Cara Membuat Roti Canai Matcha Latte

28 Desember 2017 © Protected by COPYSCAPE

Seperti yang kita ketahui matcha dapat dicampurkan dengan berbagai jenis bahan lainnya salah satunya adalah susu sehingga menjadi matcha latte. Matcha latte sendiri juga bisa diolah menjadi berbagai macam varian makanan maupun minuman, salah satunya adalah roti canai matcha latte. Roti canai sendiri merupakan sejenis roti pipih (flatbread) dengan pengaruh India, yang banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Roti ini bisa ditemukan di gerai mamak di Malaysia atau di rumah makan Aceh di Indonesia. Di Singapura, roti seperti ini dinamai roti prata. Bentuk dan bahannya mirip dengan kerala porotta. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut ini resep dan cara membuat roti canai matcha latte.

Cara Membuat Roti Canai Matcha Latte

Cara Membuat Roti Canai Matcha Latte

Bahan pembuatan Roti Canai Matcha Latte

Sebelum memulai, persiapkan lebih dulu bahan-bahan berikut:

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 60 ml margarine yang telah dilelehkan
  • 150 ml air hangat
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 butir telur
  • 2 sdt susu bubuk full cream
  • 3 sdt bubuk matcha latte
  • Minyak goreng

Langkah pembuatan Roti Canai Matcha Latte

Setelah itu, mari kita mulai ke langkah-langkah pembuatannya:

  1. Masukkan telur, air hangat, margarine yang sudah dilelehkan, garam, gula, kemudian aduk/kocok dengan wishper atau mixer.
  2. Masukkan bubuk matcha latte kemudian tambahkan 250 gram tepung.
  3. Setelah itu aduk adonan hingga kalis
  4. Setelah kalis buat bulatan-bulatan yang sama besarnya, kemudian rendam bulatan tersebut secara terpisah dengan minyak goreng, rendam hingga menutupi adonan bulatan. Kemudian diamkan dan tutup adonan tersebut dengan kain bersih, tunggu hingga 1 jam.
  5. Setelah 1 jam pipihkan adonan bulatan tersebut satu per satu dan gulung serta olesi margarine, tarik ujung kanan dan ujung kiri ke dalam. Seperti angka 8 dan lipat menjadi satu, kemudian pipihkan.
  6. Goreng adonan yang telah dipipihkan dan dilumuri margarine dengan teflon, tidak perlu menambahkan minyak ke teflon karena adonan sudah mengandung minyak.
  7. Sajikan roti canai dengan bubuk gula, bubuk kacang, dan keju serta jangan lupa sandingkan dengan Kiyora matcha latte untuk menambah kelezatan roti canai.

Nah, itulah resep dan cara membuat roti canai matcha latte yang bisa Anda coba di rumah sekedar untuk mengisi waktu. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.