Ingin Menghadapi Wawancara Kerja? Persiapkan Beberapa Hal Ini!

23 April 2022 © Protected by COPYSCAPE

Bisa mendapatkan pekerjaan setelah lulus sekolah atau kuliah tentu menjadi impian semua orang. Anda yang belum pernah bekerja dan ingin segera mendapatkan pengalaman, tidak ada salahnya mencoba melamar pekerjaan sebelum lulus kuliah pun. Pastikan Anda melengkapi semua berkas administrasi yang dibutuhkan dan bersiap menunggu informasi selanjutnya. Bila Anda lolos seleksi administrasi, maka persiapkan diri mengikuti tes interview kerja dengan baik.

Persiapan Mengikuti Tes Interview

Persiapan Mengikuti Tes Interview

Ilustrasi interview pekerjaan

Tes interview yang sudah Anda persiapkan dengan baik bisa ambyar di tengah jalan bila Anda tidak mampu mengatasi rasa gugup. Guna menjalani sesi wawancara yang lebih yakin dan percaya diri, maka pertimbangkan untuk menerapkan beberapa persiapan berikut:

1. Memahami profil perusahaan

Sebelum mengikuti tes wawancara, ada baiknya Anda memahami profil perusahaan secara detail. Portofolio perusahaan mulai pendirian, visi dan misi, produk atau hal-hal krusial lain harus ada dalam kepala. Bisa jadi perekrut akan mempertanyakan beberapa hal tentang perusahaan untuk mengetahui kualitas Anda dalam mengenal perusahaan tersebut.

2. Pastikan punya skill dan paham tugas posisi yang dilamar

Setiap lowongan pekerjaan memiliki kualifikasi yang diharapkan sehingga Anda harus memenuhi ekspektasi itu. Minimal Anda punya skill yang dibutuhkan, termasuk paham apa saja tugas yang harus dilakukan posisi tersebut.
Misalnya Anda melamar pekerjaan sebagai staf pemasaran, maka pastikan Anda alur pemasaran di perusahaan, punya kemampuan komunikasi yang bagus, selalu punya ide dan cara memasarkan produk atau jasa, dan lain-lain.

3. Mempersiapkan diri apa adanya

Menjadi diri sendiri itu lebih baik dibandingkan menjadi orang lain saat Anda melakukan sesi wawancara. Jangan biarkan Anda menjadi orang lain sehingga tidak bisa menunjukkan kelebihan yang menonjol dalam diri. Bila ada kekurangan pun, maka katakan sejujurnya tapi tetap tunjukkan usaha Anda dalam mengatasi kekurangan tersebut.

4. Berlatih wawancara di rumah

Perlu sekali untuk melatih kemampuan diri sendiri dengan mempersiapkan mental di rumah. Anda bisa berhadapan dengan cermin untuk memastikan percaya diri penuh, kemudian cobalah jawab pertanyaan-pertanyaan umum dalam wawancara yang acap dilontarkan.

Perbaiki ekspresi atau gesture tubuh yang kurang baik sehingga Anda bisa melakoni wawancara dengan baik. Boleh meminta bantuan orang terdekat untuk membantu Anda dalam sesi latihan wawancara ini, ya!

5. Menyiapkan penampilan sebaik mungkin

Selain Anda sudah menyiapkan mental dengan baik dalam menghadapi wawancara, maka perlu pula memperhatikan penampilan fisik. Bukankah orang akan memandang pertama dari penampilan visual lebih dulu? Bila Anda memang punya kelebihan paras, Anda perlu bersyukur dengan kelebihan itu. Bukan berarti penampilan fisik yang biasa saja tidak bisa bersaing, asal Anda memastikan penampilan lebih rapi dan sesuaikan dengan konsep perusahaan.

Bila melamar di perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif, maka Anda bisa tampil kasual yang rapi. Bila melamar di instansi negara atau perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan umum, sebaiknya pakai pakaian yang formal. Catatan tentang berpakaian saat wawancara harus diteliti agar Anda bisa memenuhi peraturan yang sudah ditetapkan.

Jangan lupa untuk membawa peralatan tulis atau berkas dokumen yang dibutuhkan perusahaan sesuai dengan kebutuhan saja. Datang lebih awal minimal setengah jam sampai lima belas menit sebelum wawancara sangat diperlukan agar Anda tidak terlambat sesi ini. Bila Anda mengalami kesulitan melakukan tes wawancara, ada baiknya melakukan pelatihan online seputar interview yang bermanfaat. Yuk, bersiap menghadapi pewawancara dengan jawaban-jawaban yang memuaskan dipadukan kepercayaan diri tinggi!

Komentar pada artikel "Ingin Menghadapi Wawancara Kerja? Persiapkan Beberapa Hal Ini!"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
Belum ada riwayat komentar pada postingan ini. Jadilah yang pertama memberikan komentar atau pertanyaan melalui form komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.