Tanya Kenapa #21: Kenapa Gigi Bergemeletuk Saat Kedinginan?

18 Maret 2017 © Protected by COPYSCAPE

Halo sobat MUHRID. Selamat datang kembali di posting kategori Tanya Kenapa, sebuah kategori yang mencoba untuk menjelaskan kenapa sesuatu bisa terjadi dan menegaskan bahwa sesuatu terjadi karena suatu alasan dan bukan terjadi secara kebetulan. Kali ini kita sudah memasuki Tanya Kenapa yang ke-21 dan pertanyaannya adalah Kenapa Gigi Bergemeletuk Saat Kedinginan?

Tanya Kenapa #21: Kenapa Gigi Bergemeletuk Saat Kedinginan?

Kenapa Gigi Bergemeletuk Saat Kedinginan

Kenapa Gigi Bergemeletuk Saat Kedinginan. Foto: thehindu.com

Bayangkan, pada saat cuaca dingin dan Anda tidak mengenakan jaket ataupun pakaian penghangat lain. Mungkin beberapa saat pertama Anda merasa segar, tapi setelah itu hal aneh akan terjadi. Rasa dingin akan “masuk” ke dalam tubuh secara perlahan, hingga akhirnya menyebabkan tubuh menjadi menggigil. Lalu, semakin lama Anda akan merasakan gigi bergemeletuk, dan yang anehnya Anda merasa sangat sulit untuk menghentikannya.

gemeletuk/ge-me-le-tuk/ v berbunyi “kertuk, kertuk” seperti bunyi gigi yang bersentuhan karena menggigil kedinginan

Sumber: KBBI

Tidak perlu khawatir, hal ini terjadi pada setiap orang – kecuali orang-orang yang tinggal pada iklim yang tidak pernah mendapatkan dingin – Tapi apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari gigi bergemeletuk saat kedinginan?

Jawaban singkat dari pertanyaan ini adalah karena pada saat dingin otot-otot wajah akan bergetar sebagai upaya untuk mendapatkan kehangatan, sehingga menyebabkan gigi menjadi bergemeletuk.

Manusia adalah hewan berdarah panas

Bagi hewan berdarah dingin – seperti serangga, amfibi, reptil dan ikan – mereka tidak perlu khawatir dengan suhu lingkungannya. Hewan akan menjadi panas pada cuaca panas dan hewan akan menjadi dingin pada cuaca dingin. Mereka memiliki adaptasi yang bagus agar organ tubuh tetap bekerja dengan baik meskipun pada suhu ekstrim sekalipun.

Berbeda dengan hewan berdarah dingin, sebagai hewan berdarah panas – seperti sebagian besar mamalia dan burung – manusia memiliki rentang suhu yang agak sempit agar tubuh merasa “nyaman” sehingga tubuh akan selalu berusaha untuk mempertahankan suhu yang stabil. Hal inilah yang menyebabkan kenapa tubuh berkeringat pada saat suhu panas dan menggigil pada saat suhu dingin.

Manusia akan berkeringat dan menggigil pada kondisi tertentu

Regulasi tubuh yang paling umum terjadi adalah berkeringat dan menggigil. Pada saat suhu panas, tubuh akan berkeringat sebagai upaya untuk menurunkan suhu panas di dalam tubuh. Mekanismenya adalah dengan melepaskan uap air dari kulit sehingga akan menimbulkan efek dingin bagi kulit.

Kondisi lain, pada saat suhu dingin, tubuh akan berusaha menciptakan panas dari dalam. Otot rangka – dari tulang kering, paha bahu, tangan, dan pipi – akan bergerak (mengguncang dan menggigil) untuk menghasilkan energi yang akan melepaskan panas. Terlepas dari pernyataan bahwa menggigil adalah tanda dari tubuh yang merasa dingin, proses tersebut sebenarnya lebih dimaksudkan untuk membuat tubuh agar tetap hangat.

Jadi, kesimpulan dari jawaban tentang pertanyaan kenapa gigi bergemeletuk saat kedinginan adalah karena pada kondisi tersebut tubuh sedang berusaha untuk mempertahankan kehangatannya dengan cara menggerakkan beberapa bagian dari dalam tubuh untuk menghasilkan panas secara alami.

1 komentar pada artikel "Tanya Kenapa #21: Kenapa Gigi Bergemeletuk Saat Kedinginan?"

  1. Joe Sentosa berkata:

    mantap gan infonya bermanfaat sekali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.