Manfaat Bayam bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Tepat

27 September 2018 © Protected by COPYSCAPE

Anda tentu tak lagi asing dengan sayuran hijau andalan Popeye satu ini bukan? Mudah didapat dan memiliki harga murah tentu tidak menyulitkan Anda untuk mengonsumsinya. Meski begitu, tahukah Anda apa saja manfaat bayam bagi kesehatan? Berikut ini sedikit ulasannya beserta cara pengolahan bayam yang tepat.

Manfaat Bayam bagi Kesehatan

Manfaat Bayam bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Tepat

Manfaat Bayam bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Tepat

1. Mencegah Radang dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengandung zat antiosidan yang tinggi, bayam dapat mencegah terjadinya peradangan atau infeksi pada sel-sel dan jaringan tubuh. Selain itu, zat antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang bisa mengganggu kinerja dan metabolisme tubuh. Seperti penyakit rematik yang menyerang sendi bisa dicegah dengan mengonsumsi bayam secara teratur.

Selanjutnya kandungan vitamin A, vitamin C, asam folat dan magnesium pada bayam dapat meningkatkan sistem imunitas pada tubuh Anda. Vitamin C sendiri mampu menghambat perkembangan virus influenza sehingga tidak menyebabkan flu dan demam.

2. Mencegah dan Mengobati Anemia

Bagi Anda yang mengalami penyakit kekurangan sel darah merah, dokter pasti menyarankan untuk mengonsumsi sayur-sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam. Kandungan zat besi sangat tinggi pada bayam sehingga dapat membantu produksi hemoglobin dan menyimbangkan kadarnya dalam darah.
Lebih baik lagi jika Anda sudah mengonsumsinya secara teratur. Kandungan vitamin pada Bayam dapat menjaga keseimbangan hemoglobin dalam darah sehingga mencegah Anda mengalami gejala anemia seperti mudah lelah atau pusing. Konsumsi bayam juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular yang menyerang pembuluh darah.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Kandungan kareotenoid, lutein dan zeaxhanthin pada bayam dapat menangkal virus dan radikal bebas yang memiliki kemungkinan berkembang menjadi sel-sel kanker dalam tubuh. Selain itu, zat flavonoid pada bayam dapat menghambat sel-sel perusak untuk berkembang dan mati denga sendirinya.
Mengonsumsi bayam secara teratur terbukti dapat mencegah beberapa penyakit kanker di antaranya kanker prostat, kanker payudara dan kanker rahim. Beberapa jenis kanker yang lain tidak dapat melakukan pembelahan sel sehingga sel kanker tersebut tidak meluas ke area yang lain.

4. Menjaga Kesehatan Mata dan Menguatkan Tulang

Memiliki kandungan beta karoten serta vitamin A yang tinggi, mengonsumsi bayam secara teratur dapat mengindarkan Anda dari terjadinya penyakit katarak, rabun senja atau degradasi makula mata. Selain mencegah mata dari penyakit di usia lanjut, bayam juga menjaga kejernihan pandangan.
Memiliki kandungan mineral yang tinggi, kesehatan tulang Anda akan terjaga jika mengonsumsi bayam dengan teratur. Kandungan magnesium, seng, zat besi dan fosfor juga dapat mencegah tulang dari kerusakan jaringan dan juga kerapuhan yang mungkin terjadi karena faktor usia lanjut.

5. Mencegah Diabetes dan Tekanan Darah Tinggi

Beberapa kandungan penting dalam bayam dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh. Kandungan kalium dan solium pada bayam juga dapat menyeimbangkan tekanan darah tinggi. Konsumsi bayam secara teratur juga mengurangi risiko terjadinya kompikasi akibat penyakit diabetes.

Cara Mengolah Bayam yang Tepat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan, belilah bayam yang masih segar untuk memastikan vitamin dan nutrisi yang didapat optimal. Cuci bayam dengan direndam dalam wadah berisi air lalu usap seluruh permukaannya. Simpan dalam wadah bersih yang kedap udara atau di dalam plastik jika bayam tidak langsung diolah.

Selanjutnya masak bayam dalam waktu satu hingga tiga menit. Memanaskan bayam dalam waktu lebih dari empat menit akan membuat zat-zat penting juga nutrisi terurai dan kehilangan kandungan asam folat di dalamnya. Selain itu, sebaiknya sayur bayam tidak dipanaskan ulang karena akan semakin merusak kandungan vitamin yang terdapat pada bayam.

Itulah sedikit ulasan mengenai manfaat bayam bagi kesehatan. Sayuran hijau satu ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh keluarga Anda. Berbagai penyakit dapat dicegah dengan mengonsumsi bayam secara teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.