Tanya Kenapa #6: Kenapa Hari Libur di Indonesia Ditetapkan pada Hari Minggu?

10 April 2016 © Protected by COPYSCAPE
Artikel sebelumnya: Tanya Kenapa #5: Kenapa Mata Terpejam Saat Bersin?

Kenapa hari libur di Indonesia ditetapkan pada hari Minggu? Kenapa hari libur kita hari Minggu? Kenapa tidak setiap hari? Apakah Anda penasaran? Mari cari tahu penyebab hari libur di Indonesia ditetapkan pada hari Minggu pada artikel ke-6 dari kategori Tanya Kenapa ini :D.

Kenapa Hari Libur di Indonesia Ditetapkan pada Hari Minggu

Kenapa Hari Libur di Indonesia Ditetapkan pada Hari Minggu?

Kenapa Hari Libur di Indonesia Ditetapkan pada Hari Minggu?

Untuk menjawab pertanyaan kenapa hari Minggu adalah hari libur ini, mari kita sedikit belajar tentang sejarah terlebih dahulu.

Belajar sejarah atau mengingat-ingat masa lalu bukan berarti tanda gagal move on loh ya. Hanya sekedar untuk mengambil pelajaran dari pengalaman yang ada.

Menurut beberapa sumber yang berhasil saya kumpulkan, tradisi libur pada hari Minggu berasal dari tradisi Romawi Kuno di Italia. Pada zaman dulu, orang-orang Romawi Kuno beribadah pada hari Minggu. Saking ingin fokusnya dalam beribadah, akhirnya mereka menetapkan untuk libur kerja dan menandai hari Minggu atau hari bersejarah lainnya dengan warna merah.

Pada saat yang bersamaan, bangsa Romawi menguasai banyak negara di Eropa, diantaranya Belanda, Inggris, Perancis, Jerman, negara api, dan beberapa negara lain. Sehingga, secara tidak langsung, tradisi tersebut menurun kepada negara-negara yang pernah dijajah oleh bangsa Romawi, salah satunya Belanda.

Nah, seperti yang kita ketahui bersama, Belanda merupakan salah satu negara yang pernah menjajah negara Indonesia kita tercinta ini. Disebabkan oleh Belanda yang juga menganut hari Minggu sebagai hari libur, akhirnya Indonesia juga mewarisi tradisi atau budaya dari Belanda tersebut dengan menetapkan hari Minggu sebagai hari libur. Layaknya Belanda yang juga mendapat tradisi turunan dari orang Romawi Kuno.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penyebab dari kenapa hari libur di Indonesia ditetapkan pada hari Minggu adalah karena Indonesia mewarisi tradisi yang digunakan oleh Belanda ketika menjajah di Indonesia.

FYI, hari libur negara-negara di dunia tidak semuanya sama pada hari Minggu. Contohnya adalah Arab Saudi yang menetapkan hari libur pada hari Jumat.

Artikel selanjutnya: Tanya Kenapa #7: Kenapa Bulu Kuduk Bisa Berdiri?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.