Tanya Kenapa #4: Kenapa Perut Keroncongan Saat Lapar?

11 Maret 2016 © Protected by COPYSCAPE

Anda sedang merasa lapar? Apakah Anda merasakan perut keroncongan saat sedang lapar? Atau bahkan, meskipun sudah makan dan kenyang, perut Anda masih keroncongan juga? Mari kita bahas penyebab perut keroncongan saat lapar ataupun kenyang dalam artikel kategori Tanya Kenapa yang berjudul Kenapa Perut Keroncongan Saat Lapar? ini.

Kenapa Perut Keroncongan Saat Lapar

Hati-hati Keroncongan. Foto: foodspotting.com

Kenapa Perut Keroncongan Saat Lapar?

Kenapa Perut Keroncongan Saat Lapar

Kenapa Perut Keroncongan Saat Lapar. Foto: allabout-health.com

Sebelum menjawab pertanyaan ini, perlu kita ketahui bersama bahwa bunyi perut atau perut keroncongan sebenarnya berasal dari proses pencernaan. Jadi, jika Anda pernah berpikir bahwa suara keroncongan berasal dari cacing di dalam perut, maka silakan buang jauh-jauh pemikiran tersebut 😀

Perlu kita ketahui juga bahwa di dalam perut ada suatu proses peristaltik yang berfungsi untuk proses pencampuran makanan, cairan, dan zat-zat lain yang kita makan menjadi suatu adonan lengket. Anggapannya seperti blender. Nah, baik makanan padat, cairan, atau apapun yang kita makan tersebut akan membentuk adonan yang lengket dan akan terus bergerak, termasuk juga gas dan udara dalam usus, yang akan menyebabkan udara dan gas tersebut menjadi tertekan, sehingga terjadilah bunyi perut yang lebih dikenal sebagai keroncongan.

ebenarnya bunyi keroncongan bisa terjadi kapan saja. Tidak peduli saat Anda sedang lapar, kenyang, jomblo, atau apapun, bunyi keroncongan akan muncul jika ada gas dan udara selama proses pencampuran makanan di dalam perut. Namun, terkadang, ketika di dalam perut atau usus kecil masih ada makanan, suaranya lebih pelan, sehingga kurang terdengar jelas, berbeda saat sedang merasa lapar.

Semoga artikel ini bisa menjawab rasa penasaran Anda tentang alasan kenapa perut keroncongan saat lapar ataupun kenyang 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.