7 Manfaat Kentang bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Bayi

27 September 2018 © Protected by COPYSCAPE

Pertumbuhan dan perkembangan bayi sangat penting dilakukan agar bisa tumbuh dengan cerdas. Anda harus memenuhi asupan gizi yang dibutuhkannya. Pemberian ASI merupakan asupan yang utama. Makanan lain akan menjadi pendukung dari kebutuhan gizi yang dibutuhkan. Anda bisa memberikan kentang sebagai pilihan setelah mengetahui 7 manfaat kentang bagi bayi.

7 Manfaat Kentang bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Bayi

7 Manfaat Kentang bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Bayi

7 Manfaat Kentang bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Bayi

1. Sumber Energi

Setelah berusia lebih dari 6 bulan bayi membutuhkan makanan pendamping ASI. Kentang dengan tekstur yang lunak ketika direbus dapat menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan kepada bayi. Kandungan karbohidrat pada kentang akan menjadi sumber energi saat dikonsumsi sehingga bayi memiliki stamina untuk melakukan aktivitas berjalan atau bermain.

2. Mencegah Fermentasi Usus

Alat pencernaan pada bayi masih sangat rawan sehingga Anda harus hati-hati ketika memberikan makanan pendamping ASI. Jika tidak hati-hati makanan yang tidak tepat dapat membuat bayi terserang bakteri sehingga mengakibatkan terjadinya fermentasi pada ususnya. Anda bisa mengantisipasi masalah ini dengan memberikan kentang karena mengandungkan zat penting.

3. Mencerahkan Kulit

Kondisi kulit bayi akan terus mengalami perkembangan yang baik dengan memberikan kentang karena manfaat kentang juga untuk mencerahkan kulit. Kentang memiliki kandungan vitamin C dan enzim yang dibutuhkan kulit untuk memperbaiki sel kulit mati. Kulit bayi yang masih rentan akan terlindungi dengan adanya kandungan pada kentang ini tanpa adanya efek samping.

4. Perkembangan Otak

Ternyata tidak hanya pada ASI dan susu formula yang memiliki kandungan untuk membantu perkembangan otak. Anda bisa juga mendapatkannya dari kentang. Kandungan vitamin B6 yang dimiliki kentang bermanfaat untuk perkembangan dan mengoptimalkan kinerja otak bayi menjadi sempurna.
Anda akan melihat khasiat dari kentang dengan perkembangan kecerdasan bayi nantinya. Penilaian ini bisa dilakukan dengan pemantauan perkembangan normal bayi pada umumnya. Anda bisa menanyakannya kepada orang yang berpengalaman atau langsung ke bisan.

5. Mencegah Penyakit Berbahaya

Seluruh organ tubuh bayi masih sangat rentan karena itu Anda harus menjaganya dengan sangat hati-hati. Dalam pemberian makanan harus sangat diperhatikan. Anda dapat memberikan kentang untuk mengatasi kekhawatiran akan penyakit berbahaya yang dapat menyerang bayi. Kentang memiliki kandungan serat yang dapat mencegah penyakit seperti jantung dan ginjal.

6. Menjaga Pencernaan

Makanan yang tidak cocok untuk bayi akan menyebabkannya mengalami gangguan pencernaan. Bayi dalam beberapa fase akan mengalami kesulitan melakukan buang air besar sehingga membuatnya rewel. Anda perlu memberikan makanan yang berserat tinggi agar pencernaannya tetap lancar dan kentang merupakan pilihan yang tepat untuk bayi tanpa efek samping.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Segala bentuk penyakit dapat menyerang bayi karena sistem kekebalan tubuhnya yang masih rentan. Hal ini membuat Anda perlu memberikan kentang kepada bayi karena kentang memiliki kandungan nutrisi yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Kandungan itu adalah antioksidan, beta-karoten, besi, fosfor, vitamin C, dan vitamin B kompleks.

Semua kandungan ini akan menjaga sistem imun bayi tetap stabil sehingga terlindungi dari kuman dan bakteri. Anda juga perlu mengetahui bahwa kentang juga memiliki kandungan vitamin B6 yang bermanfaat untuk menjaga sistem saraf pada bayi agar perkembangannya dapat berjalan secara optimal. Bayi Anda akan memiliki kesehatan yang terjaga tanpa mudah sakit.

Manfaat kentang ini akan sangat membantu Anda dalam menjaga perkembangan dan pertumbuhan bayi secara optimal. Anda bisa mengombinasikan kentang dengan sayuran atau pun lauk-pauk saat memberikannya kepada bayi. Pastikan kentang dalam keadaan yang lunak saat diberikan kepada bayi. Anda bisa merebus dan menghaluskan kentang dengan blender.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.