Cara Menggunakan Alat Tes Darah EasyTouch GCU

4 November 2019 , © Protected by COPYSCAPE

Alat tes darah portable EasyTouch yang tersedia di pasaran saat ini memang memberikan kita kemudahan untuk melakukan penilaian atau memonitor nilai asam urat, gula darah, atau kolesterol di dalam tubuh. Namun, perlu saya sampaikan di awal, pengecekan nilai asam urat, gula darah, atau kolesterol menggunakan alat tes darah EasyTouch GCU ini hanyalah sebagai gambaran untuk monitoring setelah perawatan dan bukan sebagai nilai pasti atau diagnosis pasti. Tetap saja, pemeriksaan yang akurat adalah pemeriksaan dengan pengambilan darah vena di laboratorium atau sarana kesehatan.

Artikel ini saya tujukan bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan nilai asam urat, gula darah, atau kolesterol menggunakan alat tes darah portable EasyTouch GCU setelah melakukan pemeriksaan darah vena dan melakukan perawatan dengan mengonsumsi obat-obat yang telah diberikan pada saat diagnosis awal. Cara pakai alat ini sebenarnya cukup mudah, tetapi memang ada beberapa hal yang penting untuk diketahui agar proses pemeriksaan dapat berjalan dengan lancar.

Cara Menggunakan Alat Tes Darah EasyTouch GCU

Berikut ini cara pengecekan nilai asam urat, gula darah, dan kolesterol pada alat tes darah EasyTouch. Silakan perhatikan gambar di bawah ini untuk lebih memudahkan Anda memahami langkah-langkah yang akan saya berikan di bawah.

Alat EasyTouch GCU

Alat EasyTouch GCU

  1. Masukkan 2 baterai jenis AAA pada alat pengecekan.
  2. Gunakan chip test yang berwarna kuning untuk melakukan pengecekan kondisi alat dengan memasukkan chip pada slot chip/strip yang ada di bagian tengah atas alat. Jika muncul “OK” pada layar maka alat siap dipakai dan dapat berfungsi dengan baik, tetapi jika muncul “ERROR” pada layar makan alat pengecekan rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

    Bagian Depan EasyTouch Meter

    Slot Strip

  3. Setiap botol strip asam urat, gula darah, atau kolesterol terdapat chip kode dengan kode tertentu yang hanya bisa berfungsi untuk strip pada botol tersebut. Gunakan chip asam urat untuk tes asam urat, chip gula darah untuk tes gula darah, dan chip kolestrol untuk tes kolestrol dengan memasukkan chip kode pada slot chip kode yang ada di bagian kanan atas alat.

    Bagian Belakang EasyTouch Meter

    Slot Chip Kode

  4. Kode/angka sesuai botol strip akan muncul setelah Anda memasukkan chip pada slot yang sesuai.
  5. Masukkan strip asam urat, gula darah, atau kolesterol pada slot strip yang ada di bagian tengah atas alat.
  6. Layar akan memunculkan gambar tetes darah yang berkedap-kedip.
  7. Masukkan jarum yang telah dibuka dari blood lancet ke pen blood lancet dan atur tingkat kedalaman jarum (Tingkat kedalaman 1-2 untuk kulit yang tipis, tingkat kedalaman 3 untuk kulit yang standar [sering saya gunakan], dan tingkat kedalaman 4-5 untuk kulit yang tebal).
  8. Gunakan tisu atau kapas alkohol untuk membersihkan ujung jari Anda dan tunggu hingga kering.
  9. Tembakkan jarum pada ujung jari & tekan supaya darah keluar.
  10. Sentuhkan darah yang keluar ke tepi samping strip (bukan diteteskan di atas tengah strip; perhatikan tanda panah yang ada di strip) sambil menekan jari agar darah keluar dan meresap ke dalam strip hingga berbunyi beep.
  11. Tunggu sebentar hingga hasil pengecekan akan keluar beberapa detik pada layar. Lama waktu tunggu tergantung dari tes yang Anda lakukan. Waktu tunggu tes gula darah 10 detik, waktu tunggu tes asam urat 20 detik, dan waktu tunggu tes kolesterol 150 detik). Cara membaca hasil dari pengecekan dapat Anda lihat pada bagian bawah artikel ini.

    Hasil Pengecekan Asam Urat

    Hasil Pengecekan Asam Urat

  12. Cabut jarum dari pen blood lancet dan strip yang telah digunakan dari alat kemudian buang ke tempat yang sesuai.
  13. Cabut chip dan simpan ke dalam botol, kemudian tutup rapat.

Perlu diperhatikan, bahwa gunakan strip yang tidak kedaluwarsa untuk hasil yang lebih akurat.

Membaca Hasil Tes Darah untuk Asam Urat, Gula Darah, dan Kolesterol

Berikut nilai asam urat, gula darah, dan kolesterol total normal berdasarkan Interpretasi Data Klinik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Nilai asam urat normal

Pria (≥ 15 tahun): 3,6-8,5mg/dL
Wanita (> 18 tahun): 2,3-6,6 mg/dL

Nilai gula darah puasa normal

  • Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL
  • Dua jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL
  • Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL
  • Menjelang tidur: 100-140 mg/dL

Nilai kolesterol normal

Nilai kolesterol total normal adalah kurang dari 200mg/dL.

Nah, itulah cara menggunakan alat tes darah EasyTouch GCU untuk pengecekan nilai asam urat, gula darah, dan kolesterol beserta cara membaca hasil (interpretasi hasil) yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat 🙂

22 komentar pada artikel "Cara Menggunakan Alat Tes Darah EasyTouch GCU"

  1. Premierra berkata:

    Keterangan pada botol yg bertuliskan 2-3 bulan setelah pembukaan pertama itu gimana maksudnya ya?? Padahal kadaluarsa 3 tahun.. apa itu kadaluarsa reagennya??

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Hai Premierra. Dalam dunia kefarmasian, biasanya kita mengenal Expired Date (waktu kedaluwarsa) dan BUD (Beyond Use Date). BUD berbeda dengan ED. ED adalah tanggal batas produk aman atau berfungsi normal jika digunakan setelah disimpan pada kondisi yang sesuai, sedangkan BUD adalah batas produk aman atau berfungsi normal jika digunakan setelah produk dibuka pertama kali dari kemasan primernya (kemasan terkecilnya).
      Pada kasus ini, waktu 3 tahun yang Anda sebutkan di atas adalah waktu kedaluwarsa (expired date), sedangkan waktu 2-3 bulan setelah pembukaan pertama itu adalah BUD (beyond use date).
      Saat ingin membeli produk tersebut di apotek, Anda perlu memperhatikan waktu kedaluwarsanya. Namun, ketika botol strip sudah dibuka untuk pertama kali, yang perlu Anda perhatikan adalah BUD-nya, yaitu 2-3 bulan setelah botol strip dibuka.
      Jika melewati waktu tersebut, kemungkinan besar hasil pembacaan dari strip tersebut sudah tidak akurat lagi.
      Semoga bermanfaat ya 🙂

  2. Eka berkata:

    Pertama kali pemakaian ini kenapa tidak keluar hasilnya ya setelah darah ditempelkan di strip, semua langkah2 pemakaian sudah benar ,apakah alatnya yang bermasalah?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Hai kak Eka, dari komentar yang kakak ajukan, ada beberapa kemungkinan penyebab hasil pengecekan tidak muncul, bisa dari alat pengecekan yang error, kesalahan dalam meneteskan darah, atau strip yang bermasalah. Oleh karena itu, ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan untuk menilai dimana kesalahan yang terjadi hingga hasil pengecekan tidak muncul.
      1. Sebelum melakukan pengecekan menggunakan darah, apakah sebelumnya alat sudah dicek menggunakan chip test? Bagaimana hasilnya? Jika OK, maka dapat disimpulkan bahwa alat pengecekan (EasyTouch GCU Meter) masih berfungsi dengan baik.
      2. Apakah kakak sudah menempelkan darah di bagian samping dari strip yang ditunjuk oleh tanda panah? Pada beberapa kasus, ada sebagian orang yang meneteskan atau menempelkan darah di bagian atas strip. Kesalahan ini membuat pengecekan tidak dimulai karena darah tidak masuk ke dalam “sensor” pembaca yang ada di bagian dalam strip.
      3. Jika darah sudah meresap ke dalam strip, maka akan ada bunyi beep. Jika setelah penetesan tidak ada bunyi beep padahal darah sudah dimasukkan sesuai tanda panah, maka ada kemungkinan strip yang digunakan bermasalah karena tidak mampu menarik darah hingga meresap ke bagian “sensor” di dalam strip. Untuk permasalahan ini, coba kakak pastikan lagi bahwa strip yang digunakan masih layak pakai (belum sampai waktu kedaluwarsa dan waktu BUD).
      Semoga membantu kak 🙂

  3. Anonim berkata:

    Saat pengecekan kolesterol, selalu muncul -LO- di hasil akhir.
    Dimana kesalahannya ya?
    Pdahal alat sudah dlm kondisi baik, ada muncul bunyi beep stelah penetesan darah.

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Saya juga pernah mengalami hal ini saat melakukan pengecekan kolesterol. Dari informasi yang saya baca, hasil -LO- bisa menunjukkan bahwa nilai kolesterol yang terbaca terlalu rendah. Saran saya, coba kakak lakukan pengecekan ulang pada pagi hari (sebelum sarapan) keesokan harinya. Jika memang hasilnya masih -LO-, saran saya selanjutnya adalah melakukan pengecekan kolesterol di klinik, laboratorium, atau sarana kesehatan lainnya yang menggunakan sampel pembuluh darah vena untuk mendapatkan hasil dan nilai yang akurat.

  4. anonim berkata:

    ketika strip dimasukkan muncul tanda X.
    apa solusinya kak?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Coba gunakan chip test untuk mengecek apakah alat tes masih “OK” kak.

  5. hendrik berkata:

    Sy gunakan alat easyTouch GCU mengukur gula darah, prosedur sdh benar tapi muncul hasil 7,1 mM dimana kesalahannya, strip baru

  6. hendrik berkata:

    Kok alat ini sy pakai dengan strip baru saya periksa gula darah keluar hasil asam urat 7.1 mM demikian sebaliknya sy ukur asam irat keluar hasil gula darah 120mM, apakah alat ini produk gagal atau bagaimana mohon solusinya

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Apakah strip yang mas Hendrik gunakan sudah sesuai? Strip berwarna biru untuk cek kolesterol, strip berwarna hijau untuk cek gula darah, dan strip berwarna jingga untuk cek asam urat. Jika strip yang digunakan sudah sesuai, apakah chip kode yang digunakan juga sudah sesuai dengan strip dan pengecekan yang akan dilakukan? Coba cocokkan lagi kode yang muncul dilayar dengan kode yang ada pada botol stripnya mas.

      1. Anonim berkata:

        Sudah sesuai termasuk kode kuncinya

      2. Anonim berkata:

        Sudah sesuai termasuk kode kuncinyasemua sdh cocok termasuk chip code, tapi hasilnya tetap sama ukur gula darah 7.1 ukur asam urat 120 kok bisa ya. Saking tdk yakin saya beli strip yg baru hasilnya tetap, bagaimana solunyi

        1. Muhammad Riduan berkata:

          Hmm, sebenarnya saya agak bingung juga karena belum pernah mengalami kendala seperti ini.
          Jika memungkinkan, saya sarankan mas Hendrik untuk mencoba menanyakan ke tempat mas Hendrik membelinya. Semoga cepat ada solusi mas.

  7. Anonim berkata:

    Saya sdh coba tp ngak di gubris, sy beli secara online di toko serba unik

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Hmm, semoga komunikasi baik dengan seller bisa segera terjalin dan kendalanya segera teratasi mas.
      Kalau dari saya, jujur saja, agak kurang paham terkait kendala dan penyebab kendala yang mas Hendrik alami karena sejauh ini tidak pernah menemukan kendala seperti yang mas jelaskan di komentar sebelumnya.

    2. kakek bijak berkata:

      coba cari info di google, kontak EasyTouch di Indonesia. ada kok. saya lupa. saya pernah ke toko tempat saya beli dulu. dia bilang titip ke mrk utk nanti dikirim ke pusat utk repair/ganti.
      seinget saya, garansi mesin nya seumur hidup deh. ini kutipan di salah satu lapak online “Beli Easy Touch GCU Alat – Garansi Pabrik Seumur Hidup – Made In Taiwan dengan harga murah”

      atau mungkin ada nomornya di kertas dalam dus.

      1. Muhammad Riduan berkata:

        Nah betul, cara ini mungkin bisa dicoba.
        Terima kasih sudah berbagi kakek bijak 🙂

  8. Samsul berkata:

    Saya mau bertanya;saya tes gula keluarnya H I apa itu artinya
    Mohon penjelasanya

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Dari informasi yang pernah saya baca, hasil HI bisa menunjukkan bahwa hasil pembacaan gula darah yang dilakukan terlalu tinggi. Saran saya, coba mas Samsul lakukan pengecekan ulang.
      Selain itu, mas Samsul juga perlu memastikan bahwa chip kode dan strip yang digunakan sesuai dengan tes yang sedang dilakukan. Strip berwarna biru untuk cek kolesterol, strip berwarna hijau untuk cek gula darah, dan strip berwarna jingga untuk cek asam urat.
      Jika memang hasilnya masih HI, saran saya selanjutnya adalah melakukan pengecekan kadar gula darah di klinik, laboratorium, atau sarana kesehatan lainnya yang menggunakan sampel pembuluh darah vena untuk mendapatkan hasil dan nilai yang akurat.

  9. Anonim berkata:

    Coba terangkan juga fungsi masing masing tombol !!
    Step awal saat menyalakan nyap

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Tombol M dan S yang ada pada alat saya rasa tidak terlalu penting untuk fungsi dasar pengecekan kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat, sehingga tidak saya sertakan pada saat penulisan artikel.
      Sejauh yang saya ketahui dan pernah saya coba, kombinasi tombol M dan S hanya sebagai pengatur waktu (informasi lebih lengkap tidak bisa saya tambahkan sekarang karena kebetulan buku petunjuk dan alat pengecekan saya tinggal di kampung halaman).
      Untuk info yang lebih lengkap tentang fungsi masing-masing tombol, Anda bisa coba baca di buku petunjuk penggunaan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.