Liburan Singkat yang Menyenangkan di Kota Surabaya

Perbaruan: 18 November 2018 © Protected by COPYSCAPE

Setelah mengajukan cuti tahunan dan akhirnya di-ACC, saya memutuskan untuk terbang ke Surabaya. Waktu libur yang kurang lebih seminggu akan saya habiskan di kota berlambang ikan Sura dan Buaya. Liburan kali ini saya pergi seorang diri untuk bisa menikmati waktu lebih intim dengan diri sendiri. Setidaknya dengan liburan sendiri akan memberikan saya kebebasan untuk mengunjungi berbagai tempat tanpa perlu menunda-nunda. Liburan singkat yang menyenangkan saat bertandang ke kota Surabaya.

Museum 10 November

Museum 10 November. Credit to Ya, saya inBaliTimur.

Hari Keberangkatan ke Kota Surabaya

Saya langsung memesan tiket pesawat ke berangkatan dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin langsung menuju Bandara Juanda saat surat cuti saya di-ACC. Pemesanan saya lakukan dengan mudah dan cepat langsung di aplikasi Traveloka. Harga tiket pesawat saya dapatkan murah sekali dengan penerbangan sore hari. Saya suka penerbangan sore hari karena bisa sampai di Bandara Juanda saat senja hari dengan pemandangan lampu kota yang mulai menghiasi kota Surabaya.

Sesampai di Bandara Juanda, saya menunggu pesanan transportasi online. Sambil menunggu saya mencari hotel yang berada di sekitar lokasi Monumen Tugu Pahlawan. Lokasi tempat wisata destinasi pertama yang akan saya kunjungi esok hari. Tidak perlu melakukan hunting dengan waktu yang lama saya sudah mendapatkan hotel yang diinginkan dan sesuai dengan bujet.

Saya mendapatkan penginapan dengan mudah di pencarian hotel Traveloka. Saya beruntung sekali karena bisa mendapatkan hotel bintang 4 dengan harga diskon hingga 50%. Pemesanan dapat dilakukan dengan cepat dan saya bisa melakukan pembayaran dengan transfer lewat mobile banking. Saya memilih hotel Tujungan Surabaya agar bisa sekalian main di Tunjungan Plaza.

Jalan-Jalan di Kota Surabaya

Pagi-pagi sekali saya sudah bangun, tidak mau melewatkan waktu sedetik pun untuk berlama-lama tidur di hotel. Saya langsung sarapan dari fasilitas hotel di jam 7 pagi. Sarapannya lezat sekali dan saya makan dengan sepuasnya dong. Setelah selesai makan di jam setengah 8 saya lanngsung memesan ojek online.
Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November Surabaya buka dari jam 8 pagi. Saya sampai di lokasi hanya kurang dari 5 menit. Saya menunggu sebentar di luar untuk bisa masuk membeli tiket yang tak sampai Rp10.000,00. Sudah standby dengan baterai smartphone yang penuh untuk mengambil setiap spot yang terbaik.

Perjalanan sejarah selalu saja menjadi destinasi saya karena selalu mengingatkan saya pada masa-masa mahasiswa dahulu. Saya suka sekali mengenali sejarah karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Sesekali saya meminta pengunjung lain untuk mengambil foto saya di dalam museum. Setelah lelah berkeliling di museum dan beristirahat sejenak di pelantaran museum, saya mulai mencari destinasi lainnya.

Keputusannya adalah saya sambung lagi penginapan di hotel dengan menelepon pihak hotel dan memutuskan untuk melanjutkan destinasi ke Taman Bungkul Surabaya. Di dekatnya Taman Bungkul ada lapak-lapak yang menjual berbagai macam makanan. Saya tidak menemukan ini di Banjarmasin. Perut yang sudah lapar tidak membuat saya menunggu lama lagi. Langsung saja saya duduk di salah satu lapak yang menjual nasi rawon.

Baru pertama kali saya mendengar ada nasi rawon dan untungnya rasanya cocok di lidah. Nasi dengan kuah berwarna hitam yang dimasak dengan rasa kuah yang lezat. Rawon ini berisi daging dan tauge yang khas. Saya suka pedas dan menambahkan cabe sehingga membuat rasa rawon semakin lezat. Harganya juga murah hanya Rp15.000,00. Selesai makan saya duduk di Taman Bungkul, menikmati suasana keramaian kota Surabaya.

Ada pengamen, ada yang duduk bersama teman-temannya, dan ada juga di sisi taman yang bermain skateboard. Mereka bermain dengan sangat leluasa. Saya beberapa kali mengambil foto suasana di taman ini. Setelah selesai adzan magrib saya memutuskan untuk memesan ojek online dan pergi ke jembatan Suramadu. Saya penasaran sekali dengan indahnya jembatan Suramadu yang dibilang teman-teman saya.
Dari jembatan Suramadu saya langsung ke hotel karena sudah merasa lelah. Setelah sampai di hotel saya kepikiran untuk liburan murah ke Malang ala backpaker. Lagi-lagi saya memilih untuk mencari hotel di pencarian hotel Traveloka. Pilihan hotelnya lengkap dan ada di semua tempat yang diinginkan. Sumpah, praktis sekali dan harganya juga murah.

Saya memutuskan untuk ke Malang dengan memilih daerah Batu, Malang. Ada beberapa destinasi di daerah Batu yang bikin saya gregetan. Saya sudah mencatat beberapa destinasi untuk menajadi tujuan yaitu Museum Angkut, Pasar Terapung, dan Taman Selecta.

Backpaker ke Malang, Batu

Saya membawa carier jadi mudah sekali untuk melakukan perjalanan. Waktu libur tinggal 3 hari lagi. Saya akan berangkat kembali ke Banjarmasin dari Surabaya dengan memesannya langsung di Traveloka.com. Lagi-lagi saya beruntung mendapatkan harga yang murah meriah untuk penerbangan menggunakan Lion Air.

Dari Surabaya ke Malang saya memilih menggunakan kereta api dan juga memesannya di traveloka.com. Pembelian tiket super murah, mudah, dan cepat didapatkan. Saya juga bisa memilih bangku yang diinginkan untuk duduk. Sebelum sampai di Malang saya sudah memesan tiket di daerah Batu dan langsung saja dari Stasiun Malang ke hotel.

Begitu sampai saya langsung ke Pasar Apung dan Museum Angkut. Saya memilih makan siang di Pasar Apung dengan menikmati suasana yang sejuk. Harga makanan di sini juga tidak mahal dan banyak pilihannya. Saya juga sempat berkeliling untuk melihat-lihat oleh-oleh yang bisa dibeli untuk teman-teman kantor. Setelah makan saya langsung ke Museum Angkut yang sudah hits.

Harga tiket museum angkut saat saya datang Rp80.000,00 karena lagi weekend. Seluruh wahana yang ada di dalam Museum Angkut sangat menakjubkan. Saya senang sekali sudah memilih tempat ini sebagai destinasi. Setelah selesai mutar-mutar di museum angkut jarum jam sudah menunjukkan jam 5 sore. Saya juga sudah lelah dan memilih kembali ke hotel.

Perjalanan ke Taman Selecta saya lanjutkan pagi harinya. Hanya tiket Rp25.000,00 untuk menikmati bunga-bunga yang bermekaran. Sungguh suasana yang sangat menyegarkan dan liburan saya yang singkat sangat menyenangkan dan tanpa kendala apa pun. Saya tidak salah untuk memutuskan liburan seorang diri.

Liburan murah ke Malang ala backpaker dapat saya nikmati dengan sangat menyenangkan. Saya bisa kembali ke Surabaya dengan memesan tiket dit traveloka.com. Setelah sampai di Surabaya langsung menuju ke Bandara Juanda untuk pulang ke Banjarmasin. Liburan saya sangat terbantu dengan pemesanan hotel yang cepat dan juga transportasi yang aman di traveloka.com. Harga yang ditawarkan juga banyak sekali promo yang bisa didapatkan.

Komentar pada artikel "Liburan Singkat yang Menyenangkan di Kota Surabaya"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar