Pengalaman Klaim Garansi SSD WD Green 120GB di Trinity Plaza

9 November 2018 © Protected by COPYSCAPE

Melalui postingan ini, saya hanya ingin berbagi pengalaman tentang begitu mudahnya proses klaim garansi SSD WD Green 120GB yang saya beli di toko online Trinity Plaza. Perlu saya beritahukan terlebih dahulu bahwa saya tidak dibayar dalam bentuk apapun oleh toko ataupun brand yang bersangkutan. Postingan ini saya buat hanya untuk berbagi pengalaman kepada pembaca sekalian, sekaligus sebagai bentuk terima kasih kepada toko yang bersangkutan atas pelayanan yang baik dan ramah.

Semuanya bermula ketika MBP (Macbook Pro) yang saya gunakan tidak bisa melakukan booting seperti biasanya. Mungkin istilahnya adalah kernel panic, dimana layar MBP hanya menunjukkan logo Apple sebagai backgroundnya dan ada tulisan yang sebagian besarnya tidak terlalu saya mengerti apa maksudnya. Sedikit tulisan yang saya mengerti adalah:

Mac OS version:
Not yet set

Kernel panic Mac OS version Not yet set

Kernel panic Mac OS version: Not yet set

Sebatas pengetahuan yang ada, saya menyimpulkan adanya masalah pada SSD yang saya gunakan sebagai sistem operasi MacOS. Untuk memastikan permasalahan bersumber dari SSD, saya melakukan eksperimen kecil.

SSD yang dimaksud adalah SSD yang saya beli di Trinity Plaza pada tanggal 3 September 2018 dan masalahnya (di dalam cerita ini) muncul 2 November 2018.

Sekedar informasi, saya menggunakan SSD untuk sistem operasi MacOS dan HDD (menggunakan HDD Caddy) sebagai penyimpanan file di MBP saya. Nah, karena kebetulan saya pernah melakukan backup sistem operasi MacOS di HDD, jadi ketika terjadi kegagalan booting di awal, saya langsung coba untuk memilih booting menggunakan HDD. Ternyata, MBP bisa hidup dan masuk ke sistem operasi MacOS. Dari sana, sudah dapat dipastikan bahwa permasalahan benar-benar bersumber dari SSD.

Untuk lebih memastikan, saya melepaskan SSD tersebut dari MBP dan memasangkannya di laptop saya yang lain, ternyata SSD juga tidak bisa terhubung. Jadi, sudah dapat dipastikan bahwa SSD tersebut rusak.

Mengingat garansi yang tertulis pada deksripsi produk di SSD WD Green 120GB ini adalah 3 tahun, saya langsung menghubungi Trinity Plaza selaku penjual dan melaporkan tentang permasalahan yang saya alami.

Bagaimana cara klaim produk ini? Pembelian tanggal 3 September 2018 dengan harga Rp455.000. Saat ini 2 November 2018, ssd tidak berfungsi sehingga tidak bisa masuk mac, saat saya coba menggunakan hdd lama, bisa masuk mac dan berjalan dengan normal. Saya juga coba gunakan ssd di laptop lain, tetap tidak bisa. Mohon informasi bagaimana cara klaim garansinya, terima kasih.

Tidak berselang lama (hanya 1 menit), TP membalas chat saya dengan mengirimkan cara klaim garansi untuk produk yang saya laporkan.

Cara Claim Garansi:
1. Kirim balik barang ke toko kami.
2. Cantumkan no Invoice tokopedia (INV/../…/…) pada paket nya.
3. Kami akan cek dan kirim balik gantinya ke alamat di invoice.

Cara klaimnya ternyata sangat mudah, pihak TP hanya meminta untuk mengirimkan SSD yang telah rusak beserta kelengkapan lainnya seperti saat beli pertama kali ke alamat mereka disertai dengan lembar invoice dan informasi masalah kerusakan.

Di tanggal yang sama, 2 November 2018, di sore harinya saya sempatkan untuk langsung mengirimkan barang yang diminta ke alamat yang sudah diinformasikan sebelumnya menggunakan jasa ekspedisi JNE dengan service YES (Yakin Esok Sampai) dan menghabiskan dana sebesar Rp29.000,00. Dikarenakan ada beberapa kendala saat pengiriman (rumah atau kantor kosong pada saat barang diantar ke tempat tujuan), akhirnya paket baru sampai pada tanggal 5 November 2018 pukul 15:10 WIB. Saat konfirmasi pada tanggal 6 November 2018, pihak TP langsung mengirimkan nomor resi yang setelah saya cek ternyata paket sudah dikirimkan dari tanggal 5 November 2018 pukul 17:32 WIB menggunakan jasa ekspedisi JNE dengan service REG. Paket saya terima pada tanggal 7 November 2018 pukul 06:54 WITA dan baru bisa saya cek malam harinya.

SSD yang saya terima benar-benar baru, sama seperti saat saya pertama kali beli SSD. Sedikit perbedaan yang ada hanya dari box SSD-nya. Box SSD yang saya terima saat ini ada label bertuliskan Distributor Resmi EA blabla, sedangkan box SSD yang dulu tidak ada. SSD berfungsi normal saat saya coba jalankan dan sejauh ini tidak ada masalah.

SSD WD Green 120GB baru

SSD WD Green 120GB baru

Dari pengalaman ini, saya merasa sangat beruntung memilih toko Trinity Plaza sebagai tempat saya membeli SSD WD Green 120GB. Selain pelayanan yang ramah dan cepat tanggap, Trinity Plaza juga bertanggung jawab dalam hal garansi produk yang saya beli. Hal ini sangat saya apresiasi, terlebih lagi tidak ada tagihan ongkos kirim paket dari Trinity Plaza ke alamat saya yang ternyata mencapai Rp45.000,00 (lebih mahal dari ongkos kirim saya yang hanya Rp29.000,00). Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.