6 Makanan Bergizi yang Baik untuk Otak Anak

15 Maret 2020 © Protected by COPYSCAPE

Anak yang cerdas tentu menjadi impian bagi setiap orang tua. Si kecil bisa berprestasi di sekolahnya, dan bisa menjadi anak yang membanggakan orang tuanya. Oleh karena itu, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Selain memberikan stimulasi, Anda juga harus memenuhi asupan makanan yang bergizi, khususnya nutrisi bagi otak, seperti DHA, dan lain sebagainya.

Beberapa jenis makanan mampu mendukung perkembangan otak anak, sehingga masa pertumbuhannya menjadi lebih optimal. Otak merupakan salah satu organ tubuh yang menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang memberikan gizi yang baik bagi si kecil agar perkembangan otaknya menjadi lebih maksimal.

6 Makanan Bergizi yang Baik untuk Otak Anak

6 Makanan Bergizi yang Baik untuk Otak Anak

6 Makanan Bergizi yang Baik untuk Otak Anak

Untuk itu, sesuai rekomendasi dari ahlinya, Anda harus memberikan setidaknya enam jenis makanan di bawah ini agar anak menjadi cerdas. Berikut ulasannya.

1. Ikan

Ikan menjadi makanan favorit bagi semua orang karena rasanya yang gurih dan lezat. Namun, siapa sangka bahwa lauk yang satu ini bisa membantu perkembangan otak anak. Ika mengandung asam lemak dan DHA yang bermanfaat seperti yang terdapat pada salmon.

Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang penting untuk otak anak. Fakta membuktikan, anak yang gemar mengkonsumsi ikan memiliki pikiran yang tajam dan memiliki hasil yang baik dalam kemampuan mental.

2. Telur

Telur dapat ditemukan di mana-mana. Oleh karena itu, Anda patut bersyukur karena makanan yang satu ini bisa membantu perkembangan otak anak. Telur menjadi sumber protein yang baik bagi otak anak. Bagian kuning telurnya mengandung kolin yang baik bagi perkembangan otak. Untuk itu, Anda bisa memberikan telur secara rutin untuk menu sarapan atau makan siang si kecil.

3. Selai Kacang

Selai kacang menjadi salah satu asupan nutrisi yang baik bagi perkembangan otak anak. Kacang merupakan makanan mengandung antioksidan tinggi dan vitamin E yang dapat memberikan perlindungan pada membrane sel-sel otak terhadap radikal bebas. Selai kacang yang baik dikonsumsi untuk perkembangan otak anak, yaitu macadamia dan almond. Selai yang mengandung rendah natrium dan gula lebih baik untuk dikonsumsi.

4. Sayuran Berwarna

Sayuran selain baik untuk pencernaan, juga bagus untuk perkembangan otak anak. Untuk itu, berikan sayur-sayuran berwarna seperti bayam, labu, atau tomat yang kaya akan antioksidan. Sayur-sayuran tersebut dipercaya mampu menguatkan membrane sel pada tubuh. Semakin cerah dan segar sayuran, semakin baik juga untuk dikonsumsi karena kandungan antioksidannya semakin tinggi.

5. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang banyak terkandung pada sereal yang disukai anak-anak. Oatmeal mengandung karbohidrat yang bisa mendukung proses belajar di sekolah. Selain itu, oat juga mengandung vitamin B, E, zinc, dan potasium yang bisa membantu otak bekerja secara optimal.

6. Buah Beri

Selain sayur-sayuran, buah-buahan juga bagus untuk membantu perkembangan otak anak, khususnya buah beri. Buah seperti blackberry, stroberi, dan blueberry mengandung zat antioksidan yang tinggi seperti vitamin C. Sebuah studi menunjukan bahwa kandungan yang terdapat pada buah beri mampu memperbaiki daya ingat, khususnya pada anak-anak.

Demikianlah enam jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk perkembangan otak anak. Penuhi nutrisi dan gizi anak dengan DHA, vitamin, mineral, dan gizi baik lainnya, agar daya tumbuh kembang anak berlangsung dengan optimal. Lebih dari itu, pemberian nutrisi dan gizi yang tepat pada anak akan menjadikan anak tumbuh menjadi pribadi yang sehat dan ceria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.