5 Cara Merawat Rambut Rontok dengan Mudah

27 April 2019 © Protected by COPYSCAPE

Memiliki rambut yang indah merupakan impian semua orang. Untuk mendapatkannya, tentu Anda harus melakukan berbagai rangkaian perawatan, seperti menggunakan masker rambut, tonic, serum, dan masih banyak lagi. Namun ada beberapa perawatan yang tidak bisa dilakukan sembarangan, seperti cara merawat rambut rontok. Rambut yang rontok haruslah memiliki perawatan khusus agar tidak kesehatan rambut tetap terjaga.

Siapa saja bisa mengalami rambut rontok. Rambut yang rontok bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya akibat perubahan hormon, asupan nutrisi yang tidak seimbang, zat-zat kimia pewarna rambut, efek samping obat-obatan, tekanan psikologis atau stress, penyakit kulit, pengobatan kanker, dan masih banyak lagi. Tentu saja jika tidak diatasi dengan serius, maka kerontokan akan semakin parah.
Jika Anda tidak segera mengatasi rambut yang rontok, maka hal-hal buruk pun kemungkinan besar terjadi. Sebenarnya, rambut rontok bukanlah hal yang mengerikan, namun jika kondisinya sudah agak parah, maka khawatir akan memicu kebotakan. Kebotakan pada pria bisa ditangani dengan mengkonsumsi obat finasteride dan minoxidil. Sedangkan kebotakan pada perempuan bisa ditangani dengan mengkonsumsi minoxidil.

Jika kedua pengobatan tersebut tidak berhasil, maka mau tidak mau Anda harus melakukan transplantasi rambut yang memakan biaya yang tidak sedikit. Untuk melakukan transplantasi ini, Anda harus memiliki rambut yang cukup tebal di area samping atau belakang kulit kepala untuk mendapatkan folikel rambut yang cukup untuk dipindahkan ke bagian yang botak.

Merawat Rambut Rontok dengan Mudah

5 Cara Merawat Rambut Rontok dengan Mudah

Ilustrasi Rambut [Photo by Bennie Lukas Bester from Pexels]

Maka dari itu, sebelum kerontokan pada rambut semakin parah, simak beberapa cara merawat rambut rontok di bawah ini.

1. Menggunakan sisir yang tepat

Pada saat selesai mandi, tentu Anda khawatir rambut Anda akan semakin rontok jika disisir. Sisir menjadi musuh utama jika rambut Anda mengalami kerontokan. Solusinya yaitu Anda bisa menggunakan sisir berbahan kayu yang renggang pada saat kondisi rambut masih basah. Setelah itu, gunakan sisir yang biasa setelah rambut sudah agak kering. Hal ini dilakukan agar rambut tidak tertarik-tarik, sehingga dapat meminimalisir kerontokan.

2. Mengoleskan minyak kelapa

Solusi yang kedua yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa. Kandungan yang terdapat pada minyak kelapa dapat membantu untuk mengurangi rambut rontok sekaligus membuat rambut menjadi lebhih berkilau. Caranya yaitu oleskan pada seluruh permukaan kulit rambut sehabis keramas. Lakukan langkah ini secara rutin agar rambut Anda tidak lagi rontok.

3. Mengeringkan rambut dengan cara yang tepat

Setelah Anda keramas, biasanya Anda langsung menggosoknya dengan handuk agar cepat kering. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengeringkan rambut Anda. Jangan menggosok rambut Anda dengan handuk terlalu keras karena hal tersebut akan membuat rambut menjadi kusut dan mudah rontok. Cukup tepuk-tepuk seluruh bagian rambut secara perlahan dan biarkan kering dengan sendirinya.

4. Memilih perawatan produk yang sesuai

Langkah yang ke empat yaitu menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda mengalami kerontokan rambut, maka pilihlah produk khusus mengatasi rambut rontok. Banyak berbagai merk sampo yang dibuat khusus untuk perawatan rambut rontok, seperti Tresseme.

5. Mengkonsumsi suplemen

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu mengkonsumsi suplemen. Konsumsilah suplemen vitamin yang bisa membuat rambut Anda sehat kembali tanpa adanya kerontokan. Tentu saja sebelum mengkonsumsi suplemen, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepad ahlinya agar dosis yang diberikan tepat sesuai dengan kebutuhan.

Nah, itulah beberapa rangkuman cara merawat rambut rontok dengan mudah. Semoga keluhan rambut rontok Anda segera teratasi ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.