Cara Mengatur Agar Artikel Tidak Diindex Google

, 30 April 2016 © Protected by COPYSCAPE

Cara Mengatur Agar Posting Tidak Diindex Google, sungguh judul artikel yang menurut saya pribadi terdengar sangat aneh, hehe. Di saat semua orang mencari cara agar artikel cepat diindex oleh google, saya malah membuat artikel cara agar artikel tidak diindex google (mencegah google menelusuri atau merayapi artikel tertentu). Alasan saya membuat artikel ini tentu bukan dengan alasan agar anti mainstream, tapi saya yakin suatu saat tutorial ini pasti akan berguna bagi beberapa orang.

Cara Mengatur Agar Artikel Tidak Diindex Google

Cara Mengatur Agar Artikel Tidak Diindex Google

Berdasarkan ilmu yang saya dapat dari komunitas Blogger Banua, untuk mencegah google merayapi artikel tertentu pada WordPress ada 2 cara. Yang pertama, cara manual dengan mengotak-atik pengaturan robots.txt atau .htaccess. Yang kedua, cara otomatis dengan menggunakan plugin SEO seperti Yoast SEO, AIOSEP, dan lain-lain. Saya sendiri menggunakan cara yang kedua, yaitu cara otomatis dengan menggunakan plugin Yoast SEO.

Kenapa saya tidak menggunakan cara manual? Sebenarnya mau, tapi karena menurut beberapa sobat Blogger, pengaturan pada robots.txt atau .htaccess sering bocor, jadi niat menggunakan cara manual saya urungkan. Maksud dari bocor adalah kadang-kadang artikel akan tetap diindex oleh Google meskipun sudah melakukan pengaturan pada robots.txt atau .htaccess.

Cara Mengatur Agar Artikel Tidak Diindex Google

Oke, karena saya menggunakan cara yang kedua, otomatis saya akan share cara yang kedua saja.

  1. Instal plugin Yoast SEO dengan cara buka tab Plugin -> Tambah Baru -> Cari plugin dengan kata kunci Yoast SEO, kemudian klik Instal Sekarang.
  2. Setelah terinstall, silakan buat pos baru atau sunting artikel yang ingin Anda atur menjadi noindex (Tidak diindex).
  3. Pada halaman post editor, scroll ke halaman bawah, akan ada pengaturan Yoast SEO. Buat pengaturan sesuai gambar di bawah ini:

    Pengaturan noindex pada Yoast SEO

    Pengaturan noindex pada Yoast SEO

  4. Pengaturan selesai. Silakan simpan atau update perubahan yang Anda lakukan.

Sekian artikel Cara Mengatur Agar Artikel Tidak Diindex Google. Semoga bisa dipahami dengan mudah. Sekedar tambahan, plugin Yoast SEO tentunya bukan hanya sekedar untuk mengatur agar artikel di index atau di noindex saja. Silakan pelajari lebih dalam karena plugin ini sangat bermanfaat bagi SEO blog atau website Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.