?

  42. Tofa berkata:

    Bang maaf juga mau tanya
    Punya saya ip 7plus
    Hsil testing csore 98
    Dan ksehtan btre sekrang 80%
    Pertanyaanya apa krena ksehtan btre 80% testing csore menjdi 98 ya bang??

  43. Gigiw berkata:

    Bang minta rekomendasi olsho yang jual iphone original dong

  44. jery berkata:

    hp sy iphone 7+ sy cek di aplikasi 3utools touchID serial number ‘abnormal production date” maksudnya apa ya bang

  45. surya berkata:

    gan, di iphone 11 pro max yang saya beli screen serial number dan battery serial numbernya kok N/A ya factory valuenya?, battery serial numbernya juga read valuenya user decision needed. dd-mmm-yyyy nya battery dengan camera dan mainboard hampir sama (berada di bulan & thn yg sama cuman beda tanggal), sedangkan dengan serial number selisih 1 bulan (lebih muda serial number usianya). apakah itu masih ori?

  46. pandu gumilang berkata:

    misi mau tanya gan, kalo di sales model keterangan nya demo device itu maksudnya apa ya? terimakasih

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Jika keterangan pada sales mode tertulis demo device atau demo unit, maksudnya adalah device tersebut merupakan bekas display (ex-display) di toko atau reseller resmi Apple gan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.