Mengenal Susunan Lapisan Gigi, Penyebab, dan Obat Sakit Gigi

29 Oktober 2020 © Protected by COPYSCAPE

Siapa yang tidak menginginkan gigi sehat? Dengan gigi yang sehat Anda dapat menikmati berbagai jenis tekstur makanan. Selain itu, gigi yang sehat dapat meningkatkan rasa percaya diri. Sakit gigi adalah penyakit yang mungkin hampir pernah dialami oleh semua orang. Meskipun terkesan penyakit yang sederhana, namun sakit gigi juga menjadi penyakit yang sangat dihindari. Oleh karena itu upayakan untuk segera mencari obat sakit gigi setiap kali mengalami keluhan sakit gigi.

Ya, sakit gigi tidak hanya menyebabkan nyeri namun juga mempengaruhi suasana hati sehingga mempengaruhi produktivitas Anda. Sehingga ketika mengalami sakit gigi orang-orang akan segera mencari obat sakit gigi untuk meredakannya. Namun perlu Anda ketahui, pengobatan pada sakit gigi tergantung dari penyebab serta lokasi pada lapisan gigi.

Susunan Lapisan Gigi

Mengenal Susunan Lapisan Gigi Penyebab dan Obat Sakit Gigi

Ilustrasi gigi

Gigi bukan hanya tulang yang terletak pada mulut Anda, namun gigi memiliki lapisan kompleks yang memiliki fungsinya masing-masing. Lapisan gigi terdiri dari:

1. Enamel

Merupakan bagian terluar dari gigi Anda. Enamel berwarna putih dan merupakan lapisan gigi yang paling keras. Enamel tersusun oleh kalsium fosfat dan juga mineral. Enamel berfungsi melindungi bagian dalam gigi dimana terdapat pembuluh darah dan saraf.

2. Dentin

Lapisan kedua gigi setelah enamel. Struktur dentin sendiri berongga-rongga, sehingga ketika gigi Anda berlubang maka Anda akan merasakan kepekaan yang lebih karena baik panas maupun dingin dapat masuk ke bagian dalam melalui rongga-rongga ini dan diterima langsung oleh saraf gigi Anda.

3. Pulp

Merupakan lapisan gigi yang terdiri dari saraf dan pembuluh darah. Sakit gigi sendiri umumnya disebabkan karena bakteri yang masuk dan menginfeksi lapisan pulp. Dalam kasus seperti ini, dokter umumnya akan memberikan obat sakit gigi berupa antibiotik.

4. Sementum

Merupakan jaringan ikat. Yang mengikat kuat gigi ke gusi.

5. Ligamentum

Jaringan yang menahan erat gigi di rahang.

Penyebab Sakit Gigi

Sakit gigi yang Anda alami dapat disebabkan efek dari infeksi gusi dan mulut atau dapat disebabkan oleh gigi itu sendiri. Sakit gigi yang disebabkan oleh gigi umumnya diawali dengan gejala gigi berlubang dan munculnya plak gigi. Berdasarkan penyebabnya, sakit gigi umumnya disebabkan hal-hal sebagai berikut:

1. Kerusakan gigi

Kerusakan gigi umumnya disebabkan kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Makan dan minum terlalu panas atau terlalu dingin juga memiliki peran terhadap kerusakan gigi.

2. Gigi abses

Abses sendiri adalah benjolan yang berisi nanah. Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri.

3. Fraktur gigi

Fraktur gigi adalah kondisi gigi retak atau patah. Fraktur dapat menyebabkan sakit gigi namun mungkin juga tidak tergantung dari seberapa parah dan lokasi fraktur gigi.

4. Tambalan yang rusak

Jika tambalan gigi Anda rusak, sebaiknya segera lakukan penambalan ulang. Penambalan gigi diperlukan untuk menghindarkan sensasi berlebih yang dapat langsung dirasakan oleh saraf melalui dentin. Selain itu, gigi berlubang juga dapat menyebabkan infeksi pada gigi karena bakteri dapat masuk ke dalam gigi Anda.

5. Gerakan berulang dan menggeretakkan gigi

Gerakan berulang dan menggertakkan gigi dapat menyebabkan fraktur gigi yang mungkin dapat menyebabkan sakit gigi.

Pengobatan dan perawatan sakit gigi tergantung dari sumber penyebab sakit gigi dan seberapa parah sakit gigi Anda. Tindakan dan pengobatan segera sangat diperlukan ketika Anda merasakan sakit gigi untuk menghindari infeksi kronis gigi akibat bakteri.

Infeksi akibat bakteri umumnya ditandai dengan pembengkakan pada gusi dan demam. Jika hal ini terjadi, selain antibiotik, analgetik dan antipiretik umumnya akan diresepkan sebagai obat sakit gigi. Namun tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Obat terbaik bagi gigi Anda adalah dengan selalu jaga kebersihan dan kesehatan gigi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.