Cara Cek iPhone Refurbish (Rekondisi) atau Original dengan 3uTools

3 Agustus 2019 © Protected by COPYSCAPE

Smartphone dengan merk apel digigit (iPhone) hingga saat ini memang masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari masih ramainya grup dan akun jual beli iPhone yang saya ikuti di media sosial, mayoritas diantaranya melakukan jual beli iPhone second atau bekas. Selain itu, saat ini semakin marak juga toko online atau offline yang menyediakan iPhone, baik produk baru maupun bekas. Dari sekian banyak penjual iPhone second yang saya tahu, semuanya mengklaim bahwa barang yang mereka jual anti rekondisi (semua komponen di dalamnya masih original), tetapi tanpa adanya pembuktian. Oleh karena itu, di dalam artikel ini, saya akan bagikan bagaimana cara melakukan pengecekan apakah iPhone yang akan kita cek ini merupakan iPhone refurbish (rekondisi) atau masih original menggunakan aplikasi 3uTools.

Sekadar informasi bagi yang bertanya apa itu 3uTools dan apa fungsi 3uTools pada iPhone. 3uTools adalah aplikasi all-in-one tool untuk perangkat iPhone (iOS) sejenis iTunes, tetapi dengan fitur yang lebih lengkap. Aplikasi 3uTools bisa digunakan untuk pembaruan iOS (termasuk jailbreak iOS), backup/restore data, import/export foto, dan masih banyak lagi. Salah satu fitur andalan -bagi saya- dari 3uTools adalah fitur pembaca kode pabrik dari setiap komponen iPhone, sehingga bisa digunakan untuk mengecek originalitas komponen iPhone yang digunakan.

Cara Cek iPhone Refurbish (Rekondisi) atau Original dengan 3uTools

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan pengecekan apakah iPhone yang ingin Anda beli atau yang sudah Anda miliki saat ini original atau refurbish:

  1. Download software 3uTools di situs resminya 3uTools, kemudian install seperti biasa di laptop/PC yang menggunakan OS Windows (hingga artikel ini ditulis, aplikasi 3uTools belum tersedia untuk sistem operasi Mac dan Linux).
  2. Buka aplikasi 3uTools.
  3. Sambungkan iPhone ke laptop/PC menggunakan kabel lightning.
  4. Jika sudah terhubung, aplikasi 3uTools akan menampilkan informasi device iPhone Anda gambar di bawah ini.

    Informasi iDevice di 3uTools

    Informasi iDevice di 3uTools

  5. Klik View Verification Report. Jika muncul jendela Permission Reminder, maka pilih Authorize to View. Pastikan laptop/PC yang Anda gunakan terhubung ke internet karena fitur View Verification Report ini memerlukan koneksi internet agar bisa digunakan.
  6. Jika fitur berfungsi dengan normal, maka akan muncul pop up 3uTools iDevice Verification Report. Berikut hasil verifikasi untuk iPhone 6 dan iPhone X yang saya miliki.
    3uTools iDevice Verification Report iPhone 6

    3uTools iDevice Verification Report iPhone 6

    3uTools iDevice Verification Report iPhone X

    3uTools iDevice Verification Report iPhone X

    Nilai Normal menunjukkan bahwa komponen yang diuji merupakan komponen original dan belum pernah diganti.
    Nilai may be assembled atau may be changed menunjukkan bahwa komponen yang diuji merupakan komponen yang sudah pernah diganti atau bukan bawaan pabriknya lagi.

    Test Result pada hasil pengecekan iPhone X memberikan nilai Normal pada semua test item, sedangkan pengecekan iPhone 6 memberikan hasil may be assembled dan may be chaged pada test item baterai dan kamera depan.
    Hasil tersebut bisa dikatakan akurat karena memang benar adanya bahwa saya pernah melakukan penggantian baterai dan layar pada iPhone 6 yang saya miliki.

    Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari grup pengguna iPhone, hasil tidak normal atau may be changed pada test item kamera depan menunjukkan bahwa layar sudah pernah diganti.

Nah, seperti itulah kiranya cara melakukan pengecekan iPhone refurbish (rekondisi) atau original dengan menggunakan bantuan aplikasi 3uTools. Saya harapkan kepada Anda yang berencana untuk membeli iPhone second agar bisa lebih berhati-hati dengan cara meminta penjual untuk memperlihatkan hasil screenshot pengecekan menggunakan aplikasi 3uTools untuk meminimalkan kemungkinan risiko salah beli iPhone refurbish atau iPhone rekondisi.

Semoga bermanfaat 🙂

29 komentar pada artikel "Cara Cek iPhone Refurbish (Rekondisi) atau Original dengan 3uTools"

  1. Ali berkata:

    Mas mau tanya. Itu kok hasil screen serial numbernya N/A ? Need user decision needed. Apa itu normal ? Punya saya juga gitu soalnya

    1. Muhammad Riduan berkata:

      iPhone seri X ke atas ya mas? Dari info yang pernah saya baca, 3uTools memang tidak bisa membaca data serial screen number untuk iPhone seri X ke atas, jadi kalau hasil verifikasi N/A, normal saja.
      Sekadar info saja untuk pengecekan LCD, 3uTools memang tidak bisa menentukan apakah LCD yang digunakan masih original atau sudah diganti mas.

      1. Ali berkata:

        Iya mas bener , ini saya pake iphone xs. Kok hasilnya N/A sempet kaget. Eh ternyata emang ga bisa detect lcd ip x ke atas. terimakasih mas jawaban nya sangat membantu sekali.. Sukses teruss
        Oiya mas kalo true tone dan face id buat iphone x ke atas apakah bisa dijadikan tolak ukur? Misal jika ipx trutrone dan face id normal maka layar masih ori. Jika sebaliknya truetone off dan faceid off brarti layar sudah pernah diganti ?

        1. Muhammad Riduan berkata:

          Iya mas, sejauh yang saya tahu 3uTools memang tidak bisa membaca serial screen number untuk iPhone seri X ke atas. Jadi, iPhone Xs mas Ali normal kok, hehe
          Terkait apakah ada hubungan antara layar masih ori dengan fitur true tone, setahu saya ada mas. Menurut info yang pernah saya baca, jika pada dasarnya iPhone memiliki fitur true tone, tetapi ketika dicek hasilnya tidak ada fitur true tone, maka bisa dikatakan kalau layarnya sudah bukan layar bawaan lagi. Namun, kalau hubungan antara layar dengan faceID, saya belum pernah menemukan informasi terkait mas.

      2. Irvin Nofrianto Pabane berkata:

        Saya punya iPhone 5S (iOS 12) tampilannya juga gitu gan. Ex Factori value ada tapi read valuenya “Need user decision needed”.

        1. Muhammad Riduan berkata:

          Kemungkinan besar 3uTools juga tidak bisa membaca dan memastikan serial number dari perangkat agan Irvin, sehingga untuk menilai apakah komponen yang digunakan asli atau tidak, perlu pengamatan dan penilaian langsung dari user.
          Menurut informasi yang pernah saya baca, pencahayaan pada layar ori sedikit lebih kuning dibandingkan layar kualitas non original.

  2. Ahzanas Syafaat berkata:

    Kalau untuk Iphone seri 6s plus atau dibawah yg Seri X apa bisa di jadikan tolak ukur yg dpt di percaya abang2 yg baik Hati…?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Kalau menurut saya, bisa bang Ahzanas Syafaat yang baik hati, kebetulan saya pernah mencoba 3uTools untuk pengecekan device iPhone 6 dan hasilnya akurat 👍

  3. Teuku Sy berkata:

    Terimakasih bang Muhammad Riduan, artikel ini sangat bermanfaat.
    Smoga berkah buat antum bang.. Aamiin

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Alhamdulillah, terima kasih bang Teuku Sy, semoga keberkahan juga selalu untuk antum, Aamiin yaa Allah.

  4. Nur berkata:

    Gan, saya test iphone 6splus saya di 3utools dan di verification report nya kenapa N/A ya?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Value N/A-nya ada di test item yang mana gan?

  5. Kris berkata:

    Saya melakukan test terhadap Iphone6s plus second. Dengan gejala pengisian bathere (proses charge) tidak normal dan bathere cepat habis dan kadang ngedrop.
    Ternyata setelah saya lakukan pengecekan menggunakan aplikasi ini ketahuan bahwa Bathere memang sudah pernah diganti.
    Mantab agan Muhamad …. saya salut dengan anda.
    Semoga bermanfaat buat yang lain..

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Senang jika bisa bermanfaat untuk agan Kris, di sisi lain saya juga turut bersedih karena agan menadapat iPhone 6S Plus yang baterainya sudah pernah diganti. Semoga informasi ini bisa dimanfaatkan jika suatu hari nanti agan ingin update iPhone keluaran terbaru 🙂

  6. Anonim berkata:

    klo cek lcd ori bawaan pabrik ato pernah diganti ato tidak bisanya sy cek TRUE TONE aja di setting camera displaynya klo tidak ada true tone pasti lcd nya sudah diganti tuh…..

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Betul sekali kak.
      Salah satu cara sederhana yang efektif untuk mengecek apakah LCD sudah pernah diganti atau belum adalah dengan melakukan pengecekan ketersediaan fitur True Tone, tetapi cara ini hanya bisa diterapkan pada iPhone 8 ke atas karena fitur True Tone hanya tersedia pada iPhone 8 ke atas.
      Selain itu, meskipun cara ini efektif untuk mengecek apakah LCD sudah pernah diganti atau belum, perlu diketahui juga bahwa cara ini tidak bisa digunakan untuk mengecek keaslian LCD setelah diganti. Pada beberapa kasus, meskipun penggantian LCD sudah menggunakan LCD original, fitur True Tone tidak bisa langsung aktif karena harus melalui tahap copy dan read True Tone di LCD original yang baru.

  7. Anonim berkata:

    Kalau baterai iphone nya diganti ke baterai baru (original), keterangan di 3utools nya gimana, bang?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Kebetulan saya belum pernah melakukan pergantian baterai iPhone menggunakan baterai original (betul-betul original). Berdasarkan informasi yang saya dapat, pihak Apple tidak menjual komponen original mereka secara sembarang ke para konsumen. Hingga saat ini, baterai original iPhone hanya bisa didapatkan di Apple Authorized Service Provide yang ada di US dan diganti langsung oleh teknisi Apple.
      Namun, jika harus berspekulasi, menurut saya, meskipun kita mengganti baterai iPhone dengan baterai original lain, hasil tersebut akan tetap terbaca bahwa baterai iPhone pernah diganti karena baterai yang baru memiliki serial number yang berbeda dengan serial number baterai bawaan pabrik saat iPhone dikeluarkan.

      1. Fauzi berkata:

        Iphone 6s plus saya entah kenapa setelah upgrade ke IOS 13 kameranya untuk foto dan video jadi bergetar-getar sendiri,itu kenapa ya mas,apakah bisa di cek menggunakan aplikasi 3uTools

        1. Muhammad Riduan berkata:

          Sejauh yang saya tahu, 3uTools belum memiliki fitur spesifik untuk pengecekan error seperti kamera untuk foto dan video yang bergetar mas Fauzi.
          Jika pun ingin melakukan pengecekan menggunakan 3uTools, coba mas Fauzi cek hasil pada test item Rear camera, apakah komponen kamera belakang yang digunakan masih merupakan komponen original dari pabrik atau tidak? Jika masih original, kemungkinan besar komponen kamera yang digunakan mengalami hardware failure yang memang merupakan kesalahan pembuatan bawaan dari pabrik (isu error jenis ini memang sering ditemukan pada perangkatan iphone 6s plus).

  8. Rizky berkata:

    mau nanya gan, ip 7plus saya di batre health statusnya service 69%, tapi kalo di 3utools 90% statusnya, itu kejadian kemarin2 waktu saya lagi ngecas ketiduran (baru pertama kali charge ditinggal tidur)
    jadi patokan saya kemana ya ? sampe sekarang sih hp masih normal gak boros, cuman parno ajah liat statusnya service

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Apakah perbandingannya dilakukan di waktu yang bersamaan gan? Kalau dari pengalaman pribadi sebenarnya saya belum pernah mengalami adanya perbedaan data antara status di hp dengan di 3uTools gan. Sekadar saran (jika memang ada perbedaan data di waktu yang bersamaan), mungkin agan bisa coba restart iPhone-nya, kemudian cek ulang battery health di iPhone dan 3uToolsnya gan.
      Kalau dari saya pribadi, selama baterai hp masih normal dan tidak boros, tidak perlu diambil pusing gan, hehe

  9. made widi berkata:

    mau tanya min kalau iphone x saya tiba2 mati begitu saja dan keluar lambang apple saja itu kenapa ya? padahal di 3utool semua normal. dan hp saya sempet bisa digunakan lagi sehari namun saya tinggal tidur hpnya saya nyalain keluar tanda apple saja.

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Kalau menurut saya kemungkinan ada masalah di bagian iOS-nya gan.
      Kalau boleh minta informasinya detilnya, apakah logo Apple yang muncul hanya stuck atau terjadi berulang (bootloop) gan?

  10. salva berkata:

    min mau tanya. saya pakai iphone 6 dan cek 3 u tools. lalu pada screen serial number nya ada tulisan “how to judge” maksudnya apa ya? sebelumnya saya jg pernah melakukan ganti lcd. apa itu tandanya sudah tidak bawaan original lcd nya?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Berdasarkan pengalaman, pada beberapa device memang terkadang 3uTools tidak bisa membaca serial number dari layar, sehingga harus dinilai sendiri secara langsung oleh user gan. Untuk mengetahui bagaimana cara menilai originalitas layarnya, silakan klik “how to judge”.
      Yep, jika memang sudah pernah diganti, berarti layar sudah tidak original gan.

  11. Abdillah berkata:

    Mau nanya gan, brati kalau di 3utools kamera depannya udah merah itu lcd nya juga udah pernah diganti gitu ya ?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Berdasarkan informasi yang pernah saya baca dan cocokologi pengalaman pribadi, adanya keterangan merah pada hasil pembacaan kamera depan di 3uTools bisa menjadi indikator bahwa lcd sudah pernah diganti gan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.