Perbandingan Honda ADV 150 dengan Yamaha Nmax, Beda Konsep Siapa yang Lebih Unggul?

13 Agustus 2019 © Protected by COPYSCAPE

Saat ini banyak motor matic keluaran baru yang menampilan tampilan dan performa terbaik. Beberapa di antaranya ada Honda ADV (https://otomotifnet.gridoto.com/read/231804358/honda-adv150-sudah-ada-bekasnya-pemilik-cuma-pakai-1-2-hari-ahm-kasih-komentar) yang baru launching belum genap satu bulan yang lalu. Kemudian ada Yamaha Nmax yang memiliki tampilan terbaru serta dijuluki motor penguasa matic 150 cc. Kedua motor ini memiliki fitur yang mumpuni, sehingga banyak orang yang membanding-bandingkannya.

Perbandingan Honda ADV 150 dan Yamaha Nmax

Honda ADV 150 hadir sebagai motor matic penjelajah dengan tampilan yang sangar. Tampilan Honda ADV ini terinspirasi dari Honda X-ADV, motor gede alias moge 750 cc dengan Dual Clutch Transmission. Sedangkan Yamaha Nmax hadir sebagai motor matic penguasa 150 cc dengan tampilan yang modis ala Yamaha. Untuk perbandingan lebih dalam simak uraian di bawah ini.

1. Honda ADV 150

Dari segi tampilan, Honda ADV 150 unggul dari sisi pencahayaan, yang mana lampunya menggunakan lampus sein ADV. Lampu sein ini akan berkedip khusus untuk jenis Honda ADV ABS ketika rider mengalami pengereman mendadak. Fitur ini dikenal dengan nama ESS atau Emergency Stop Signal yang juga dipasang pada Honda CBR 150 ABS terbaru. Motor yang baru launching belum genap satu bulan ini memiliki windshield adjustable dengan dua setelan ketinggian.

Kemudian panel instrumen Honda ADV memiliki desain speedometer negative display. Fitur ini memiliki plus dan minus. Ukuran speedometer Honda ADV lebih besar dan memiliki indikator temperatur udara. Sistem kunci kontak Honda ADV sudah smart key dengan knop keyless, makanya disediakan remote FOB yang memiliki Answer Back System dan alarm seperti Honda PCX terbaru.

Berbicara mengenai mesin, Honda ADV memiliki starter seamless ACG dan Idling Stop System seperti Honda PCX. Harga jual Honda ADV juga lebih tinggi, yakni dibanderol mulai dari Rp. 33,5 juta untuk tipe CBS – ISS dan tipe ABS – ISS dibanderol dengan harga Rp. 35,5 juta.

2. Yamaha Nmax

Yamaha NMAX

Yamaha NMAX [Sumber foto: www.yamaha-motor.eu]

Dari segi tampilan, Yamaha Nmax dapat dikatakan lebih modis dengan memiliki lampu sein yang menggunakan bohlam biasa. Meski demikian, Yahama Nmax memiliki keunggulan dalam ketangguhan mesin. Yamaha Nmax dilengkap dengan starter dinamo konvensional yang memiliki sistem klep. Kemudian motor matic penguasa ini memiliki fitur Variable Valve Actaution, jadi 2 klep dan 4 klepnya akan berganti kecepatan mengikuti putaran mesin.

Untuk panel instrumen Yamaha Nmax hampir sama dengan Honda ADV yang memiliki speedometer negative display. Speedometer Yamaha Nmax memiliki tripmeter A dan B, sedangkan ADV 150 hanya satu. Kemudian Yamaha Nmax menggunakan kunci mekanikal berpenutup magnet. Apabila berbicara masalah harga, Yamaha Nmax dijual lebih murah daripada Honda ADV, yaitu Rp. 29, 1 juta untuk tipe ABS dan Rp. 25,2 untuk tipe ISS.

Nah, demikianlah perbandingan antara Honda ADV 150 si motor matic penjelajah dan Yamaha Nmax si motor matic penguasa. Kedua motor ini memiliki konsep yang berbeda dari segi fitur sehingga banyak orang membandingkannya. Apabila berbicara masalah mesin yang lebih unggul tentu Yamaha Nmax, lantaran memiliki sistem klep.

Sedangkan Honda ADV tidak memiliki sistem klep meskipun memiliki beberapa keunggulan dari segi tampilan. Dengan memiliki fitur mesin yang lebih mumpuni, dari segi harga juga Yamaha Nmax lebih ringan di kantong apabila dibandingkan dengan Honda ADV 150. Namun, untuk memilih di antara keduanya tentu dikembalikan lagi pada kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.