Cara Menggunakan Alat Tes Darah EasyTouch GCU

4 November 2019 , © Protected by COPYSCAPE

Alat tes darah portable EasyTouch yang tersedia di pasaran saat ini memang memberikan kita kemudahan untuk melakukan penilaian atau memonitor nilai asam urat, gula darah, atau kolesterol di dalam tubuh. Namun, perlu saya sampaikan di awal, pengecekan nilai asam urat, gula darah, atau kolesterol menggunakan alat tes darah EasyTouch GCU ini hanyalah sebagai gambaran untuk monitoring setelah perawatan dan bukan sebagai nilai pasti atau diagnosis pasti. Tetap saja, pemeriksaan yang akurat adalah pemeriksaan dengan pengambilan darah vena di laboratorium atau sarana kesehatan.

Artikel ini saya tujukan bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan nilai asam urat, gula darah, atau kolesterol menggunakan alat tes darah portable EasyTouch GCU setelah melakukan pemeriksaan darah vena dan melakukan perawatan dengan mengkonsumsi obat-obat yang telah diberikan pada saat diagnosis awal. Cara pakai alat ini sebenarnya cukup mudah, namun memang ada beberapa hal yang penting untuk diketahui agar proses pemeriksaan dapat berjalan dengan lancar.

Cara Menggunakan Alat Tes Darah EasyTouch GCU

Berikut ini cara pengecekan nilai asam urat, gula darah, dan kolesterol pada alat tes darah EasyTouch. Silakan perhatikan gambar di bawah ini untuk lebih memudahkan Anda memahami langkah-langkah yang akan saya berikan di bawah.

Alat EasyTouch GCU

Alat EasyTouch GCU

  1. Masukkan 2 baterai jenis AAA pada alat pengecekan.
  2. Gunakan chip test yang berwarna kuning untuk melakukan pengecekan kondisi alat dengan memasukkan chip pada slot chip/strip yang ada di bagian tengah atas alat. Jika muncul “OK” pada layar maka alat siap dipakai dan dapat berfungsi dengan baik, namun jika muncul “ERROR” pada layar makan alat pengecekan rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

    Bagian Depan EasyTouch Meter

    Slot Strip

  3. Setiap botol strip asam urat, gula darah, atau kolesterol terdapat chip kode dengan kode tertentu yang hanya bisa berfungsi untuk strip pada botol tersebut. Gunakan chip asam urat untuk tes asam urat, chip gula darah untuk tes gula darah, dan chip kolestrol untuk tes kolestrol dengan memasukkan chip kode pada slot chip kode yang ada di bagian kanan atas alat.

    Bagian Belakang EasyTouch Meter

    Slot Chip Kode

  4. Kode/angka sesuai botol strip akan muncul setelah Anda memasukkan chip pada slot yang sesuai.
  5. Masukkan strip asam urat, gula darah, atau kolesterol pada slot strip yang ada di bagian tengah atas alat.
  6. Layar akan memunculkan gambar tetes darah yang berkedap-kedip.
  7. Masukkan jarum yang telah dibuka dari blood lancet ke pen blood lancet dan atur tingkat kedalaman jarum (Tingkat kedalaman 1-2 untuk kulit yang tipis, tingkat kedalaman 3 untuk kulit yang standar [sering saya gunakan], dan tingkat kedalaman 4-5 untuk kulit yang tebal).
  8. Gunakan tisu atau kapas alkohol untuk membersihkan ujung jari Anda dan tunggu hingga kering.
  9. Tembakkan jarum pada ujung jari & tekan supaya darah keluar.
  10. Sentuhkan darah yang keluar ke tepi samping strip (bukan diteteskan di atas tengah strip; perhatikan tanda panah yang ada di strip) sambil menekan jari agar darah keluar dan meresap ke dalam strip hingga berbunyi beep.
  11. Tunggu sebentar hingga hasil pengecekan akan keluar beberapa detik pada layar. Lama waktu tunggu tergantung dari tes yang Anda lakukan. Waktu tunggu tes gula darah 10 detik, waktu tunggu tes asam urat 20 detik, dan waktu tunggu tes kolesterol 150 detik). Cara membaca hasil dari pengecekan dapat Anda lihat pada bagian bawah artikel ini.

    Hasil Pengecekan Asam Urat

    Hasil Pengecekan Asam Urat

  12. Cabut jarum dari pen blood lancet dan strip yang telah digunakan dari alat kemudian buang ke tempat yang sesuai.
  13. Cabut chip dan simpan ke dalam botol, kemudian tutup rapat.

Perlu diperhatikan, bahwa gunakan strip yang tidak kedaluwarsa untuk hasil yang lebih akurat.

Membaca Hasil Tes Darah untuk Asam Urat, Gula Darah, dan Kolesterol

Berikut nilai asam urat, gula darah, dan kolesterol total normal berdasarkan Interpretasi Data Klinik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Nilai asam urat normal

Pria (≥ 15 tahun): 3,6-8,5mg/dL
Wanita (> 18 tahun): 2,3-6,6 mg/dL

Nilai gula darah puasa normal

  • Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL
  • Dua jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL
  • Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL
  • Menjelang tidur: 100-140 mg/dL

Nilai kolesterol normal

Nilai kolesterol total normal adalah kurang dari 200mg/dL.

Nah, itulah cara menggunakan alat tes darah EasyTouch GCU untuk pengecekan nilai asam urat, gula darah, dan kolesterol beserta cara membaca hasil (interpretasi hasil) yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.