Pengalaman Belanja di commercial_store Shopee

8 Mei 2017 © Protected by COPYSCAPE

Halo sobat MUHRID. Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman pribadi saat berbelanja online di salah satu toko online yang ada di Shopee, yaitu commercial_store. Sebelum melanjutkan, saya ingin tekankan bahwa apapun yang saya tulis dalam artikel ini maupun artikel di kategori Review lainnya adalah pengalaman saya pribadi, jadi tidak menutup kemungkinan Anda akan memiliki pengalaman belanja yang berbeda dengan yang saya alami.

Pengalaman belanja yang ingin saya bagikan adalah pengalaman belanja di toko online commercial_store. Jadi, yang lebih saya tekankan di sini adalah pengalaman belanja di toko online commercial_store, bukan di Shopee.

Kita semua tahu bahwa Shopee hingga saat ini masih memberikan promo ongkir hingga Rp30.000 untuk pembelian minimal Rp120.000 pada toko tertentu. Berdasarkan notifikasi resmi dari aplikasi Shopee per tanggal 8 Mei 2017, promo ini berlaku hingga 31 Mei 2017.

Pengalaman Belanja di commercial_store Shopee

Kebetulan, saat itu saya sedang memerlukan case (casing) iphone 6 yang biasa dan anti air. Dengan pertimbangan promo ongkir dan saya sedang malas mengeksplorasi daerah Banjarbaru untuk mencari penjual casing yang saya inginkan, akhirnya saya memutuskan untuk membeli di Shopee. FYI, promo ongkir Rp30.000 hanya didapat jika Anda melakukan pembelian minimal total Rp120.000 dari 1 toko (berasal dari toko yang sama). Untuk mendapatkan promo tersebut, saya melakukan pencarian produk dengan menggunakan filter khusus untuk toko yang menyediakan casing iphone 6 yang biasa dan anti air dalam 1 toko. Akhirnya, saya menemukan toko online commercial_store.

Dengan berbagai pertimbangan (review yang bagus dari pembeli sebelumnya, harga produk terjangkau, dan lain-lain), akhirnya saya memutuskan untuk membeli di toko online commercial_store. Total belanjaan saya saat itu adalah Rp140.000. Berikut rincian pesanan saya:

Rincian Pesanan

Rincian Pesanan

Waterproof Case Iphone 6 seharga Rp50.000, Slim Silicone Case Ultra Thin Slim Plug Case iPhone seharga Rp30.000, Slim Silicone Case Ultra Thin NO PLUG Case iPhone seharga Rp30.000, dan Ultra Thin Slim Hardback Case iPhone seharga Rp30.000. Total belanjaaan Rp140.000 dan sudah memenuhi untuk mendapatkan promo ongkir.

Waktu Proses Pengiriman

Informasi tentang status pengiriman (kapan saya membuat membuat pesanan, barang sampai, dan lain-lain) bisa Anda lihat pada gambar cuplikan di bawah ini:

Status Pengiriman

Status Pengiriman

Untuk pembayaran saya lakukan pada 30 Maret 2017 pukul 15:21. Jadi, ketika saya melakukan pembayaran, pada saat itu juga Shopee memberikan rincian pesanan kepada pihak penjual. Dari waktu penjual menerima rincian pesanan danĀ  waktu proses pengiriman barang di atas, dapat diketahui bahwa penjual (termasuk pihak ekspedisi menginput resi pengiriman) memerlukan waktu selama 2 jam 53 menit.

Paket kiriman saya terima pada tanggal 1 April 2017 dan langsung saya “bongkar” saat itu juga. Pada saat membuka isi paket, saya mendapatkan semua casing dalam keadaan bagus, baik, dan bisa dikatakan Worth It. Namun, sayangnya casing yang saya dapatkan semua berwarna putih transparan. Padahal, untuk pesanan Slim Silicone Case Ultra Thin Slim Plug Case iPhone seharga Rp30.000 saya memesan warna hitam. Karena saya orangnya tidak ingin ribet, Que sera, sera – apa yang terjadi, terjadilah -, saya tidak ada niat untuk menghubungi penjual terkait kesalahan pengiriman salah satu barang. Namun tentunya, karena memiliki hak, saya memberikan penilaian pada kolom penilaian produk dengan memberikan bintang 1 dari 5 dan menuliskan “Barang tidak sesuai dengan pesanan. Saya pesan warna hitam, yang datang warna bening”.

Respon Penjual Terhadap Kesalahan Pengiriman

Kisaran waktu sekitar 12 jam setelah menuliskan penilaian, akhirnya penjual menghubungi saya melalui fitur chat Shopee terkait kesalahan pengiriman barang. Berikut cuplikan chat saya dengan penjual:

Chat dengan commercial_store (1)

Chat dengan commercial_store (1)

Chat dengan commercial_store (2)

Chat dengan commercial_store (2)

Penjual menghubungi saya dan mengatakan bahwa akan bertanggung jawab untuk mengirimkan barang sesuai pesanan. Penjual juga bersedia menanggung biaya ongkir untuk produk yang dikirim, serta untuk produk yang salah kirim diberikan gratis kepada saya sebagai bonus. Sebagai gantinya, saya memperbarui penilaian produk dengan menambahkan bintang menjadi bintang 3 dan memberikan keterangan bahwa penjual akan bertanggung jawab. Berikut penilaian produk yang telah saya perbarui:

(Update) Penilaian Produk

(Update) Penilaian Produk

Alasan saya memberikan bintang 3 adalah karena awalnya saya was-was itu hanyalah akal-akalan dari penjual agar bisa mendapatkan bintang 5 dengan memberi harapan kepada saya. Niatnya adalah saya akan memberikan bintang 5 apabila barang telah diterima.

Chat dengan commercial_store (3)

Chat dengan commercial_store (3)

Chat dengan commercial_store (4)

Chat dengan commercial_store (4)

Chat dengan commercial_store (5)

Chat dengan commercial_store (5)

Alhamdulillah barang sudah saya terima dengan baik. Namun sayangnya, ternyata Shopee hanya memperbolehkan penggunanya untuk melakukan perbaruan penilaian produk sebanyak 1 kali. Jadi, melalui artikel ini saya kembali meminta maaf kepada pihak commercial_store karena tidak bisa memberikan penilaian terbaru terkait produk Slim Silicone Case Ultra Thin Slim Plug Case iPhone. Serta, saya juga memohon maaf karena sempat bersu’udzon pada niat baik dari commercial_store. Juga, saya ucapkan terimakasih atas bonus yang diberikan, semoga usahanya sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.