Cara Memilih Spesifikasi Hosting Berkualitas untuk WordPress

28 Januari 2021 © Protected by COPYSCAPE

WordPress merupakan salah satu mesin blog yang sangat populer di kalangan blogger. Banyak pengguna blog lebih memilih wordpress karena dianggap lebih mudah dan nyaman digunakan. Seiring penggunaan wordpress yang meningkat, wordpress hosting pun makin dibutuhkan oleh blogger.

Bagi blogger pemula mungkin belum mengenal apa yang dimaksud dengan hosting. Hosting adalah istilah untuk menyebut sebuah layanan atau media penyimpanan data, file, maupun gambar pada website yang memungkinkan website dapat diakses melalui bantuan internet.

Hosting dapat diibaratkan sebagai lahan di internet yang digunakan sebagai gudang penyimpanan. Lalu, bagaimana cara mendapatkan gudang ini? Anda bisa menyewanya dengan memanfaatkan provider hosting terpercaya. Hal yang penting adalah memilih menggunakan spesifikasi hosting berkualitas untuk wordpress Anda.

Cara Memilih Spesifikasi Hosting Berkualitas

Cara Memilih Spesifikasi Hosting Berkualitas untuk WordPress

Ilustrasi konsep hosting (Photo by stories on Freepik)

Memilih hosting untuk website tidak boleh sembarangan, karena hosting adalah gudang data Anda sehingga harus benar-benar mencari tempat yang sesuai. Banyak pemilik blog menggunakan hosting asal pilih tanpa mengenal spesifikasi hosting tersebut terlebih dahulu. Berikut beberapa spesifikasi dalam memilih hosting berkualitas:

1. Disk space

Anda memerlukan jumlah kapasitas penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan website sehingga paket web hosting yang dipilih harus memiliki kapasitas disk space. Gunakan teknologi penyimpanan SSD karena lebih cepat 8 kali dibanding HDD. Anda juga bisa menyimpan dengan teknologi terbaru NVMe. Menggunakan cloud hosting akan memberikan kapasitas lebih besar dan aman.

2. Bandwidth

Jika Anda memerlukan load website yang cepat, maka perlu wordpress hosting dengan layanan bandwidth besar. Penggunaan bandwidth besar dapat membantu server mentransfer data lebih cepat sehingga membuat load website menjadi lebih cepat.

Carilah provider yang mampu menyediakan layanan hosting dengan bandwidth unlimited sehingga penggunaan website semakin mudah, nyaman, dan tentunya memberikan akses lebih cepat.

3. Random Access Memory (RAM)

RAM merupakan tempat penyimpanan sementara untuk file website Anda sebelum dipindahkan ke penyimpanan tetap disk space. Semakin besar RAM yang digunakan pada perangkat akan mempercepat proses akses ke website Anda. Sangat disarankan untuk menggunakan RAM yang lebih besar sehingga proses load maupun transfer data lebih cepat.

4. Entry Process (EP)

EP adalah pengukur atau penghitung script website yang diproses hosting dalam satu masa waktu (milisecond). Sebelum membeli paket hosting Anda harus mengetahui berapa kecepatan EP yang ditawarkan. Misalnya, sebuah paket cloud hosting menawarkan paket NVMe dengan kecepatan 170 EP, maka hosting akan memproses 170 script website.

5. I/O

Spesifikasi satu ini juga tidak boleh ketinggalan dalam paket web hosting karena menentukan proses upload dan download. I/O berarti proses input dan output yang akan memengaruhi proses transfer data dari maupun ke web hosting.

Menentukan Layanan Web Hosting Bagi Pengguna Baru

Mungkin Anda tengah bertanya-tanya bagaimana cara menentukan layanan web hosting murah yang berkualitas sehingga akan memberikan pelayanan terbaik. Kuncinya adalah mengetahui apa saja kebutuhan hosting Anda. Perhatikan hal berikut untuk mendapatkan layanan web hosting berkualitas:

1. Uptime

Hal paling penting dalam web hosting adalah dapat menjalankan 24 jam setiap harinya. Nilai uptime sebuah web hosting harus berada di 95,5% untuk menjamin performa server dan koneksi maksimal.

2. Terdapat Pilihan Upgrade

Pastikan layanan penyedia web hosting yang dipilih memiliki sistem upgrade sehingga ketika Anda membutuhkan resource hosting lebih besar dapat segera meningkatkan layanan ke level lebih tinggi.

3. Garansi

Memilih layanan web hosting harus yang memiliki garansi. Terutama ketika terjadinya masalah pengelola akan segera memberikan bantuan penangan cepat. Apabila kualitas hosting memang kurang baik dan tidak sesuai terdapat juga pilihan pengajuan klaim uang kembali.

Menggunakan wordpress sebagai pilihan blog memberikan banyak kemudahan bagi pengguna. Agar penggunaannya lebih maksimal, Anda harus menambahkan wordpress hosting berkualitas sehingga mendapatkan performa blog terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.