Manfaat Jogging dan Cara Jogging yang Benar

16 Maret 2018 © Protected by COPYSCAPE

Jogging adalah salah satu jenis olahraga lari yang  dilakukan pada kecepatan yang lambat atau santai. Jogging tergolong sebagai olahraga yang sederhana dan murah, namun memiliki banyak manfaat. Manfaat jogging yang utama adalah untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Selain itu, tentunya jogging memiliki banyak manfaat lainnya. Dalam artikel ini saya akan membahas tentang manfaat jogging (manfaat jogging pagi hari dan manfaat jogging sore hari) dan cara jogging yang benar.

Manfaat Jogging

Manfaat Jogging dan Cara Jogging yang Benar

Manfaat Jogging dan Cara Jogging yang Benar

Manfaat Jogging Pagi Hari

Rutinitas pagi seperti bangun tidur, mandi, sarapan, kemudian pergi kerja sebenarnya bukan awal yang baik untuk memiliki gaya hidup sehat. Dengan runitias tersebut, sebenarnya kita bisa semakin rentan terhadap penyakit dan masalah kesehatan lainnya karena tidak aktifnya bagian-bagian tubuh. Untuk itu, jogging adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan tanpa harus mengganggu rutinitas tersebut. Berikut ini beberapa manfaat jogging pagi hari.

1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Jogging membuat tubuh terus aktif setiap hari terutama jika dilakukan di pagi hari. Jogging layaknya seperti pemanasan sebelum menghadapi hiruk pikuk dunia nyata selama seharian penuh. Jogging dapat membangun dan meningkatkan stamina tubuh agar dapat lebih aktif dan tahan lama sepanjang hari. Bagi para atlet seperti petinju, pelari, pemain bola basket, dan olahraga lainnya yang melibatkan usaha fisik besar selalu jogging setiap hari sebagai bagian dari rutinitas harian mereka. Tujuannya, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membangun stamina tubuh yang lebih tinggi.

2. Membakar Lemak dan Menurunkan Berat Badan

Jogging di pagi setiap hari adalah salah satu cara termurah dan paling nyaman untuk menurunkan berat badan. Jogging dapat meningkatkan penurunan berat badan secara efektif karena meningkatkan metabolisme tubuh serta membakar sejumlah besar kalori. Selain itu, jogging juga pembakar lemak perut, pinggang, dan paha yang paling efektif jika dilakukan setiap pagi.

3. Meningkatkan Kekuatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ penting tubuh karena berfungsi memompa darah yang berguna untuk organ lainnya. Penguatan jantung bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan jantung agar bisa memompa darah secara efisien adalah dengan melakukan jogging. Pada saat jogging, tubuh akan memicu paru-paru untuk menghirup oksigen tambahan sehingga membuat nutrisi dapat didistribusikan dengan baik ke seluruh tubuh. Selain itu, jogging juga dapat mencegah serangan jantung dan stroke.

Itulah manfaat kesehatan jogging paling penting setiap pagi. Sebelum melakukan latihan jogging di pagi hari, pastikan memakai celana jogging yang nyaman, sepatu, dan kemeja. Hal ini bisa membuat pengalaman jogging sehari-hari lebih efisien dan santai. Selalu ingat untuk bangun pagi-pagi dan joging minimal 30 menit untuk mencapai semua manfaat kesehatan yang disebutkan di atas.

Manfaat Jogging Sore Hari

Kebanyakan orang mempercayai bahwa waktu yang paling tepat melakukan latihan (exercise) dan jogging adalah di pagi hari. Hal tersebut memang benar adanya, seperti yang telah disebutkan pada bagian Manfaat Jogging Pagi Hari di atas, Pakar kesehatan telah memberikan penjelasan bahwa latihan pagi bisa meningkatkan sistem metabolisme, sehingga bisa mengatur tubuh untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Meskipun jogging di pagi hari lebih baik, tapi itu tidak berarti jogging di sore hari menjadi buruk. Jogging sore hari juga tidak kalah efektifnya dibandingkan jogging pagi hari. Berikut ini manfaat jogging sore hari.

Tentunya, manfaat jogging di pagi hari juga bisa Anda dapatkan saat jogging di sore hari.

1. Memulihkan Diri dari Stres

Setelah seharian penuh merasakan stres, tekanan beban kerja, atau merasa sakit pinggang dan sakit punggung karena duduk terlalu lama di depan komputer, maka tidak ada yang lebih menyenangkan daripada memulihkan diri dengan jogging di sore hari. Anda cukup jogging selama 1 jam atau bahkan 30 menit, maka stres akan mereda dan membuat Anda bisa berpikir lebih jernih tentang apa yang Anda alami sepanjang hari. Atau sebaliknya, Anda bisa melupakan sejenak masalah yang membuat Anda stres. Tubuh lelah setelah berolahraga dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak pada malam hari.

2. Tidur yang Lebih Nyenyak

Seperti pada poin sebelumnya, setelah melakukan jogging sore hari, maka tubuh akan merasakan lelah. Hal ini dapat membuat Anda tidur lebih cepat dan lebih nyenyak sampai keesokan harinya Anda bisa terbangun dalam kondisi segar.

3. Lebih Mudah Diterapkan

Kebanyakan orang memaksakan bangun lebih pagi atau mengorbankan rutinitas paginya untuk berolahraga atau jogging. Hal tersebut tentu tidak mudah untuk dilakukan jika ingin diterapkan setiap hari sebagai rutinitas. Bahkan, bagi sebagian orang yang begadang, tentu akan sangat sulit bangun di pagi hari untuk melakukan jogging. Jika ini masalahnya, maka sebaiknya tidak perlu memaksakan jogging di pagi hari, cobalah untuk jogging di sore hari. Jogging di sore hari tentunya lebih mudah diterapkan sebagai rutinitas untuk mengisi waktu kosong setelah seharian bekerja.

4. Mengurangi Aktivitas yang Kurang Bermanfaat

Umumnya, waktu sore hingga malam hari hanya diisi dengan kegiatan seperti minum kopi, makan bersama teman, atau hanya sekedar bermalas-malasan di depan TV. Berbeda jika Anda merencanakan jogging di sore hari, kegiatan malas-malasan otomatis akan berkurang. Hal ini secara tidak langsung dapat mengurangi asupan energi berlebih yang mungkin bisa Anda dapatkan pada saat tidak ada kegiatan.

Cara Jogging yang Benar

Jogging dengan cara yang kurang tepat dapat memberi dampak dan ketegangan pada persendian Anda. Efek yang muncul biasanya adalah rasa sakit di lutut, pinggul, dan punggung, atau nyeri di bagian tumit setelah jogging. Untuk merasakan manfaat jogging yang telah disebutkan sebelumnya, sebaiknya Anda melakukan jogging dengan cara jogging yang benar agar setidaknya dapat menghindari kemungkinan cedera yang muncul dan membuat Anda tidak cepat lelah.

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan pada saat jogging adalah melakukan terlalu banyak loncatan, mengambil langkah yang terlalu besar, atau mendarat terlalu keras di bagian kaki. Masalah teknik umum lainnya termasuk jogging dengan kecepatan yang lambat (bahkan lebih lambat dibandingkan saat berjalan) atau terlalu sering meliuk-liukan badan saat berlari. Jika Anda sering melakukan kesalahan tersebut, maka sebaiknya coba simak terlebih dahulu teknik atau cara jogging yang benar berikut ini.

Kepala

Posisi kepala harus menghadap lurus ke depan dan tidak menunduk. Posisi kepala yang menghadap lurus akan membantu untuk menyelaraskan posisi leher dan punggung.

Bahu

Bahu harus diratakan dan diregangkan dengan benar sebelum jogging. Hal ini harus dilakukan agar tidak menguras energi dengan cepat. Bahu juga tidak tegang  ataupun bergoyang untuk menghindari rasa sakit dan kekakuan otot yang tidak perlu setelah latihan.

Sikap Tubuh

Sikap tubuh tubuh saat jogging adalah berlari dengan posisi tegak, namun sedikit condong ke depan agar didapatkan postur tubuh yang seimbang. Sikap tubuh yang benar akan membantu memaksimalkan teknik pernapasan.

Pinggul

Pinggul harus diposisikan dengan benar untuk menghindari nyeri punggung bawah. Area tubuh ini berada di dekat pusat gravitasi sehingga sangat penting untuk menjaga agar seluruh tubuh tetap lurus. Posisi kepala dan badan yang sejajar juga akan menghasilkan postur pinggul yang tepat.

Lutut

Kaki adalah area tubuh yang paling penting saat jogging. Mengangkat lutut terlalu tinggi hanya akan membuang banyak energi, sehingga lutut tidak perlu diangkat tinggi pada saat jogging. Posisikan lutut dengan sedikit menekuk agar bisa meredam efek saat telapak kaki menyentuh tanah. Gunakan langkah kaki yang tidak terlalu panjang karena dapat membuat Anda cepat lelah.

Kaki

Bola kaki dan jari kaki tidak boleh sejajar saat menyentuh tanah.

Bola kaki adalah bagian di belakang jari kaki yang biasanya menjadi tumpuan pada saat menjinjit.

Bola kaki harus menyentuh tanah dengan ringan (lembut) terlebih dulu kemudian jari kaki mengarah ke bawah. Hanya bagian tersebut yang dijadikan tumpuan untuk pendaratan kaki saat jogging, tumit seharusnya tidak menyentuh tanah sepenuhnya.

Di bawah ini ada lampiran video sebagai gambaran bagaimana teknik jogging yang tepat. Namun sebelumnya, saya memohon maaf karena tidak menemukan video teknik jogging yang tepat dengan menggunakan kustom yang lebih tertutup. Jika Anda adalah orang yang peduli dengan aurat, maka menjadi pilihan Anda untuk tetap menonton atau tidak menonton video cara jogging yang benar di bawah ini:

Nah, sekian artikel saya tentang Manfaat Jogging dan Cara Jogging yang Benar yang membahas tentang manfaat jogging (manfaat jogging pagi hari dan manfaat jogging sore hari) dan cara jogging yang benar. Semoga bermanfaat dan silakan ditambahkan jika ada yang kurang atau yang perlu dikoreksi. Terima kasih 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.