5 Cara Alami Membersihkan Karang Gigi di Rumah

27 Maret 2019 © Protected by COPYSCAPE

Sebelum mengetahui cara membersihkan karang gigi, penting diketahui tahapan terbentuknya karang gigi terlebih dahulu. Sisa makanan yang bergabung dengan mikro organisme di dalam mulut akan membentuk plak pada gigi. Jika tidak dibersihkan dengan menyikat gigi 2 kali sehari maka akan menempel menjadi plak yang membandel atau jigong.

Kemudian jika jigong ini dibiarkan maka akan terbentuk karang gigi yang mengeras berwarna kuning atau kecokelatan. Inilah yang bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan mulut dan gusi jika tidak segera diatasi. Sangat penting melakukan pembersihan karang gigi, ada beberapa cara alami membersihkan karang gigi yang bisa dicoba sebelum pergi ke dokter.

5 Cara Alami Membersihkan Karang Gigi di Rumah

5 Cara Alami Membersihkan Karang Gigi di Rumah

5 Cara Alami Membersihkan Karang Gigi di Rumah

1. Membersihkan Karang Dengan Kulit Buah Jeruk

Jeruk selain buahnya enak dan bergizi ternyata kulitnya juga bermanfaat untuk kesehatan gigi, yaitu menghilangkan karang gigi. Caranya adalah dengan mengupas jeruk buah yang akan dimakan, kemudian ambil secukupnya kulit tersebut. Gosok-gosok bagian putih kulit jeruk pada gigi yang berkarang dengan merata.

Jangan langsung berkumur setelah melakukan prosedur di atas, tapi biarkan semalaman baru kemudian berkumur pada esok hari. Lakukan metode ini dengan teratur dan lebih baik jika dilakukan sebelum tidur karena zat aktif dalam kulit jeruk akan bekerja maksimal.

2. Sikat Gigi dengan Baking Soda

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda yang sangat efektif membersihkan karang. Tuangkan 1 SDM baking soda tambahkan sedikit garam dan aduk hingga merata, lalu celupkan sikat gigi basah ke dalamnya. Setelah itu lakukan sikat gigi seperti biasa selama 2 menit, tujuannya adalah mengoleskan baking soda ke permukaan gigi.

Setelah 2 menit, segera berkumur lah dengan air karena baking soda termasuk zat yang memiliki efek sangat cepat dalam membersihkan karang gigi. Prosedur pembersihan karang gigi dengan baking soda pun tidak boleh terlalu sering dilakukan karena bisa menggerus email gigi. Setidaknya berikan jeda 1 atau 2 minggu jika ingin melakukannya lagi karena karang gigi belum bersih.

3. Mengoleskan Lidah Buaya

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan dalam menghilangkan karang gigi adalah lidah buaya atau aloe vera. Diketahui tumbuhan yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan termasuk kesehatan gigi dan mulut.

Cara melakukannya adalah tinggal mengoleskan bagian daging lidah buaya pada permukaan gigi yang berkarang dengan rata dan secara rutin. Lakukan ini saat menjelang tidur, biarkan semalaman baru pada keesokan harinya berkumur lah sekalian menyikat gigi.

4. Berkumur dengan Teh Hitam

Teh hitam telah diketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh karena efek analgetik dan anti biotiknya. Untuk membersihkan karang gigi menggunakan teh hitam caranya sangat mudah hanya tinggal menggunakannya sebagai obat kumur saja. Jadi saat meminum eh hitam lakukan sambil berkumur agar the menyebar ke dalam seluruh permukaan gigi termasuk karang gigi. Lakukan ini secara teratur maka karang gigi akan bersih.

5. Menggosok Gigi dengan Cuka Apel

Cara terakhir yang bisa dicoba untuk membersihkan karang adalah menggosok gigi menggunakan cuka apel. Cuka apel berperan sebagai pengganti pasta gigi saat menggosok gigi, celupkan sikat gigi ke dalam cuka apel lalu gunakan untuk sikat gigi.

Durasi sikat gigi disamakan dengan saat menggosok gigi biasa, namun setelah itu jangan langsung berkumur biarkan dulu 5-10 menit. Setelah itu baru berkumur lah dengan air bersih, lakukan ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan karang gigi secara alami menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Jikalau cara tersebut tidak berhasil maka wajib pergi ke dokter gigi untuk melakukan prosedur scaling. Scaling ini sangat efektif membersihkan karang gigi yang keras dengan menggunakan alat khusus bernama scaler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.