7 Manfaat Kentang bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Bayi

27 September 2018 © Protected by COPYSCAPE

Pertumbuhan dan perkembangan bayi sangat penting diperhatikan agar bayi bisa tumbuh dengan baik. Sebagai orang tua, Anda harus bisa memenuhi setiap asupan gizi yang dibutuhkannya. Pemberian ASI memang merupakan asupan yang utama. Namun, setelah menginjak usia 6 bulan, bayi juga memerlukan nutrisi lain dari makanan selain ASI sebagai pendukung dari kebutuhan gizi yang dibutuhkannya. Salah satu makanan yang bisa menjadi pilihan adalah kentang karena kandungannya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan bayi. Berikut ini beberapa manfaat kentang bagi bayi yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Kentang Bagi Bayi

7 Manfaat Kentang bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Bayi

7 Manfaat Kentang bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Bayi

1. Sumber Energi

Usia emas untuk pertumbuhan fisik bayi ada di usia 1 tahun pertamanya. Oleh karena itu, pada usia ini bayi sangat memerlukan kalori yang cukup untuk tumbuh berkembang secara fisik. Kentang dengan tekstur yang lunak ketika direbus dapat menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan kepada bayi. Kandungan karbohidrat pada kentang akan menjadi sumber kalori dan energi saat dikonsumsi sehingga bayi dapat berkembang dengan baik serta tidak merasa lemas dan memiliki stamina untuk melakukan aktivitas hariannya seperti berjalan atau bermain.

2. Membantu menjaga kesehatan mata

Kentang adalah salah satu sumber alami tertinggi untuk beta karoten yang membantu tubuh untuk memproduksi vitamin A.

High level of beta-carotene and vitamin A: Sweet potatoes are one of nature’s highest sources of beta-carotene. Beta-carotene helps the body to produce vitamin A. More than 100% of daily recommended intake of vitamin A is present in sweet potatoes. Vitamin A is important for healthy eyes

Sweet potatoes are a source of vitamin A
Besides the vitamins that we already mentioned above, sweet potatoes also contain a high amount of vitamin A. In fact, the vitamin A content in sweet potatoes is almost as high as that of carrots.

The beta carotene that this vitamin produces aids in the prevention of vision problems, various types of cancer, and cardiovascular defects.

Therefore, sweet potatoes with orange pulp are more beneficial than those with yellow or white pulp.

2. Membantu mencerahkan kulit

Dengan menambahkan kentang pada makanan bayi, kondisi kulit bayi akan terus mengalami perkembangan yang baik karena manfaat kentang juga untuk mencerahkan kulit. Kentang memiliki kandungan vitamin C dan enzim yang dibutuhkan kulit untuk memperbaiki sel kulit mati. Kulit bayi yang masih rentan akan terlindungi dengan adanya kandungan pada kentang ini tanpa adanya efek samping.

3. Membantu perkembangan otak

Ternyata tidak hanya pada ASI dan susu formula yang memiliki kandungan untuk membantu perkembangan otak, Anda bisa juga mendapatkannya dari kentang. Kandungan vitamin B6 yang dimiliki kentang bermanfaat untuk perkembangan dan membantu mengoptimalkan kinerja otak bayi menjadi sempurna.

Anda akan melihat khasiat dari kentang dengan perkembangan kecerdasan bayi nantinya. Penilaian ini bisa dilakukan dengan pemantauan perkembangan normal bayi pada umumnya. Anda bisa menanyakannya kepada orang yang berpengalaman atau langsung kepada bidan.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Makanan yang tidak cocok untuk bayi akan menyebabkannya mengalami gangguan pencernaan. Bayi dalam beberapa fase akan mengalami kesulitan melakukan buang air besar sehingga membuatnya rewel. Anda perlu memberikan makanan yang berserat tinggi agar pencernaannya tetap lancar dan kentang merupakan pilihan yang tepat untuk bayi tanpa efek samping.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Segala bentuk penyakit dapat menyerang bayi karena sistem kekebalan tubuhnya yang masih rentan. Hal ini membuat Anda perlu memberikan kentang kepada bayi karena kentang memiliki kandungan nutrisi yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Kandungan itu adalah antioksidan, beta-karoten, besi, fosfor, vitamin C, dan vitamin B kompleks.

Semua kandungan ini akan menjaga sistem imun bayi tetap stabil sehingga terlindungi dari kuman dan bakteri. Anda juga perlu mengetahui bahwa kentang juga memiliki kandungan vitamin B6 yang bermanfaat untuk menjaga sistem saraf pada bayi agar perkembangannya dapat berjalan secara optimal. Bayi Anda akan memiliki kesehatan yang terjaga sehingga tidak mudah sakit.

Resolves constipation: When the baby is introduced to solid foods, there are chances of developing constipation as the digestive system of the baby is not fully developed. Including sweet potatoes in the baby’s diet will help to keep constipation at bay due to its fiber content that pacifies the bowel movements

Boosts immunity: One sweet potato has about half of the daily recommended Vitamin C. Vitamin C has antioxidant properties and can also be helpful in boosting the body’s defense system. Babies are vulnerable to common infections like the common cold. Including a sweet potato in your baby’s diet will strengthen the immune system of the baby as it is the best source of powerful disease-fighting antioxidants like vitamin A, vitamin C, and Vitamin E

Rich in vitamins and minerals: Sweet potato also is a decent source of other vitamins and minerals. It has a good amount of vitamin D that helps in building strong bones and teeth. Vitamin D also beneficial for a healthy heart. All the important Vitamins from B1 to B6 and also B9 is present in sweet potato and this helps with the development different organs and hence will help your baby to achieve the milestones right on time. It is a good source of minerals that assures healthy metabolism. Iron content helps to prevent anemia in babies

Manfaat kentang ini akan sangat membantu Anda dalam menjaga perkembangan dan pertumbuhan bayi secara optimal. Anda bisa mengombinasikan kentang dengan sayuran ataupun lauk-pauk saat memberikannya kepada bayi. Pastikan kentang dalam keadaan yang lunak saat diberikan kepada bayi. Anda bisa merebus dan menghaluskan kentang dengan blender terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.