Tanya Kenapa #1: Kenapa Lampu Jalan Berwarna Kuning?

27 Februari 2016 © Protected by COPYSCAPE

Selamat datang di posting kategori Tanya Kenapa yang pertama. Pada kategori ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan unik yang sangat jarang ditanyakan namun sebenarnya masih banyak orang  yang belum tahu jawaban dari pertanyaan tersebut. Memang, pertanyaan tersebut terkesan tidak begitu penting, apalagi mempengaruhi rotasi bumi. Tapi perlu Anda tahu bahwa ada penjelasan ataupun alasan kenapa sesuatu hal bisa terjadi. Pada kategori Tanya Kenapa yang pertama ini, saya akan membahas alasan kenapa lampu jalan berwarna kuning?

Bagi Anda yang memiliki pertanyaan unik, silakan tanyakan di kolom komentar di bawah postingan berkategori Tanya Kenapa.

Kenapa Lampu Jalan Berwarna Kuning

Kenapa Lampu Jalan Berwarna Kuning. Foto: pixabay.com – Unsplash

Jika dipikir sepintas, sebenarnya pertanyaan kenapa lampu jalan berwarna kuning ini tidak terlalu penting untuk dijawab. Tapi saya yakin, banyak diantara kita yang masih belum tahu alasan kenapa lampu jalan berwarna kuning? Kenapa tidak merah putih agar lebih terkesan nasionalis? Atau kenapa tidak berwarna pink yang dapat mewakili keromantisan bhinneka tunggal ika? Kenapa? Kenapa? Kenapa? Kenapa saya jomblo? Ops.

Kenapa Lampu Jalan Berwarna Kuning?

Menurut beberapa referensi yang saya gunakan, alasan dari kenapa lampu jalan berwarna kuning adalah karena cahaya kuning memiliki beberapa keunggulan dibandingkan cahaya lain. Jika dibandingkan dengan cahaya merah atau biru, warna kuning memiliki cahaya yang lebih terang.

Beberapa dari Anda mungkin menanyakan kenapa tidak menggunakan cahaya putih? Alasannya adalah karena cahaya putih dapat membuat penglihatan menjadi silau pada malam hari. Sehingga, dipilihkan lampu dengan warna cahaya yang lebih terang dibandingkan cahaya lain namun tidak menyebabkan silau bagi penglihatan manusia, yaitu lampu berwarna kuning.

Selain itu, cahaya kuning juga memiliki kelebihan dapat menembus hujan dan kabut, sehingga cahaya dari lampu masih berfungsi meskipun cuaca sedang hujan atau berkabut.

Alasan pemilihan tersebut juga berlaku pada pemilihan warna cahaya lampu pada kendaraan bermotor. Oleh karena itu, bagi Anda yang hobi modifikasi kendaraan dan mengganti cahaya lampu kendaraan menjadi warna putih, sebaiknya ganti kembali lampu tersebut dengan cahaya kuning untuk keamanan dan kenyamanan kita bersama.

6 komentar pada artikel "Tanya Kenapa #1: Kenapa Lampu Jalan Berwarna Kuning?"

  1. Alan berkata:

    Wah.. baru tau saya alasan kenapa lampu jalanan kuning. Kembangkan terus bro kategori Tanya Kenapa ini.

    Tampilan blognya juga keren. Simple.

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Siap, makasih sob. Salam blogger ya.
      Wih, makasih nih, hehe

  2. Kalau lampu sign warna kuning sama gak alasannya

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Bisa dikatakan sama Pak, prinsipnya adalah warna kuning (lebih tepatnya jingga) lebih direspon dengan baik oleh mata dibandingkan warna lain 😀

  3. Anonim berkata:

    Kenapa dikota blitai lampu yg mulanya kuning dganti putih

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Mungkin maksud Anda kota Blitar?
      Untuk alasan pastinya saya kurang tahu, mungkin karena kebijakan dari pemerintah di daerah tersebut 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.