3 Tips Menentukan dan Membeli Panel Surya Secara Mudah

17 Januari 2019 © Protected by COPYSCAPE

Seiring dengan trend penggunaan panel surya terbaik, banyak calon pengguna yang tertarik dan ingin membeli produk panel surya. Tetapi, banyak diantaranya belum mempunyai pengalaman menentukan dan membeli panel surya. Berikut ini adalah tips menentukan dan membeli panel surya secara mudah dan mandiri.

Jika Anda cek di internet mengenai panel surya, banyak jenis dan merek panel surya yang ditawarkan. Ketika Anda mengecek beberapa toko online dengan kata kunci panel surya, maka Anda akan menemukan banyak bentuk, tipe, kapasitas, dan features panel surya yang ditawarkan penjual. Menentukan panel surya terbaik akan cukup merepotkan bagi pemula yang ingin mulai menggunakan sistem pembangkit tenaga surya.

3 Tips Menentukan dan Membeli Panel Surya Secara Mudah

3 Tips Menentukan dan Membeli Panel Surya Secara Mudah

3 Tips Menentukan dan Membeli Panel Surya Secara Mudah

1. Sel Surya Rusak

Perhatikan sel surya yang tertata dan dilaminating di dalam panel surya. Pastikan sel surya yang akan Anda pilih benar-benar, tidak rusak, terpotong atau cacat. Sel surya yang rusak bisa menyebabkan panel surya Anda tidak bekerja optimal dan malah bisa membahayakan nyawa Anda. Sel surya yang rusak pada panel surya tersebut, juga memberitahukan standar kualitas produksi pabrikan yang rendah kualitasnya.

2. Goresan di Kaca

Masalah umum lainnya yang sering timbul adalah goresan pada lapisan kaca panel surya. Rata-rata rusak, goresan kecil dan juga besar pada lapisan kaca, banyak ditemukan pada lebih dari 70% inspeksi pada kualitas yang dilakukan oleh pihak ketiga di beberapa produk panel surya pada umumnya, seperti yang dilakukan oleh Kisun Solar Consultancy Services.

3. Label Memudar dan Kabur

Setiap modul surya butuh mempunyai label barcode (kode batang) dan nomor seri yang dienkapsulasi atau ditempel di dalam panel surya. Idealnya label kode ini ditaruh di dalam lapisan kaca laminating panel surya tersebut. Hal ini penting untuk melakukan pengecekan produk dan saat akan melakukan klaim garansi, dimana pelanggan, biasanya, akan diminta menyerahkan nomor kode batang tersebut ke produsen. Perusahaan pembangkit listrik pasti mengutamakan hal tersebut buat menjaga kenyaman para pembelinya.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai tips menentukan panel surya terbaik dari perusahaan pembangkit listrik yang harus Anda ketahui. Semoga artikel yang singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.