8 Pilihan Takjil Buka Puasa yang Renyah dan Gurih

26 September 2018 © Protected by COPYSCAPE

Puasa tidak hanya dilakukan pada bulan Ramadhan. Anda bisa melakukan puasa sunah Senin dan Kamis serta puasa sunah lainnya yang dapat dilakukan sesuai dengan waktunya. Saat berpuasa menyiapkan takjil buka puasa yang renyah dan gurih menjadi salah satu hidangan yang tidak boleh ketinggalan.

8 Pilihan Takjil Buka Puasa yang Renyah dan Gurih

8 Pilihan Takjil Buka Puasa yang Renyah dan Gurih

8 Pilihan Takjil Buka Puasa yang Renyah dan Gurih

1. Pastel dan Risol

Pastel dan risol merupakan gorengan yang menjadi favorit semua kalangan karena rasanya yang renyah. Pastel dan risol tersedia dengan banyak varian isi, ada ayam, sayur-sayuran, daging, kentang, dan telur. Rasa dari dua makanan ini selalu membuat ketagihan sehingga tidak akan cukup hanya makan satu orang satu sehingga perlu menyediakan dengan jumlah yang banyak.

2. Es Buah

Saat berbuka puasa minum-minuman yang dingin dan segar selalu menjadi pilihan takjil yang disediakan. Es buah menjadi menu yang kerap disukai karena selain segar juga menyehatkan. Anda bisa mengombinasikan es buah dengan es krim vanilla yang lezat. Es buah ini dapat dibuat sendiri karena pembuatannya sangat mudah atau bisa juga membeli yang siap saji.

3. Goreng-Gorengan

Gorengan adalah camilan yang mudah didapatkan dengan berbagai varian. Ada tahu isi, pisang goreng, dan bakwan serta jenis lainnya yang dapat menjadi pilihan. Anda bisa memakannya dengan menggunakan saus atau pun kecap. Bisa juga memakannya dengan makanan berkuah seperti miso atau bakso ketika berbuka puasa. Gorengan ini harganya juga sangat terjangkau.

4. Tempe Mendoan

Di Jawa Tempe mendoan merupakan menu takjil buka puasa yang menjadi favorit. Tempe mendoan adalah tempe yang diolah dengan tipis dan diberikan tepung terigu atau pun tepung beras lengkap dengan daun bawang. Tempe mendoan ini hanya digoreng setengah matang saja atau bisa disesuaikan dengan selera Anda.

5. Es Cendol

Di Indonesia es cendol merupakan menu khas yang sering disediakan sebagai hidangan buka puasa. Cendol dihidangkan dengan berbagai variasi sesuai dengan daerah masing-masing. Di Sumatera Cendol disajikan dengan menambahkan tapai juga kacang merah ke dalamnya. Rasanya yang lezat akan membuka selera Anda saat berbuka puasa.

6. Kolak Pisang

Buah-buahan memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan tubuh, terlebih ketika berpuasa. Anda dapat menghidangkan kolak pisang sebagai pilihan untuk berbuka. Kolak ini terbuat dari pisang yang sudah masak dan dipotong-potong dan dimasak dengan santan kental yang lezat serta ditambahkan gula merah sebagai pemanis kolak.

7. Tahu Berontak

Tahu berontak merupakan takjil yang sering menjadi incaran. Varian isi dari tahu berontak ada bakso, sosis, telur, dan sayuran. Takjil ini bisa dimakan sekali lahap karena bentuknya yang berukuran kecil. Anda bisa memasak tahu berontak tanpa memerlukan waktu yang lama untuk berbuka puasa. Rasanya yang gurih akan membuat ketagihan dan tidak akan bosan.

8. Martabak

Martabak dapat menjadi pilihan takjil untuk berbuka puasa. Anda dapat memilih jenis martabak yang diinginkan. Martabak tersedia dengan pilihan toping yang beragam. Anda bisa memilih rasa durian, keju, cokelat, kacang, atau toping lainnya yang tersedia. Cocok sekali menjadi pilihan takjil yang akan mengenyangkan terutama bagi Anda yang tidak ingin langsung makan nasi.

Ketika bulan Ramadhan ada banyak sekali pasar yang menyediakan takjil buka puasa. Ketika bulan lain, Anda perlu menyiapkan takjil sendiri karena beberapa pilihan takjil yang diinginkan tidak ada yang menjualnya. Resep untuk membuat takjil bisa dilihat di website mana saja yang inginkan atau menanyakannya pada orang yang sudah biasa membuatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.