Cara Menyembunyikan Tag List di WordPress

14 September 2017 © Protected by COPYSCAPE

Cara menyembunyikan tag list di wordpress ini saya buat setelah mendapat pertanyaan dari salah satu anggota grup di Facebook. Yang mana, tentunya cara ini saya buat setelah cara yang saya berikan berhasil diterapkan, sehingga dapat diketahui bahwa cara yang saya bagikan ini telah terbukti WORK.

Seperti yang kita ketahui bersama, secara default WordPress menyediakan 2 jenis taxonomy di dalam engine-nya, yaitu category (kategori) dan tag. Secara umum, kategori dan tag memiliki fungsi yang sama, yaitu membagi artikel menjadi topik tertentu. Hanya saja, kategori umumnya digunakan untuk membagi artikel ke dalam kategori tertentu, sedangkan tag membagi artikel ke dalam topik tertentu yang lebih spesifik.

Nah, dari sekian banyak template yang tersedia untuk CMS WordPress, umumnya tag list diletakkan dibagian bawah artikel. Berikut contoh tampilan tag list pada WordPress:

Contoh Tampilan Tag List pada WordPress

Contoh Tampilan Tag List pada WordPress

Dengan tampilan seperti itu, terkadang dapat mengurangi “estetika” tampilan artikel jika tag yang ditampilkan terlalu banyak, sehingga bagi beberapa blogger lebih memilih untuk menyembunyikan tag list pada wordpress.

Pembaruan tanggal 5 Oktober 2017:
Setelah mendapat informasi dari mas Iskandar Dzulkarnain melalui kolom komentar (yang bisa Anda lihat di bagian bawah), berdasarkan artikel dari Google tentang Teks dan tautan tersembunyi, disebutkan bahwa menyembunyikan teks atau tautan di dalam website dapat membuat situs Anda dianggap tidak dapat dipercaya karena informasi yang ditampilkan di mesin telusur berbeda dari tampilan untuk pengunjung. Oleh karena itu, artikel ini saya perbarui dengan penambahan cara menyembunyikan tag list, menjadi Cara Menyembunyikan Tag List di WordPress dan Cara Menghilangkan Tag List di WordPress (Rekomendasi).

Cara Menyembunyikan Tag List di WordPress

Cara menyembunyikan tag list di halaman artikel wordpress tentunya berbeda-beda untuk setiap template atau tema yang digunakan. Dalam tutorial ini saya memberikan pemahaman dasar untuk menyembunyikan tag list, yaitu dengan cara menambahkan css (display:none) pada kelas tag list yang ada di dalam tema. Sebelum menambahkan css untuk menyembunyikan tag list, Anda harus mengetahui kelas apa yang digunakan oleh template untuk meletakkan tag list artikel. Silakan disimak.

Cara mengetahui kelas letak tag list artikel

  1. Kunjungi halaman artikel Anda kemudian letakkan kursor pada bagian tag list yang ingin disembunyikan.
  2. Klik kanan lalu pilih Inspeksi Elemen, kemudian cari kelas yang merupakan kelas dari tag list yang ingin disembunyikan. Caranya adalah arahkan kursor pada bagian Inspeksi Elemen. Saat Anda mengarahkan kursor ke kelas tertentu di Inspeksi Elemen, maka bagian website yang merupakan bagian kelas yang diarahkan oleh kursor akan terhighlight. Silakan lihat gambar:
    Inspeksi Elemen Kelas Tag List

    Inspeksi Elemen Kelas Tag List

    Pada gambar di atas, saya menempatkan kursor pada bagian 1, pada saat yang bersamaan, bagian 2 (bagian tag list) akan terhighlight berwarna biru. Hal tersebut menunjukkan bahwa bagian 2 (bagian tag list) ada di dalam kode <p class="ktz-tagcontent">...</p>. Dari kode tersebut, Anda dapat mengetahui bahwa tag list yang ingin Anda sembunyikan ada di dalam kelas ktz-tagcontent.

Cara menyembunyikan bagian di dalam kelas tertentu (menyembunyikan tag list)

Setelah mengetahui kelas dari tag list yang ingin disembunyikan, lakukan cara menyembunyikan tag list berikut ini:

  1. Login ke halaman Dashboard WordPress.
  2. Buka menu Tampilan -> Editor.
  3. Pastikan bagian yang ditampilkan adalah style.css (Secara default, setiap membuka halaman Editor, maka bagian yang ditampilkan adalah style.css).
  4. Tambahkan kode berikut di dalam style.css:
    .ktz-tagcontent {display:none}
    Silakan ganti ktz-tagcontent dengan nama kelas yang telah Anda dapatkan sebelumnya. Format penulisan kode css-nya adalah .namakelas {display:none} (Jangan lupa menambahkan tanda titik (.) di awal kode sebelum menuliskan nama kelas).
  5. Save/Simpan.

Cara Menghilangkan Tag List di WordPress (Rekomendasi)

Sama seperti cara menyembunyikan tag list, cara menghilangkan tag list di halaman artikel wordpress tentunya berbeda-beda untuk setiap template atau tema yang digunakan. Prinsip dari cara menghilangkan tag list di wordpress adalah dengan menghapus atau menonaktifkan kode pemanggil tag. Cara menghilangkan tag list ini bisa disebut susah-susah gampang, karena pada beberapa template terkadang agak sulit untuk mencari kode pemanggil tag tersebut, apalagi bagi teman-teman yang awam dengan coding atau php. Namun, ketika sudah mengetahui atau mendapatkan kode pemanggil tersebut, Anda hanya perlu menghapusnya atau menonaktifkannya saja, maka masalah sudah selesai. Berikut cara menghilangkan tag list di wordpress (secara umum) yang bisa Anda lakukan:

  1. Login ke halaman Dashboard WordPress.
  2. Buka menu Tampilan -> Editor.
  3. Klik berkas tema single.php pada sidebar kanan Berkas-berkas Tema.
  4. Cari kode <?php echo get_the_tag_list('<p>Tags: ',', ','</p>'); ?>.
  5. Hapus kode tersebut atau tambahkan kode /* di awal kode dan */ di akhir kode untuk menonaktifkan kode pemanggil tag.
  6. Save/Simpan.

Kurang lebihnya, seperti itulah cara menghapus kode pemanggil tag pada wordpress. Semoga bisa dimengerti.

Sekian Cara Menyembunyikan Tag List di WordPress dan Cara Menghilangkan Tag List di WordPress yang bisa saya bagikan. Silakan tanyakan di kolom komentar jika masih ada bagian yang belum Anda mengerti atau ada yang ingin Anda tambahkan. Terima kasih 😀

8 komentar pada artikel "Cara Menyembunyikan Tag List di WordPress"

  1. saranku jangan pakai CSS, takut kena pelanggaran Google
    tapi sembunyikan dari code template-nya

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Wah, saya merasa sangat senang atas kunjungan mas Iskandar Dzulkarnain 😀

      Terima kasih atas masukannya, insyaAllah ke depannya artikel ini akan saya update dengan menambahkan saran dari mas Iskandar dan tutorial menyembunyikan (lebih tepatnya menghilangkan) tag list dengan menghapus kode pemanggil tag list-nya.

      Sebelumnya, boleh saya minta penjelasan atau referensi terkait penggunaan css untuk menyembunyikan tag list pada pelanggaran google? Mungkin, bisa menjadi ilmu tambahan untuk saya terkait penggunaan css (display:none), karena dalam template yang saya gunakan ini ada beberapa bagian saya sembunyikan menggunakan css (seperti H2 untuk deskripsi blog).

      Sekali lagi, terima kasih atas kunjungan dan masukan mas Iskandar 😀

        1. Muhammad Riduan berkata:

          Informasi yang sangat bermanfaat. Terima kasih yang sebesar-besarnya mas Is 😀

  2. maulidan berkata:

    terima kasih atas bantuan langsungnya mas, sudah saya terapkan pada blog saya langsung work.

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Baik, terima kasih kembali mas, senang bisa membantu 😀

  3. Rudi Zaher berkata:

    Lebih bagus mana ya..? kalo kita menggunakan plugins, misal plugin Oomph hidden tags.
    maksudnya dengan cara diatas? lebih aman mana?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Menurut pandangan saya pribadi, cara terbaik untuk menghilangkan tag list tentu adalah dengan langsung menghapus kode pemanggil tag tersebut, sehingga tidak ada kerja server yang bekerja sia-sia. Setelah saya pelajari sedikit tentang plugin Oomph Hidden Tags yang dimaksud di atas, sepertinya cara kerja dari plugin tersebut hanyalah memfilter kemudian menyembunyikan bagian dimana tag dimunculkan di dalam tema.

      Untuk pertanyaan lebih aman yang mana, sepertinya jawabannya relatif ya. Tapi untuk saya pribadi, saya pikir tentu lebih aman tanpa plugin, karena jika dilihat-lihat lagi, plugin yang dimaksud di atas terakhir diperbarui 2 tahun yang lalu, agak berisiko jika tetap ingin menggunakan plugin yang sudah out of updated dan tidak kompatibel dengan versi wordpress yang terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.