6 Jenis Olahraga Ringan yang Dapat Anda Lakukan Di Sela-Sela Kesibukan

13 Maret 2022 © Protected by COPYSCAPE

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar tentulah menjadi keinginan setiap orang. Sayangnya, keinginan hidup sehat ini kadang tidak dibarengi dengan kesadaran untuk melakukan upaya-upaya menjaga kesehatan, salah satunya olahraga. Ya, banyak orang ingin sehat dan terbebas dari penyakit, tetapi masih enggan untuk rutin olahraga. Padahal, manfaat menjaga kebugaran jasmani ini tak hanya membuat tubuh lebih sehat, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Olahraga Ringan di Sela Kesibukan

Jenis Olahraga Ringan yang Dapat Anda Lakukan Di Sela Sela Kesibukan

Ilustrasi olahraga ringan di sela kesibukan

Lebih dari itu, olahraga ada banyak macamnya, jadi rasanya tidak ada alasan untuk tidak mulai melatih diri agar rajin olahraga. Apa saja olahraga ringan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh? Berikut informasinya.

1. Sit up

Olahraga sit up menjadi gerakan olahraga yang bisa Anda lakukan di sela-sela kesibukan. Tidak harus menggunakan matras membuat Anda bisa melakukannya di berbagai tempat. Sit up akan membantu mengencangkan otot perut. Jika ingin lebih mudah, mintalah teman untuk secara bergantian menahan ujung kaki Anda sehingga gerakan sit up lebih sempurna.

2. Naik turun tangga

Jenis olahraga lain yang tak kalah simpel dari sit up adalah naik turun tangga. Yup, olahraga ini akan membantu menguatkan otot kaki. Apabila di rumah tidak ada tangga, Anda bisa menggunakan kursi. Namun pastikan kursi tersebut terbuat dari bahan yang kokoh, ya. Meski terkesan simpel, gerakan naik turun tangga atau naik turun kursi ini juga bisa memberikan manfaat menjaga kebugaran jasmani Anda, lho.

3. Push up

Push up akan memberikan manfaat yang optimal jika dilakukan dengan benar. Dalam praktiknya, Anda diharuskan tengkurap dengan tubuh ditopang kaki dan tangan menyentuh lantai. Setelahnya, Anda bisa menggerakan tubuh naik turun secara bergantian. Push up akan membuat otot bisep dan trisep lebih kuat.

4. Squat

Gerakan olahraga lain yang juga tak membutuhkan alat adalah squat. Squat akan memperkuat otot paha dan kaki. Gerakannya pun cukup mudah, Anda bisa berdiri sambil merenggangkan kaki hingga sejajar dengan bahu. Selanjutnya, lipat kaki dan turunkan badan sampai setengah jongkok.

5. Jogging

Bagi Anda yang ingin berolahraga sambil menikmati udara luar ruangan, maka jogging bisa jadi pilihan terbaik. Meski jogging sebenarnya juga bisa dilakukan di dalam ruangan dengan bantuan alat fitness, namun jogging sambil menghirup udara bebas juga tak kalah menyenangkan.

Jogging akan membantu membakar kalori sehingga bisa jadi upaya untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Gerakan lari pada jogging akan meningkatkan kekuatan otot kaki, perut, dan tulang. Selain itu, jogging juga baik untuk kesehatan jantung dan pernapasan.

6. Jumping Jacks

Gerakan jumping jacks atau melompat akan membantu meningkatkan kekuatan tulang dan otot. Dibandingkan orang tua, Anda yang masih muda lebih disarankan untuk melakukan gerakan olahraga jumping jacks. Meski begitu sebenarnya orang tua juga boleh-boleh saja melakukan jumping jacks, hanya saja perlu disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Demikianlah beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan di sela-sela kesibukan. Pada dasarnya Anda tidak harus memiliki banyak waktu untuk bisa berolahraga, sebab banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun meski hanya beberapa menit saja. Seperti halnya olahraga yang sudah diuraikan di atas, di mana Anda bisa melakukannya bahkan di sela-sela waktu istirahat.

Mungkin pada awalnya akan terasa berat untuk dilakukan, namun kembali ingat apa tujuan Anda. Yakni untuk menjaga kesehatan. Akan banyak manfaat menjaga kebugaran jasmani yang Anda dapat jika mendisiplinkan diri untuk olahraga.

Komentar pada artikel "6 Jenis Olahraga Ringan yang Dapat Anda Lakukan Di Sela-Sela Kesibukan"

Klik bagian ini untuk membuka riwayat komentar
Belum ada riwayat komentar pada postingan ini. Jadilah yang pertama memberikan komentar atau pertanyaan melalui form komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.