Perlukah Asuransi Kesehatan Tambahan Jika Kantor Sudah Menyediakannya?

24 Oktober 2019 © Protected by COPYSCAPE

Untuk menjamin kesehatan para karyawannya, terkadang kantor bekerja sama dengan perusahaan asuransi kesehatan terbaik 2018. Banyak kantor mendaftarkan karyawannya sebagai peserta asuransi kesehatan.

Hal ini jelas menguntungkan para karyawan, namun tak urung mendatangkan pertanyaan. Apakah masih perlu memberi asuransi kesehatan tambahan jika kantor sudah menyediakannya? Untuk ini sebenarnya terserah kepada individu masing-masing. Namun sebelum memutuskan apa yang harus dilakukan, sebaiknya simak dulu sejumlah pertimbangan yang disebutkan di bawah ini.

Pertimbangan Jika Ingin Membeli Asuransi Kesehatan Pribadi yang Sudah Disediakan Kantor

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan Saat Kantor Bekerja Sudah Menyediakannya

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan Saat Kantor Bekerja Sudah Menyediakannya

1. Manfaat yang Ditawarkan Sudah Cukup Atau Belum?

Coba telusuri apakah manfaat asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh kantor sudah cukup atau belum. Ambil contoh mudahnya begini, kantor hanya menyediakan biaya rawat inap dengan kamar kelas II. Apabila Anda selama ini terbiasa dirawat inap di kamar kelas I, otomatis manfaat yang ditawarkan oleh kantor masih kurang, bukan? Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli asuransi tambahan jika merasa manfaat terasa kurang.

2. Manfaat yang Ditawarkan Sudah Mencakup Semua Anggota Keluarga atau Tidak?

Selanjutnya, apakah manfaat yang ditawarkan oleh pihak kantor juga termasuk semua anggota keluarga atau tidak? Jika Anda memang tidak masalah dengan kantor yang hanya menjamin kesehatan Anda, maka tidak perlu membeli asuransi tambahan.

Tetapi kalau Anda juga ingin menjamin kesehatan anggota keluarga yang lain sementara kantor tidak memberikannya, maka Anda harus membelinya.

3. Manfaat yang Ditawarkan Meliputi Karyawan yang Tidak Aktif atau Tidak?

Ada beberapa kantor yang menerapkan peraturan jika karyawan tidak masuk selama lebih dari 1 bulan, maka dia dinyatakan keluar dari pekerjaan. Andaikan nanti Anda sakit dan harus menjalani rawat inap lebih dari 1 bulan, ini sudah merupakan alasan yang cukup untuk menganggap Anda berhenti bukan? Berkaitan dengan hal tersebut, maka Anda perlu mencari tahu, apakah asuransi kesehatan dari kantor juga menjamin biaya perawatan karyawan yang tidak aktif atau tidak. Sebaiknya anda membeli asuransi tambahan saja jika hal tersebut tidak dijamin.

4. Manfaat yang Ditawarkan Hanya untuk Satu Rumah Sakit Saja atau Tidak?

Selanjutnya, Anda juga perlu mempertimbangkan, apakah manfaat yang ditawarkan asuransi kesehatan dari kantor berlaku di beberapa rumah sakit atau hanya di satu rumah sakit tertentu saja? Jangan lupa pertimbangkan juga apakah ada beberapa penyakit yang tidak dijamin oleh kantor.

Setelah Anda mempertimbangkan berbagai hal di atas lalu jawabannya ternyata harus membeli asuransi kesehatan tambahan, jangan asal pilih perusahaan asuransi, ya. Pilih yang benar-benar terbaik agar manfaatnya bisa lebih maksimal. Dalam hal ini mungkin Anda bisa mempertimbangkan perusahaan asuransi Generali. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.